11 Keistimewaan Sholat Subuh Bagi Umat Muslim, Salah Satunya Disaksikan Para Malaikat

Rabu, 05 Mei 2021 13:22 Penulis: Nurul Wahida
11 Keistimewaan Sholat Subuh Bagi Umat Muslim, Salah Satunya Disaksikan Para Malaikat
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Meski terkadang begitu berat dan sulit menjalankan sholat Subuh, tapi ternyata ada keistimewaan yang bisa diperoleh umat muslim. Misalnya saja godaan rasa kantuk ketika akan melaksanakan sholat Subuh. Padahal kenyataannya ada beragam keistimewaan sholat Subuh bagi umat muslim yang begitu luar biasa dan menakjubkan.

Sholat Subuh adalah salah satu sholat fardhu yang wajib ditunaikan umat muslim. Sholat ini terdiri dari dua rakaat yang mana termasuk jumlah rakaat sholat paling sedikit jika dibandingkan dengan sholat fardhu lainnya. Meski hanya berjumlah dua rakaat, seringkali untuk menjalankan sholat Subuh tampak begitu berat dan sulit.

Sebab waktu pelaksanaan sholat Subuh ada pada saat fajar seringkali muncul godaan rasa kantuk dan malas. Inilah yang menyebabkan ada panggilan tambahan ketika adzan sholat Subuh yakni,

"Ash-shalaatu khairum minan-nauum."

Artinya: "Sholat itu lebih baik dari pada tidur."

Sejumlah keistimewaan sholat Subuh bagi umat muslim dapat diperoleh bagi mereka yang menjalankannya. Adapun keistimewaan sholat Subuh dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Disaksikan Para Malaikat

Keistimewaan sholat Subuh yang pertama adalah ibadah ini disaksikan para malaikat. Terlebih jika menjalankan sholat Subuh secara berjamaah maka akan lebih baik bagi umat muslim. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis Nabi SAW yang berbunyi,

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di sholat Subuh dan sholat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?' Para malaikat menjawab, 'Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan juga kami mendatangi mereka dalam keadaan sholat." (HR. Bukhari-Muslim)

 

2. Dijauhkan dari Api Neraka

Keistimewaan sholat Subuh selanjutnya adalah dapat dijauhkan dari siksa api neraka. Terutama bagi umat muslim yang menjalankannya dengan bersungguh-sungguh serta ikhlas maka dapat memperoleh karunia Allah dijauhkan dari api neraka. Adapun hadis yang menjelaskan tentang keistimewaan sholat Subuh ini sebagai  berikut,

Dari Umarah Radhiallahu 'anhu berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, 'Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar)." (HR. Muslim)

 

3. Dibebaskan dari Sifat Orang Munafik

Salah satu yang juga begitu luar biasa dari keistimewaan sholat Subuh adalah dapat dibebaskan dari sifat orang munafik. Seperti diketahui orang munafik adalah mereka yang memiliki sifat tampak baik di depan padahal hatinya begitu buruk.

Dalam sejumlah ayat Al-Quran dan hadis bahkan telah dijelaskan tentang orang munafik yang termasuk sifat paling dibenci Allah SWT. Namun ternyata keistimewaan sholat Subuh dapat membuat umat muslim terhindar dari sifat orang munafik. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi,

"Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilakukan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan juga sholat Isya. Seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas adzan untuk iqamat (Sholat) kemudian aku mengambil bara api dan kemudian membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid)." (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

 

4. Senilai Pahala Sholat Malam Sepanjang Waktu

Keistimewaan sholat Subuh lainnya adalah senilai pahala sholat malam sepanjang waktu. Artinya bagi umat muslim yang menjalankan sholat Subuh maka dapat memperoleh pahala yang senilai sholat malam. Terlebih jika sholat Subuh dilaksanakan secara berjamaah maka akan lebih baik nilai pahalanya.

"Barangsiapa yang shalat isya' berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya." (HR. Muslim no. 656)

 

5. Memperoleh Cahaya di Hari Akhir

Seperti diketahui kehidupan bukan hanya berakhir di dunia, melainkan juga ada kehidupan akhirat yang menanti manusia. Untuk itulah mempersiapkan beragam amalan baik sebagai bekal di hari akhir perlu umat muslim lakukan untuk mempermudah kehidupan di akhirat kelak.

Melansir dari brilio.net, keistimewaan sholat subuh salah satunya adalah mendapatkan cahaya di hari akhir yang kelak akan menjadi petunjuk. Sehingga mengamalkan sholat subuh secara istiqomah dapat umat muslim lakukan agar memperoleh penerangan dan petunjuk di hari kiamat.

 

6. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Ada satu amalan sunnah yang dapat dilaksanakan sebelum sholat Subuh yakni sholat qobliyah Subuh. Dalam hal ini ketika kalian terbangun di waktu Subuh maka memiliki kesempatan untuk menunaikan sholat sunnah ini yang mana juga mempunyai keistimewaan begitu menakjubkan yakni lebih baik dari dunia dan seisinya.

Adapun penjelasan keistimewaan ini terdapat dalam sebuah hadis yang artinya:

"Dua rakaat (shalat sunnah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya." (HR. Muslim dari Ummul mukmininaisyah Radhiallahu 'anha)

 

7. Kesempatan Memperoleh Pahala Haji dan Umrah

Dalam sebuah hadis dijelaskan keistimewaan sholat Subuh yang juga menakjubkan apabila dilaksanakan secara berjamaah lalu dilanjutkan dengan dzikir kepada Allah SWT sampai matahari terbit. Keistimewaan tersebut adalah senilai pahala haji dan umrah. Adapun penjelasan mengenai keistimewaan ini sebagai berikut,

"Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi)

 

8. Jaminan Perlindungan dari Allah SWT

Sebuah hadis menjelaskan tentang keistimewaan sholat Subuh bagi umat muslim yakni memperoleh jaminan perlindungan dari Allah SWT. Adapun penjelasan hadisnya sebagai berikut:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barang siapa yang melaksanakan sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian mereka akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka." (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu 'anhu)

 

9. Peluang Masuk ke Surga-Nya Allah SWT

Keistimewaan sholat Subuh yang juga luar biasa selanjutnya adalah mendapatkan peluang untuk masuk ke surga-Nya Allah SWT. Berikut ini penjelasan hadisnya mengenai keistimewaan sholat Subuh,

"Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga." ( HR. Bukhari no 574 dan Muslim no 635)

 

10. Memperoleh Limpahan Berkah dari Allah SWT

Seperti telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya, sholat Subuh termasuk sholat fardhu yang dianjurkan untuk dikerjakan. Dalam hal ini dengan mengerjakan sholat Subuh maka dapat menjadi bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT.

Sedangkan keistimewaan sholat Subuh bagi umat muslim juga bisa memperoleh limpahan keberkahan dari Allah SWT. Sehingga penting untuk selalu istiqomah menjalankan sholat Subuh untuk meraih berkah dari Allah SWT.

 

11. Pembuka Rezeki

Dalam sebuah hadis dijelaskan tentang keistimewaan sholat Subuh sebagai ibadah pembuka rezeki. Adapun penjelasan hadisnya sebagai berikut,

Pernah suatu ketika Nabi SAW shalat subuh. Begitu selesai, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah ra sedang tidur. Kemudian beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya, "Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari." (H.R. Baihaqi)

Nah itulah 11 keistimewaan sholat Subuh bagi umat muslim, salah satunya ibadah wajib yang disaksikan para malaikat. Beberapa ulasan di atas dapat menjadi referensi buat kalian agar selalu istiqomah menjalankan sholat Subuh.

Sumber: dream.co.id, brilio.net

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI