9 Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian dan Pola Pikir yang Cocok untuk Pemula

Senin, 24 Oktober 2022 19:22
9 Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian dan Pola Pikir yang Cocok untuk Pemula
Rekomendasi Buku Psikologi (Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Bagi orang yang tertarik dengan kepribadian dan pola pikir manusia, rekomendasi buku psikologi tentu menjadi hal yang dibutuhkan. Selain sebagai pengetahuan, isi buku psikologi juga bisa diterapkan dalam kehidupan.

Ada cukup banyak rekomendasi buku psikologi yang bisa kalian baca. Beberapa di antaranya pun cukup populer dan banyak direkomendasikan.

Jika kalian ingin mencari media untuk memahami diri sendiri sekaligus kehidupan sosial manusia, silakan baca beberapa rekomendasi buku psikologi kepribadian dan pola pikir berikut ini.

 

1. The 5 AM Club - Robin Sharma

The 5 AM Club merupakan rekomendasi buku psikologi yang akan membantu kalian lebih produktif. Buku karya Robin Sharma ini akan mengarahkan kalian untuk mengubah sikap mulai dari hal yang sederhana.

Sesuai dengan judulnya, buku ini mengajak pembaca untuk memulai perubahan sejak pagi. Oleh karena itu, pengaruh yang positif, seperti lebih produktif dan sehat bisa kalian dapat dari buku ini.

 

2. Influence: Science and Practice - Robert Cialdini

Jika ingin melatih diri agar menjadi negosiator yang andal, Influence: Science and Practice ini bisa menjadi rekomendasi buku psikologi yang cocok untuk kalian. Dengan membaca buku karya Robert Cialdini, kalian akan memahami tentang psikologi persuasi dan cara manusia saling berinteraksi.

Riset yang dijelaskan dalam buku ini menggambarkan teknik persuasi yang baik sehingga bisa membawa keuntungan bagi individu yang menggunakannya. Selain itu, ada pula cara untuk membela diri dari teknik persuasi yang dimaksudkan. Misalnya, menghindari modus-modus penipuan modern yang bisa mencelakai kalian.

 

3. The Things You Can See Only When You Slow Down - Haemin Sunim

Selanjutnya, ada rekomendasi buku psikologi tentang pola pikir yang berjudul The Things You Can See Only When You Slow Down karya dari Haemin Sunim. Buku ini bisa kalian baca untuk belajar menikmati hidup secara perlahan. Kalian juga bisa belajar untuk melewati segala masalah dengan pikiran yang tenang dan sehat.

Buku ini layak kalian baca jika ingin mencari jembatan untuk lebih mengenal makna kehidupan, mengenal diri sendiri, dan juga orang lain. Buku ini juga cocok untuk pemula karena isinya dijelaskan dengan kata-kata yang mudah untuk dipahami.

 

4. The Emotional Brain - Joseph E LeDoux

Rekomendasi buku psikologi pola pikir selanjutnya adalah The Emotional Brain karya Joseph E LeDoux. Lebih spesifik, buku ini menggambarkan konsep di balik emosi manusia serta proses psikis yang membentuknya.

Buku ini juga menjelaskan cara kerja biologi dan perilaku manusia untuk mencari petunjuk yang akan mengungkapkan tentang sumber dari semua emosi yang dirasakan. Buku ini bisa disebut sebagai pionir dari buku yang membahas mengenai psikologi emosi manusia.

 

5. The Power of Habit - Charles Duhigg

Selanjutnya, ada rekomendasi buku psikologi yang berjudul The Power of Habit. Buku karya Charles Duhigg ini akan membantu kalian dalam merenungi dan memaknai kesederhanaan. Kesederhanaan merupakan sebuah langkah menuju kesuksesan dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Selain itu, kalian juga akan menemukan penjelasan mengenai pola hidup secara terperinci dalam buku ini. Pola hidup yang baik akan membawa kehidupan dan masa depan yang lebih sukses dan bahagia. Saat membaca, kalian juga akan mendapatkan sugesti sederhana yang bisa dilakukan untuk menciptakan kebiasaan baik.

 

6. Thinking Fast & Slow - Daniel Kahneman

Jika kalian masih mencari rekomendasi buku psikologi tentang pola pikir, silakan baca Thinking Fast & Slow. Buku karya Daniel Kahneman ini menjelaskan tentang proses manusia berpikir. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui jenis pola pikir untuk mengubahnya ke kebiasaan baru. Hal itu bisa berdampak pada kehidupan menjadi lebih sehat dan bahagia.

 

7. The Social Animal - Elliot Aronson

Rekomendasi buku psikologi yang perlu kalian baca selanjutnya adalah The Social Animal. Buku yang ditulis oleh Elliot Aronson ini cocok bagi kalian, terutama yang senang berada di lingkungan sosial. Bagi kalian yang ingin mempelajari kehidupan sosial, ada beberapa hal yang bisa kalian dapatkan.

Antara lain, kalian dapat mempelajari tentang ilmu psikologi dasar tentang psikis manusia dalam kehidupan sosial. Oleh karena itu, wajar jika buku ini sangat populer. Kalian pun wajib membacanya.

 

8. The Art of Choosing - Sheena Iyengar

The Art of Choosing juga menjadi rekomendasi buku psikologi yang perlu kalian baca. Terlebih, jika kalian sedang bingung dalam menentukan keputusan. Buku karya Sheena Iyengar ini akan memudahkan kalian dalam menentukan pilihan. Selain itu, kalian juga akan terbantu dalam memahami pengaruh eksternal.

Dalam buku ini, kalian akan memahami jika pilihan bisa membahayakan kehidupan manusia. Kebingungan dalam menentukan keputusan bisa membuat manusia menunda suatu hal hingga melewatkan pilihan terbaik dalam hidupnya.

 

9. Psikologi Kepribadian - Lynn Wilcox

Jika kalian mencari rekomendasi buku psikologi yang menarik, silakan baca Psikologi Kepribadian dari Lynn Wilcox. Buku ini cocok, terutama bagi kalian yang merasa bingung dengan pikiran dan perilaku diri sendiri. Saat membacanya, kalian akan diajak untuk memahami integritas pribadi ke arah positif dengan metode psikoterapi Barat dan Islam (metode sufi).

Keunggulan buku ini terletak pada proses konseling yang diajukan bersifat konseptual, komparatif, dan praktis. Psikoterapi Barat dan Islam yang ada di buku ini bisa kalian pilih. Kalian juga bisa memilih dan menjalankannya berdasarkan prosedur masing-masing.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku psikologi kepribadian dan pola pikir yang cocok bagi pemula.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI