8 Manfaat Gandum yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Sumber Karbohidrat

Selasa, 01 Desember 2020 14:33 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Gandum yang Jarang Diketahui, Tak Hanya Sumber Karbohidrat
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Gandum adalah tanaman yang masuk ke dalam kelompok padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung gandum seperti oat, roti gandum, tepung gandum, sereal, pasta gandum dan lain sebagainya. Bahkan manfaat gandum juga sangat baik bagi kesehatan tubuh, sehingga ia sering digunakan sebagai salah satu bahan pangan untuk pola hidup sehat.

Gandum dan oat berbeda, walaupun mereka merupakan salah merupakan keluarga serealia. Oat dan gandum sama-sama memiliki kulit ari dan bakal biji. Namun yang berbeda dari keduanya adalah, bila oat dapat langsung di konsumsi. Tapi kalau gandum harus diolah dulu menjadi makanan, seperti roti, biskuit, dan lainnya.

Namun kira-kira apa saja ya manfaat gandum bagi kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat gandum bagi kesehatan yang wajib banget kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kandungan Gizi Gandum

Sebelum mengetahui manfaat dari gandum, kalian juga harus mengetahui kandungan apa saja dari gandum tersebut. Gandum memiliki banyak sekali kandungan baik yang sangat sehat untuk tubuh kalian. Dan inilah beberapa kandungan gizi dari 100 gram gandum:

378 kalori
0,3 gram lemak jenuh
0,4 gram lemak tak jenuh ganda
0,2 gram lemak tak jenuh tunggal
795 mg natrium
105 mg kalium
87 gram karbohidrat
1,4 gram serat pangan
10 gram gula
6 gram protein
Vitamin A
Vitamin C
10 mg kalsium
34,1 mg zat besi
Vitamin D
Vitamin B6
Vitamin B12
19 mg magnesium

Dengan begitu banyak kandungan luar biasa yang terdapat dalam gandum. Tidak heran bila panganan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Bahkan saat dikonsumsi secara rutin dan baik.

 

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat gandum yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan. Bukan hal yang asing lagi bila gandum menjadi salah satu makanan yang sering digunakan sebagai menu diet. Itu karena gandum kaya akan karbohidrat yang akan membuat kalian lebih cepat kenyang. Sehingga gandum sangat populer bagi mereka yang sedang dalam program diet atau bagi mereka yang ingin menjaga berat badan.

Namun perlu diingat bahwa, konsumsi gandum yang berlebihan dapat memicu kenaikan gula darah loh KLovers, karena makanan yang mengandung biji-bijian olahan dapat memicu kenaikan gula darah. Kenaikan gula darah akan diikuti dengan penurunan yang juga drastis, yang akibatnya kita akan lebih mudah merasa lapar dan akan makan lebih banyak lagi.

 

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Tak hanya itu saja, manfaat gandum yang lainnya yaitu, dapat menjaga sistem pencernaan. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita memang wajib menjaga sistem pencernaan dengan sangat baik pula. Karena, bila sistem pencernaan tak lancar akan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Bahkan bisa menimbulkan sakit kanker perut loh.

Namun tenang KLovers, kalian bisa kok mengatasi masalah pencernaan dengan menggunakan manfaat gandum. Itu karena, gandum tinggi akan serat yang baik bagi pencernaan. Seperti biji-bijian lainnya, gandum baik di konsumsi terutama bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan.

Namun perlu diingat kembali untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Gandum juga mengandung asam fitat yang dapat mengikat dan mencegah mineral seperti kalsium dan zat besi. Jika mengonsumsi gandum secara berlebihan, bukan tidak mungkin tubuh akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan.

 

4. Memberi Tenaga Bagi Tubuh

Gandum memang sering sekali dibuat sebagai bahan utama makanan, seperti oat ataupun roti, hingga biskuit. Dan biasanya makanan-makanan ini dikonsumsi saat sarapan pagi. Itu karena makanan yang mengandung gandum dapat memberikan energi lebih hingga rasa kenyang lebih lama.

Dan hal ini lagi-lagi karena gandum tinggi akan karbohidrat komplek yang lama di serap oleh tubuh, sebelum akhirnya diolah menjadi gula dalam darah dan energi. Dalam sebuah gandum juga terkandung vitamin B yang juga bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh.

Namun bagi kalian penderita penyakit celiac, gandum dan biji-bijian lainnya dapat membahayakan kesehatan loh KLovers. Karena kandungan gluten di dalam gandum saat dikonsumsi oleh penderita celiac dapat merusak usus kecil dan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, sakit kepala, dan anemia.

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung memang menjadi salah satu organ di dalam tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Selain melakukan olahraga, kalian juga bisa menjaga dan melindungi kesehatan jantung dengan menggunakan manfaat gandum. Itu karena, gandum kaya akan lignan yang mengandung enterolakton dan dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Di dalam gandum juga terdapat kandungan flavonoid dan antioksidan tinggi yang dapat berperan dalam memelihara kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko terkena penyakit. Sehingga dengan mengonsumsi gandum secara rutin dan dengan takaran yang tepat, maka kalian akan mengurangi risiko penyakit jantung di dalam tubuh.

 

6. Mencerahkan Kulit

Selain baik bagi tubuh, nyatanya manfaat gandum juga sangat baik bagi kulit loh KLovers. Kulit yang cerah memang menjadi idaman bagi setiap orang, sehingga tidak heran bila banyak yang ingin memiliki kulit glowing bercahaya. Selain perawatan ke klinik kecantikan, kalian juga bisa kok mendapatkan kulit bercahaya secara alami dengan manfaat gandum.

Itu karena gandum tinggi akan vitamin dan mineral yang mampu mengeluarkan kotoran yang mengendap di kulit, hingga menyebabkan kulit terlihat kusam. Kandungan vitamin dalam gandum juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati, dan meregenerasi kulit. Kalian dapat menggunakan gandum sebagai masker atau lulur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

 

7. Melembabkan Kulit

Selain mencerahkan kulit, gandum juga memiliki manfaat melembabkan kulit loh KLovers. Hal itu karena, gandum mengandung beta glucan yang dapat menjaga kulit selalu terhidrasi dengan membentuk lapisan tipis pada permukaan yang menahan air di kulit.

Selain menggunakan masker atau lulur berbahan dasar gandum, kalian juga dapat mengonsumsi oatmeal atau roti gandum sebagai alternatif lain untuk mendapatkan manfaat gandum dari dalam, secara maksimal.

 

8. Mengurangi Gejala Cacar Air

Manfaat gandum yang selanjutnya yaitu, dapat mengurangi gejala cacar air. Bukan hanya bagus untuk mencerahkan dan melembabkan kulit saja, gandum juga mampu mengurangi gejala pada saat kalian terkena cacar air. Memang cacar menjadi salah satu penyakit kulit yang akan membuat bekas pada kulit tubuh hingga wajah kalian.

Dan cacar sendiri adalah infeksi akibat virus yang gejalanya biasanya timbul ruam dan gatal pada kulit. Dan manfaat gandum di sini mampu mengurangi rasa gatal pada penderita cacar, selain itu kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulphate) pada gandum dapat melindungi kulit dari iritasi akibat cacar air. Bahkan kandungan vitamin serta mineralnya juga mampu menghilangkan bekas pada cacar.

 

9. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Dan manfaat gandum yang terakhir yaitu, dapat melindungi kulit dari sinar UV. Kulit memang harus selalu dilindungi dari sinar UV. Karena sinar ini sangat berbahaya bagi kulit kalian, bahkan dapat menyebabkan kanker. Dan kalian bisa kok mengatasi masalah ini dengan menggunakan manfaat gandum.

Hal itu karena gandum memiliki kandungan flavonoid yang bukan hanya dapat memelihara kesehatan pembuluh darah saja, namun juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Terpapar sinar UV secara langsung dan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kanker kulit, oleh karena itu flavonoid memiliki manfaat bisa mengurangi risiko terkena kanker.

Itulah 8 manfaat gandum yang baik untuk tubuh, namun jarang diketahui. Bukan hanya dapat menjadi makanan sehat yang mengenyangkan saja, nyatanya manfaat gandum juga sangat banyak dalam menutrisi hingga mengobati tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI