10 Jenis Usaha Makanan yang Menjanjikan dan Paling Laku, Cocok Bagi Pemula

Senin, 07 Desember 2020 13:22 Penulis: Dita Tamara
10 Jenis Usaha Makanan yang Menjanjikan dan Paling Laku, Cocok Bagi Pemula
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Jenis usaha makanan sudah seperti tren yang banyak digemari untuk dijadikan peluang usaha menjanjikan. Hal ini lantaran banyaknya penikmat makanan yang gemar membeli makanan terus menerus mengalir. Kebiasaan ini pun yang menjadi alasan besar mengapa usaha makanan akan terus memiliki peluang di hati penikmatnya. Walaupun jenis usaha makanan terbilang sangat menguntungkan karena selalu dibutuhkan oleh banyak orang, namun kalian juga perlu memperhatikan inovasi. Hal ini berguna untuk menarik minat pengunjung.

Usaha kuliner rata-rata tidak membutuhkan modal besar. Terpenting, pemilihan jenis makanan harus tepat dan kualitas makanan serta pelayanan yang ramah sudah menjadi syarat utama usaha kalian laris di pasaran. Bahkan, dalam proses menjalankan bisnis juga tidak sulit sehingga dapat dijalankan oleh siapa saja. Itulah mengapa banyak pemula yang memulai usaha dari bidang kuliner.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk ikut mencari peluang usaha makanan, berikut ini jenis usaha makanan yang dapat menginspirasi kalian. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Aneka Gorengan

Jenis usaha makanan yang bisa menjadi ide kalian membuka peluang usaha yaitu gorengan. Ya, selama ini gorengan memang menjadi salah satu usaha yang paling laku untuk dijual. Bahkan, tak perlu modal yang besar, untung dari menjual gorengan pun sangat menjanjikan.

Meski tergolong jenis usaha yang banyak dijalankan oleh orang, namun kalian nggak perlu khawatir lantaran makanan yang satu ini selalu diminati oleh para pecintanya. Meski begitu, kalian juga harus memperhatikan rasa, kemasan, hingga penyajian untuk menambah nilai jual.

 

2. Makanan Pedas

Orang Indonesia kebanyakan mempunyai minat yang tinggi mengonsumsi makanan pedas. Peluang itulah yang bisa kalian manfaatkan untuk membuka usaha makanan. Makanan pedas juga selalu diburu dan mendapat perhatian dari para pecinta kuliner. Beberapa jenis usaha makanan pedas yang bisa kalian coba yaitu dengan menjual makanan ringan seperti makaroni, maupun sejenis keripik pedas. Selain itu, makanan seperti seblak, ayam geprek, mie pedas juga bisa kalian coba dengan memberikan inovasi supaya lebih diminati.

 

3. Frozen Food

Frozen food menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang saat ini paling laku di pasaran. Frozen food atau makanan beku seperti nugget, sosis, tempura, dimsum, bakso dan kentang sudah mulai familiar di hati para penggemarnya. Berbagai jenis makanan beku ini bisa dijadikan lauk maupun camilan sehari-hari.

Harga yang ditawarkan pun saat ini telah lebih bervariasi, dari yang paling mahal hingga yang paling murah. Berjualan frozen food juga tak banyak membutuhkan printilan. Terpenting, kalian menyiapkan kotak freezer atau lemari es untuk menaruh stok. Selain itu, jenis usaha ini pun sangat cocok dijalankan di rumah maupun dijadikan usaha sampingan.

 

4. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang nggak bisa lepas bagi para penikmatnya nih. Bahkan, kopi kini juga banyak diminati berbagai kalangan layaknya sudah menjadi tren gaya hidup. Dengan begitu, peluang seperti ini bisa kalian manfaatkan untuk membuka kedai kopi sebagai bisnis yang menjanjikan.

Kalian bisa mengkreasikan aneka kopi dengan gula aren, kopi rum, regal maupun kopi buah. Penting pula bagi kalian untuk menampilkan ciri khas yang unik bagi kedai kopi kelian supaya lebih mudah dikenal.

 

5. Makanan Sehat

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang gemar menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kelangsungan diet mereka. Nah, jenis usaha makanan sehat kali ini bisa menjadi inspirasi kalian untuk membuka usaha ini. Bisnis ini bisa dibilang sesuatu yang berbeda, praktis, dan unik.

Kalian bisa menjalani peluang bisnis makanan sehat seperti catering diet, makanan organik, makanan vegetarian, snack sehat, hingga salad buah. Oleh sebab itu, membuka usaha makanan diet bisa menjadi pilihan kalian untuk membuka usaha. Terutama untuk jenis usaha makanan rumahan.

 

6. Makanan Bayi

Selain bisnis usaha makanan sehat, kalian bisa membuat jenis usaha makanan bayi yang begitu menjanjikan. Hal ini lantaran sibuknya ibu maupun bagi ibu yang ingin praktis untuk menyiapkan keperluan makan sang buah hati. Keadaan inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat makanan bayi seperti bentuk tim maupun makanan yang sudah dikemas.

 

7. Fast Food

Jenis usaha makanan yang bisa menjadi peluang usaha kalian selanjutnya yaitu fast food. Kuliner asal luar negeri ini memang selalu diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran, minat konsumsi fast food saat ini sangat tinggi.

Melihat peluang ini, kalian bisa mencoba usaha makanan fast food dengan sedikit memodifikasi makanan seperti burger, kentang goreng, pizza, dan lain sebagainya untuk menambah nilai jual. Dengan harga yang sedikit miring, maka usaha kalian juga semakin menjadi pilihan.

 

8. Jajanan Pasar

Jajanan pasar juga menjadi salah satu bisnis kuliner yang paling laku. Hal ini lantaran jajanan pasar berupa kue-kue basah akan selalu dicari, terutama di pagi dan sore hari. Kalian tidak perlu membuatnya sendiri, kalian bisa mendapatkan jajanan pasar dari pemasok. Jadi, kalian hanya menyiapkan tempat untuk berjualan di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian. Selain itu, kalian bisa menitipkan di supermarket atau warung.

 

9. Jus Buah

Selanjutnya, jenis usaha minuman seperti jus buah juga memiliki peluang usaha kuliner yang sangat menguntungkan. Menjual aneka ragam jus buah memiliki prospek usaha yang tinggi karena minuman ini sangat digemari oleh banyak orang guna memenuhi kebutuhan kesehatannya. Selain itu, usaha ini juga paling laku disamping modalnya yang nggak besar. Untuk memulai usaha kuliner ini, kalian bisa mengawalinya dengan membuka stand di depan rumah.

 

10. Seafood

Membuka peluang bisnis makanan seafood bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang menjanjikan. Pasalnya, banyak pula orang yang selalu jatuh hati dengan makanan berbahan dasar seafood. Kalian bisa membuka usaha kuliner di tenda pinggir jalan maupun warung dengan menjual aneka makanan seafood seperti kerang, cumi, udang, dan lain sebagainya.

Itulah sederet jenis usaha makanan yang menjanjikan dan paling laku. Perlu diingat bahwa bisnis memang selalu ada tantangan saat memulainya, tapi kalian jangan takut mencoba ya. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI