11 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Baik untuk Diet - Ibu Hamil

Kamis, 12 November 2020 12:44 Penulis: Dhia Amira
11 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Baik untuk Diet - Ibu Hamil
Manfaat brokoli (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Brokoli merupakan salah satu jenis tanaman yang dijadikan bahan pangan berupa sayuran. Brokoli memiliki warna hijau dengan bentuk yang unik. Dan tentu saja manfaat brokoli sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Serta menjadi salah satu sayuran yang populer dalam menangkal radikal bebas dan mencegah adanya zat asing masuk ke dalam tubuh.

Biasanya brokoli sering dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Namun, hal yang perlu kalian ketahui yaitu jangan memasak brokoli terlalu matang. Sebab proses pemasakan yang terlalu lama dapat mengurangi vitamin C dan protein larut. Sehingga mengonsumsi brokoli yang tak terlalu matang adalah hal baik untuk mendapatkan semua nutrisi di dalamnya.

Kira-kira apa saja ya manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh yang wajib banget kalian ketahui? Dilansir dari berbagai sumber, Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kandungan Brokoli

Sebelum melihat manfaat brokoli, kalian juga wajib mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam brokoli. Ada banyak sekali kandungan sehat yang terdapat dalam brokoli. Kira-kira apa saja ya kandungan tersebut? Ini beberapa kandungan dalam brokoli:

Vitamin C 100%
Vitamin K 100%
Folat 42%
Vitamin B5 13-19%
Vitamin A 13-19%
Vitamin B2 13-19%
Vitamin B6 13-19%
Vitamin E 13-19%
Vitamin B1 5-8%
Vitamin B3 5-8%
Chromium 53%
Fosfor 15%
Mangan 15%
Potassium 11 -13%
Tembaga 11 -13%
Magnesium 5-8%
Zinc 5-8%
Zat besi 5-8%
Kalsium 5-8%
Selenium 5-8%
Serat 21%
Protein 7%
Omega-3 8%

Semua persen tersebut dengan tarakan kebutuhan harian yang diperlukan untuk tubuh. Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam brokoli, tidak heran bila manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh juga sangat banyak.

 

2. Mengurangi Peradangan Sendi

Manfaat brokoli yang pertama yaitu mengurangi peradangan dalam sendi. Berdasarkan penelitian yang dilansir dari liputan6.com menyatakan bahwa, brokoli dapat berperan sebagai anti karsinogen, antiviral, antibakterial, sulforaphane yang dapat mengurangi peradangan sendi.

Selain itu sebuah studi yang dilakukan pada hewan yang diberi diet tinggi sulforaphane (salah satu zat yang ada pada brokoli). Hasilnya, ditemukan fakta risiko kerusakan tulang rawan dan sendi lebih rendah. Sulfur tersebut diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

Sehingga dengan mengonsumsi brokoli secara rutin sejak kecil, baik untuk mengurangi risiko terkena peradangan sendi. Bahkan kandungan tersebut mampu mengurangi risiko osteoporosis pada lansia.

 

 

3. Mencegah Kanker Prostat

Manfaat brokoli yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker di dalam tubuh. Bukan hal yang asing lagi bila brokoli mampu mencegah kanker, terutama kanker prostat. Kanker prostat merupakan sebuah penyakit yang terjangkit pada pria. Penyakit ini memiliki tanda berupa kelenjar kecil berukuran kenari yang menghasilkan cairan sperma.

Dan untuk mengatasi hal ini, kalian bisa loh mencegahnya dengan mengonsumsi brokoli. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang mengonsumsi brokoli, memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Hal ini karena brokoli mengandung sulforaphane, yang merupakan sebuah senyawa untuk menurunkan risiko seseorang mengalami kanker prostat. Selain kanker prostat, brokoli juga memiliki manfaat dalam mengecilkan prostat yang sudah membesar. Penderita kanker prostat disarankan mengonsumsi brokoli sedikitnya empat porsi per minggu supaya memberikan efek yang signifikan.

 

 

4. Menutrisi Tulang dan Gigi

Bukan hanya susu saja, nyatanya brokoli juga memiliki manfaat menutrisi tulang dan juga gigi. Hal ini karena kandungan vitamin K yang sangat tinggi dalam brokoli. Bukan hanya vitamin K saja, brokoli juga memiliki kandungan fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium yang juga sangat baik dalam pertumbuhan tulang dan juga gigi kalian.

Beberapa ahli mengatakan bahwa, vitamin K membangun tulang lebih baik daripada kalsium. Dan secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang kalian butuhkan dalam sehari. Vitamin ini, bersama dengan kalsium, juga membantu menjaga gigi kalian tetap sehat. Pada dasarnya khasiat brokoli dapat membantu melawan osteoporosis dengan sangat efektif.

 

 

5. Mengatasi Depresi

Depresi memang bisa dialami oleh siapa saja. Dan seseorang yang mengalami depresi harus mengatasi hal ini dengan segera. Hal ini karena, depresi tidak akan baik bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran. Bahkan depresi bisa memberikan penyakit serius, serta kematian.

Bila kalian mengalami stres atau depresi yang cukup lama, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat brokoli. Hal ini karena mengandung asam folat serta vitamin B yang baik dalam mencegah serta mengatasi depresi.

Orang yang kekurangan folat biasanya cenderung mudah depresi, kelelahan, daya ingat yang buruk, dan masalah mental yang mungkin lebih serius seperti skizofrenia. Sehingga kalian bisa mengonsumsi brokoli yang kaya akan vitamin B serta folat dalam memerangi depresi.

 

 

6. Mengatasi Anemia

Tidak hanya mampu mengatasi depresi saja, nyatanya manfaat brokoli yang selanjutnya yaitu mampu mengatasi anemia. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan berupa zat besi serta omega 3 yang dipercaya dapat mengatasi dan mencegah anemia dengan sangat baik.

Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh. Bukan hanya itu, kandungan brokoli yang berupa tembaga berguna untuk membantu fungsi zat besi dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi brokoli dengan rutin dapat membantu mencegah gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelemahan, sakit kepala, dan pusing. Terutama bagi kalian wanita yang mengalami menstruasi serta ibu hamil yang akan melahirkan.

 

 

7. Baik untuk Diet

Bukan hal yang asing lagi bila brokoli menjadi salah satu menu diet yang begitu populer. Bukan hanya dimakan bersama dengan dada ayam kukus saja, namun brokoli juga sering dibuat jus untuk minuman pagi bagi mereka yang sedang diet.

Hal ini karena brokoli tinggi akan serat, yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu kandungan serat dan karbohidrat dalam brokoli juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan menstabilkan gula darah. Kandungan protein yang ada di dalam brokoli juga cocok untuk vegetarian yang tidak dapat memenuhi kebutuhan proteinnya.

 

 

8. Baik Untuk Ibu Hamil

Manfaat brokoli yang selanjutnya yaitu sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini lantaran kandungan dalam brokoli sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu asam folat yang dimiliki brokoli juga bagus untuk mencegah cacat pada bayi yang baru lahir.

Sebab cacat lahir bisa disebabkan kurangnya asupan nutrisi sang ibu saat mengandung. Namun apabila kalian rajin mengonsumsi brokoli, maka kalian akan memenuhi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi di dalam perut, terutama nutrisi asam folat.

 

 

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Bukan hanya memberikan nutrisi pada tulang saja, nyatanya manfaat brokoli juga sangat baik dalam meningkatkan kesehatan pada mata loh KLovers. Hal ini karena brokoli juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sama seperti wortel. Dan sumber vitamin A yang ada pada brokoli mampu membantu retina menyerap cahaya, juga dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak.

 

 

10. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kemudian manfaat brokoli yang lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan pada pembuluh darah kalian. Brokoli mengandung mineral yang bagus untuk memperlancar aliran darah, sehingga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Bukan hanya itu saja, kandungan brokoli juga bagus digunakan untuk membantu kinerja insulin guna menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Beragam kandungan vitamin B dalam brokoli juga bagus untuk menurunkan risiko ateroskrlerosis dengan cara mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah. Dengan menjaga kesehatan pembuluh darah, maka kesehatan juga tubuh juga terjaga dengan baik.

 

 

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hampir seluruh sayuran sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk brokoli. Manfaat brokoli memang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Hal ini karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam buah brokoli.

Selain itu kandungan vitamin C berupa antihistamin yang ada dalam brokoli mampu melawan radikal bebas agar kalian terhindar dari berbagai penyakit seperti flu. Bahkan di dalam brokoli juga terdapat zat berupa fitonutrien yang berguna untuk membuat fungsi organ dan sistem tubuh berjalan dengan baik. Sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dan manfaat brokoli yang terakhir yaitu, dapat meningkatkan kesehatan kulit. Bukan hanya mampu memberikan kesehatan pada tubuh saja, nyatanya brokoli juga mampu memberikan nutrisi untuk kecantikan wajah. Brokoli hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C yang diketahui dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit.

Brokoli juga dipercaya dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Selain itu kandungan vitamin A, vitamin K, serta folat berfungsi sebagai pencerah kulit. Brokoli juga memiliki berbagai fito-nutrien yang mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Itulah 11 manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Bukan hanya baik untuk seseorang yang sedang dalam program diet saja, nyatanya brokoli juga memiliki manfaat menutrisi kulit dengan sangat baik. Jadi tidak heran bila brokoli banyak dipercaya untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI