10 Cara Mengatasi Maag Secara Alami, Aman dan Nggak Kambuh Lagi

Selasa, 01 Desember 2020 14:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengatasi Maag Secara Alami, Aman dan Nggak Kambuh Lagi
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Maag merupakan penyakit yang umum menjangkiti masyarakat Indonesia. Maag juga sering datang secara tiba-tiba disertai dengan gejala yang sangat mengganggu. Banyak faktor yang menyebabkan maag kambuh diantaranya, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, merokok, konsumsi minuman beralkohol dan kopi, serta masalah psikologis, seperti stres berat, depresi, dan gangguan cemas.

Penderita maag juga akan merasakan nyeri pada sekitar ulu hati. Kondisi ini disebabkan beberapa hal termasuk peradangan pada tukak lambung atau dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (gerd). Gejala lainnya yaitu seperti muntah, perut kembung, merasa cepat kenyang, hingga hilangnya nafsu makan.

Setelah mengetahui gejala maag yang umum terjadi, ada sejumlah cara mengatasi maag secara alami sebagai pertolongan pertama sakit maag dan menurunkan produksi asam lambung yang terdapat di dalam sistem pencernaan. Bahkan, ketika kalian sudah minum berbagai obat tapi maag masih sering kambuh, jangan khawatir ya. Ada sederet cara mengatasi maag secara alami yang bisa kalian terapkan sebagai berikut ini.

 

1. Batasi Makanan yang Mengandung Gas Tinggi

Cara mengatasi maag yang perlu kalian ketahui yaitu dengan membatasi makanan yang mengandung gas tinggi. Sebab, saat maag kambuh, tubuh dipenuhi oleh gas asam yang membuat penderitanya merasakan kesakitan. Oleh sebab itu, membatasi mengonsumsi makanan dengan gas tinggi bisa menjadi langkah yang efektif. Sebaiknya kalian membatasi makanan yang mengandung gas tinggi seperti durian, kol, singkong, hingga buah-buahan kering.

 

2. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Kebiasaan berbaring setelah makan bisa menjadi salah satu pemicu kambuhnya maag. Sebab, jika kalian mempunyai kebiasaan berbaring setelah makan, maka kinerja usus akan terganggu dan gejala maag akan muncul. Sebaiknya, kalian memberikan jeda supaya tidak langsung berbaring. Kalian bisa mengatasinya dengan cara lain dengan seperti melakukan sesuatu atau berjalan. Dengan begitu, kinerja usus dan lambung juga semakin lancar.

 

3. Kunyah Permen Karet

Penyebab maag kambuh disebabkan oleh peningkatan kadar asam lambung. Untuk menetralkan kembali asam lambung, kalian dapat mengatasinya dengan mengunyah permen karet. Sebab, mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang dapat membantu menetralkan kadar asam lambung agar perut menjadi lebih baik.

 

4. Hindari Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas bisa menjadi pemicu salah satu pemicu maag kalian kambuh. Bahkan, rasa sakit dari gejala maag juga dapat memperburuk sakit yang dirasakan. Oleh sebab itu, bagi para penderita maag sebaiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan pedas karena dapat merusak lapisan perut dan lambung.

 

5. Pisang

Buah pisang bisa menjadi salah satu alternatif untuk meredakan maag kambuh. Kandungan kalium dalam buah pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH di dalam lambung. Kadar pH tersebutlah yang membantu memperbaiki sakit maag. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stress.

 

6. Alpukat

Selain pisang, alpukat ternyata menjadi salah satu cara mengatasi maag yang perlu kalian coba. Pasalnya, kandungan vitamin E, dan D mampu memproses regenerasi luka pada dinding lambung yang menyebabkan maag kambuh. Oleh sebab itu, kalian bisa mengonsumsi langsung buah alpukat, atau mengubahnya menjadi jus alpukat yang sangat nikmat.

 

7. Jahe

Jahe memang sebagai bahan alami yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk sebagai cara mengatasi maag. Jika maag kambuh, kalian bisa meredakannya dengan meminum air jahe. Hal ini lantaran jahe dapat meredakan mual dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga menangkal asam lambung.

Cara mengatasi maag dengan jahe yang perlu kalian lakukan yaitu dengan membuat seduhan jahe dari irisan jahe yang dimasukkan ke dalam air panas selama 10-20 menit. Cara ini juga dapat membantu meredakan sakit di area perut.

 

8. Teh Chamomile

Teh chamomile memang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Cara alami ini dipercaya bisa membantu menenangkan pencernaan dan membantu mengurangi asam lambung berlebihan sehingga meringankan gejala maag. Tapi mengonsumsi teh chamomile perlu dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, chamomile mengandung bahan antikoagulan yang bisa menimbulkan risiko pendarahan saat dikonsumsi bersama obat pengencer darah.

 

9. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang dapat meredakan gejala penyakit maag. Tak hanya dapat membantu menetralkan kandungan asam lambung, mengonsumsi oatmeal secara rutin juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Hal ini lantaran oatmeal mengandung tinggi serat yang berfungsi untuk menyerap asam di dalam usus. Caranya pun cukup mudah, konsumsi oatmeal saat kalian mengalami gejala maag dan secara rutin dengan menyantapnya sebagai menu sarapan pagi yang sehat.

 

10. Konsumsi Air Putih

Cara mengatasi maag paling mudah yang perlu kalian ketahui yaitu dengan rutin mengonsumsi air putih. Selain terhindar dari dehidrasi, air putih secara cepat dapat menurunkan kadar asam lambung berlebih pemicu penyakit maag. Dengan mengonsumsi air putih, maka asam yang diproduksi tersebut dapat menghilang dari esofagus sehingga maag pun dapat segera teratasi.

Itulah sederet cara mengatasi maag yang harus segera diatasi untuk melakukan pertolongan pertama. Untuk itulah segera membiasakan diri selalu menjalani pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI