12 Manfaat Telur Rebus dan Kandungan Gizi yang Wajib Kalian Ketahui

Senin, 04 Januari 2021 14:00 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Telur Rebus dan Kandungan Gizi yang Wajib Kalian Ketahui
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang sering sekali dikonsumsi. Banyak cara mengolah telur yang enak dan juga sehat. Salah satunya yaitu telur rebus, dan tentu saja manfaat telur rebus ini sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh, tidak heran bila telur rebus ini sering dibuat sebagai makanan sehat bagi mereka yang sedang diet.

Telur sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sehat. Dalam telur terdapat kandungan seperti, kalori, lemak jenuh, kolesterol, natrium, kalium, karbohidrat, dan protein. Selain itu di dalam telur juga memiliki kandungan seperti, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, zat besi, vitamin B6, dan magnesium.

Dengan kandungan yang sebanyak itu, tidak heran bila telur mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, terutama telur rebus. Hingga memiliki banyak manfaat dalam menutrisi tubuh. Dalam pengolahan telur juga memiliki kandungan yang berbeda-beda, seperti kandungan telur goreng dan telur rebus yang memiliki perbedaan kandungan nutrisi.

Kira-kira apa saja ya manfaat telur rebus bagi tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, ini 8 manfaat telur rebus dan kandungan nutrisinya bagi kesehatan yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Nutrisi Telur Rebus

Sebelum mengetahui apa saja manfaat telur rebus, ada baiknya kalian mengetahui kandungan nutrisi dalam telur rebus. Dan berikut ini beberapa kandungan nutrisi dalam satu butir telur rebus:

  • Kalori: 77
  • Karbohidrat: 0.6 gram
  • Lemak: 5.3 gram
  • Lemak jenuh: 1.6 gram
  • Kolesterol: 212 mg
  • Protein: 6.3 gram
  • Vitamin A: 6%
  • Vitamin B2: 15%
  • Vitamin B12: 9%
  • Vitamin B5: 7%
  • Phosphorus: 86 mg
  • Selenium: 15.4 mcg
Dari daftar nutrisi diatas, dapat kita lihat bahwa telur rebus hanya menyediakan 77 kalori, 5 gram lemak dan jumlah karbohidrat yang sangat sedikit. Selain itu, pada telur rebus mengandung asam amino, yang merupakan sumber protein lengkap. Nutrisi pada telur berada di bagian kuning telur, sedangkan putih telur mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan.

2. Baik untuk Jantung

Manfaat telur rebus yang pertama yaitu baik untuk kesehatan jantung. Banyak orang berkata bahwa kuning telur mengandung banyak kolesterol yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Lalu beberapa penelitian menunjukkan bahwa, tidak ada hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung atau stroke.

Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Medicine menunjukkan bahwa, konsumsi satu telur per hari ternyata tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada orang sehat. Sehingga tidak benar ya KLovers, bila telur mampu membuat kalian memiliki penyakit jantung.

Namun, bagi kalian yang memiliki penyakit diabetes ataupun kolesterol sebaiknya tidak mengonsumsi kuning telur secara berlebihan. Dalam penelitian Nurses Health Study and Health Professionals, risiko penyakit jantung meningkat pada mereka yang menderita diabetes, baik pria dan wanita.

3. Baik untuk Kesehatan Otak

Kemudian manfaat telur rebus yang selanjutnya yaitu, dapat membantu kinerja pada otak kalian. Nyatanya telur mampu membuat otak kalian bekerja dengan baik loh KLovers. Ya, agar otak bisa bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan sesuatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja.

Bahkan sebuah studi membuktikan bahwa, 90% orang telah kekurangan senyawa ini. Untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian tersebut, kalian bisa kok memasukkan telur rebus ke dalam menu makanan harian. Pasalnya di dalam sebutir telur rebus terkandung 100 gram kolin. Dan kandungan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kalian.

4. Meningkatkan Massa Otot

Banyak dari para pria yang ingin membuat tubuh mereka berotot dengan mengonsumsi telur rebus setiap hari. Dan tentu saja hal ini terbukti secara ilmiah ya KLovers. Itu karena di dalam telur terdapat kandungan asam amino yang merupakan senyawa penyusun protein. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk segala bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi dalam tubuh, baik yang bekerja untuk tujuan struktural maupun fungsional.

Kandungan protein dalam telur rebus juga dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot. Satu butir telur rebus besar mengandung 6 gram protein, di mana terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang sesuai dengan yang diperlukan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat meningkatkan massa otot kalian.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya sayuran saja yang bisa menjaga kesehatan mata, nyatanya protein hewani seperti telur juga mampu menjaga kesehatan mata loh KLovers. Salah satu fungsi penglihatan mata dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area bernama retina.

Bagian mata yang satu ini sangat rentan terhadap paparan radikal bebas dan faktor penuaan yang mengakibatkan kerusakan atau degenerasi pada area ini. Sehingga membuat fungsi penglihatan seseorang akan terganggu. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menghambat proses penuaan tersebut menggunakan telur.

Itu karena telur memiliki kandungan antioksidan leutin dan zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut terbukti secara ilmiah bisa bantu memperbaiki kerusakan retina. Selain itu kandungan antioksidan ini juga bisa membantu menurunkan risiko katarak dan melindungi fungsi mata secara keseluruhan. Bahkan kandungan vitamin A di dalam telur juga mampu menjaga ketajaman penglihatan dan melindungi mata dari kerusakan.

6. Meningkatkan Kesuburan

Kemudian manfaat telur rebus yang lainnya yaitu dapat meningkatkan kesuburan. Vitamin B yang ditemukan di dalam telur rebus bisa membantu pembentukan hormon seks, loh KLovers. Kemudian kandungan asam folat di dalam telur rebus atau yang dikenal sebagai vitamin B9 ini sangat baik dalam tumbuh kembang janin.

Itu karena, vitamin B9 akan membantu pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin. Manfaat telur rebus ini sangatlah bagus untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, apalagi pasangan yang sedang melakukan program kehamilan.

7. Baik untuk Menu Diet

Tak hanya untuk pembentukan otot saja, nyatanya manfaat telur rebus juga baik untuk menu diet. Bukan hal yang asing lagi bila manfaat telur sering digunakan sebagai menu untuk seseorang yang sedang diet, hingga pembentukan otot. Telur sendiri memiliki kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, sehingga bisa dijadikan camilan sehat saat diet.

Kandungan telur dengan ukuran besar memiliki kandungan 6 gram protein dan 80 kalori. Bagian putih telur hanya mengandung 15 kalori per butir telur. Sehingga sebutir telur rebus cocok dijadikan camilan yang enak dan juga sehat. Putih telur juga bebas kolesterol dan bebas lemak jenuh, sehingga sangat cocok untuk kalian yang sedang diet.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Begitu banyak kandungan nutrisi dalam telur rebus, membuat manfaat telur rebus juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Dan tentu saja kandungan vitamin D ini dapat kita temukan dengan mudah di dalam telur rebus.

Jika tubuh kekurangan zat vitamin D, maka risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya pun meningkat. Sehingga selain melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari, kalian bisa mengonsumsi makanan sehat seperti telur rebus secara rutin.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme memang sangat penting bagi tubuh, dengan berjalannya sistem metabolisme dengan baik maka tubuh juga akan sehat. Bahkan terhindar dari banyak penyakit seperti diabetes, liver, hingga jantung. Dan untuk dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat telur rebus.

Ini karena kandungan kolin dalam telur rebus dapat membantu proses pencernaan lemak serta mencegah penumpukan lemak pada tubuh. Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan kadar adiponectin yang bisa meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh saat merespon insulin, hingga memperlancar proses pencernaan lemak.

10. Menurunkan Kadar Trigliserida Dalam Darah

Tak hanya meningkat kadar kolesterol saja, nyatanya manfaat telur rebus juga sangat baik dalam menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah, yang dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.

Ketika asupan trigliserida dari makanan melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, maka akan terjadi peningkatan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida yang tinggi diduga dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung. Sehingga kalian bisa mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi telur rebus.

Itu karena telur rebus diperkaya kandungan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Jika kadar trigliserida tinggi dalam darah, maka dapat meningkatkan faktor risiko dari penyakit jantung. Dengan mengonsumsi lima butir telur yang diperkaya dengan omega 3 per minggu selama tiga minggu dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah sebesar 16-18%.

11. Mencegah Anemia

Telur rebus memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, makanan ini juga dapat mencegah kalian kekurangan darah atau anemia. Itu karena di dalam telur rebus terdapat kandungan zat besi yang cukup untuk memenuhi asupan harian.

Kekurangan zat besi ditandai dengan seringnya sakit kepala, kelelahan, dan mudah tersinggung. Jika kalian menderita kekurangan zat besi, telur dapat membantu. Selain itu ahli gizi mengklaim bahwa 2 butir telur mengandung 2 miligram zat besi untuk asupan harian.

12. Mengatasi Kanker

Manfaat telur rebus yang lainnya yaitu, dapat mengatasi sakit kanker di dalam tubuh. Telur mengandung senyawa antioksidan guna menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker di dalam tubuh akibat radikal bebas, hingga pola hidup yang kurang sehat.

13. Memberikan Energi Lebih

Dan manfaat telur rebus yang terakhir yaitu, dapat memberikan energi lebih. Telur bukan hanya menjadi menu diet saja, namun telur juga sering dibuat sebagai sarapan pagi. Hal ini karena telur rebus memiliki manfaat dalam memberikan energi lebih pada tubuh kalian.

Telur rebus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Kandungan vitamin A, vitamin B12, dan selenium dalam telur rebus ini juga merupakan sumber makanan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat.

Itulah 12 manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh yang benar, dan wajib kalian ketahui. Walaupun nyatanya telur tidak mempengaruhi tingginya kolesterol bagi mereka yang sehat, tetapi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ya KLovers.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI