8 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Ampuh Mencegah Depresi

Minggu, 14 Juni 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan, Ampuh Mencegah Depresi
Manfaat brokoli (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Jenis sayuran ini tentunya sudah tidak asing lagi di Indonesia karena keberadaanya sering dijumpai di beberapa masakan. Bahkan, banyak manfaat brokoli yang sangat banyak dan penting untuk kalian ketahui. Sayuran yang mirip dengan kembang kol ini kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Biasanya brokoli sering dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Namun, hal yang perlu kalian ketahui yaitu jangan memasak brokoli terlalu matang. Sebab Proses pemasakan yang terlalu lama dapat mengurangi vitamin C dan protein larut. Brokoli menjadi sayuran yang harus menjadi favorit kalian karena kandungan luar biasa yang ada pada brokoli.

Lalu, manfaat apa saja yang diperoleh jika rutin mengonsumsi brokoli? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Manfaat Brokoli Baik untuk Ibu Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi brokoli. Hal ini lantaran kandungan dalam brokoli sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu asam folat yang dimiliki brokoli juga bagus untuk mencegah kecacatan pada bayi yang baru lahir. Sebab cacat lahir bisa disebabkan kurangnya asupan nutrisi sang ibu saat mengandung. Namun apabila kalian rajin mengonsumsi brokoli, maka kalian akan memenuhi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi di dalam perut.

2. Kesehatan Tulang dan Gigi

Selanjutnya brokoli dipercaya baik untuk kekuatan gigi dan tulang. Untuk menghindari risiko melemahnya gigi dan tulang seiring bertambahnya usia, kalian bisa rutin mengonsumsi brokoli. Hal ini brokoli merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium.

Beberapa ahli mengatakan vitamin K membangun tulang lebih baik daripada kalsium. Dan secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang Anda butuhkan dalam sehari. Vitamin ini, bersama dengan kalsium, juga membantu menjaga gigi kalian tetap sehat. Pada dasarnya khasiat brokoli dapat membantu melawan osteoporosis.

3. Mencegah Depresi

Tahukah kalian jika manfaat menarik brokoli yaitu bisa mencegah depresi. Bagi kalian yang ingin menjaga diri dan terhindar dari depresi, kalian bisa mengonsumsi secara rutin sayuran yang mengandung asam folat serta vitamin B yang terkandung dalam brokoli. Selain itu, brokoli cocok untuk dijadikan sebagai menu andalan ketika diet lantaran memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

4. Mencegah Anemia

Selanjutnya manfaat brokoli dipercaya dapat mengatasi anemia karena zat besi  serta omega-3 di dalamnya. Kekurangan zat besi akan memunculkan gejala anemia. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh.

Bukan hanya itu, kandungan brokoli yang berupa tembaga berguna untuk membantu fungsi zat besi dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh.Oleh sebabnya, mengonsumsi brokoli membantu mencegah gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelemahan, sakit kepala, dan pusing.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk diperhatikan guna menghindari diri agar tidak terpapar virus yang menyebabkan suatu penyakit. Memperkuat daya tahan tubuh secara alami salah satunya dengan mengonsumsi brokoli. Hal tersebut lantaran brokoli memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Brokoli bisa kalian disajikan dengan cara direbus atau bisa pula ditumis maupun dijadikan bahan campuran di dalam sup.

6. Kesehatan Mata

Mengonsumsi wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten, fosfor serta vitamin A, B, C, dan E yang berperan dalam mencegah kerusakan sel mata dan terjadinya katarak. Kandungan ini juga bagus dalam memperbaiki kerusakan mata karena efek radiasi. Oleh sebabnya, dengan mengonsumsi rutin brokoli, maka akan membantu menguatkan penglihatan dan melindungi permukaan mata.

 

7. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal tentu dambaan bagi semua orang. Berbagai macam cara diet dilakukan guna mendapatkan berat badan yang sesuai keinginan. Kalian bisa mencoba cara alami dengan mengonsumsi brokoli untuk membantu menurunkan berat badan. Brokoli kaya akan serat yang membuat kalian merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebih yang berdampak pada kenaikan berat badan.

8. Kesehatan Pembuluh Darah

Brokoli mengandung mineral yang bagus untuk memperlancar aliran darah sehingga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Bukan hanya itu, kandungan brokoli juga bagus digunakan untuk membantu kinerja insulin guna menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Beragam kandungan vitamin B dalam brokoli juga bagus untuk menurunkan risiko ateroskrlerosis dengan cara mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah.

Itulah beberapa manfaat brokoli yang baik untuk kesehatan. Lalian bisa mencampurkan brokoli ke dalam menu masakan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI