14 Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon, Indikasi Penyakit Beserta Penjelasan Secara Medis

Rabu, 08 September 2021 12:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
14 Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon, Indikasi Penyakit Beserta Penjelasan Secara Medis
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Arti kedutan mata kiri atas menurut primbon sering dicari sebagai jawaban atas kondisi area mata yang bergerak sendiri. Kondisi ini memang cukup mengganggu, apalagi jika rasa kejang otot ringan ini terjadi berulang dalam waktu yang cukup lama. Tak heran jika kalian pun jadi penasaran untuk mencari tahu arti lebih lanjut mengenai kondisi ini.

Sebelumnya, kalian perlu tahu bahwa ada berbagai arti kedutan mata kiri atas. Berdasarkan mitos, misalnya, kedutan mata kiri dipercaya sebagai tanda akan mendapat keberuntungan. Meski tak bisa dibuktikan kebenarannya, arti tersebut banyak dipercaya atau dijadikan sugesti akan datangnya rezeki.

Tak hanya berdasarkan primbon dan mitos, arti kedutan mata kiri atas sebenarnya punya penjelasan secara medis yang mungkin selama ini jarang kalian dengar. Kondisi seperti stres, lelah, dan alergi disebut sebagai beberapa penyebabnya. Penjelasan lebih lengkap bisa kalian simak pada informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon

Kedutan mata kiri merupakan kondisi bergeraknya area mata seperti alis, kelopak mata, hingga sudut mata. Nah, bagi kalian yang tertarik dengan mitos seputar arti kedutan mata kiri atas, silakan simak beberapa arti menurut primbon berikut ini.

Alis kiri

Arti kedutan mata kiri atas pada bagian alis menurut primbon Jawa merupakan pertanda baik. Jika kalian merasakan kedutan di alis kiri kemungkinan kalian akan memperoleh keberuntungan. Kalian pun bisa menganggapnya sebagai sugesti untuk terus berpikir positif. Memikirkan hal baik akan memperbagus hari-hari kalian dan keberuntungan itu bisa hadir melalui teman yang perhatian, kasih sayang keluarga, atau bonus karena kinerja bagus kalian.

Sudut mata kiri atas

Sebuah pertanda baik merupakan arti kedutan mata kiri atas pada bagian sudut. Menurut primbon Jawa secara lebih spesifik, kondisi ini berhubungan dengan sanak saudara kalian yang jauh. Tentu kalian akan mendapat kebahagiaan jika berhasil menemui mereka setelah terpisah jarak, kan?

Kelopak kiri

Arti kedutan mata kiri atas pada bagian kelopak ini membawa pertanda yang kurang menyenangkan. Kemungkinan, kalian akan mengalami peristiwa yang membuat hati terluka. Luka tersebut bisa berasal dari berbagai hal, seperti perpisahan dengan orang terkasih atau kehilangan sesuatu yang cukup berharga. Pertanda ini bisa kalian anggap sebagai pengingat untuk lebih berhati-hati dan perhatian pada apa yang sekarang kalian miliki.

Bola mata kiri

Tak hanya area mata luar, ternyata terdapat arti kedutan mata kiri atas di bagian dalam. Kedutan pada bola mata menurut primbon merupakan sebuah pertanda baik. Pertanda baik tersebut bisa berupa datangnya kabar bahagia. Asal kebahagiaan kalian bisa dari mana saja, seperti tercapainya cita-cita, mendapat harta, juga dipertemukan dengan orang terkasih.

 

2. Arti Kedutan Mata Kiri Atas Sesuai Penjelasan Medis

Setelah mengetahui arti kedutan mata kiri atas berdasarkan mitos dan primbon, tentu kalian penasaran dengan penjelasannya secara medis. Terlebih, penjelasan ini lebih bisa dipercaya dan dibuktikan. Selain itu, hal ini akan membuat kalian lebih waspada terhadap tanda masalah kesehatan yang mungkin kalian alami. Langsung saja, simak informasi selengkapnya tentang arti kedutan mata kiri atas berikut ini.

Stres

Kedutan di area mata bisa jadi menjadi pertanda bahwa kalian sedang stres. Saat muncul keluhan ini berulang, lebih baik kalian segera menenangkan diri. Sadari penyebab kalian stres dan ambil jeda. Setelah kondisi kalian membaik, kedutan pun akan hilang perlahan.

Kelelahan

Mata lelah bisa menimbulkan kedutan yang cukup mengganggu. Hal tersebut berkaitan dengan kebiasaan begadang, terlalu lama dan sering menatap layar ponsel atau membaca buku yang kalian lakukan. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan evaluasi jadwal dan memperbaiki pola tidur agar kedutan itu berkurang hingga hilang.

Alergi

Arti kedutan mata kiri atas juga bisa menjadi pertanda kalian mengalami konjungtivitis (peradangan selaput lendir) pada mata. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa gatal yang dan memicu keinginan untuk menguceknya. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan keluarnya histamin yang dapat mengiritasi mata hingga kedutan.

Kalian bisa menenangkan kondisi mata dengan obat tetes mata atau konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Mata Kering

Mata kering memicu kalian untuk sering berkedip secara tak sadar, tujuannya agar mata terasa lebih lembab. Hal tersebut bisa memicu kedutan pada mata. Oleh karena itu, kalian perlu menghindari kegiatan yang membuat mata kering, seperti menatap layar gadget terlalu lama.

Ketidakseimbangan Nutrisi

Tak hanya penyebab dari luar, seperti kebiasaan begadang dan terlalu lama menatap layar gadget, arti kedutan mata kiri atas juga bisa menjadi pertanda tidak seimbangnya nutrisi dalam tubuh kalian. Saat tubuh kalian kekurangan air dan vitamin B, efek tak nyaman juga bisa dirasakan oleh mata. Otot dan saraf sekitar mata bisa terganggu sehingga menimbulkan kedutan.

3. Arti Kedutan Mata Kiri Atas Sebagai Indikasi Penyakit

Arti kedutan mata kiri atas sebagai indikasi penyakit perlu dicurigai ketika kalian mengalaminya dalam waktu yang lumayan lama, hitungan minggu hingga bulan. Meski kondisi ini jarang terjadi, kalian perlu mewaspadainya sebagai kelainan otak maupun syaraf yang mungkin terjadi.

Distonia: gangguan kontraksi otot yang menimbulkan gerakan berulang. Kondisi ini bisa berpengaruh pada satu bagian tubuh atau bahkan lebih. Otot mata jadi salah satu bagian yang bisa terpengaruh hingga menyebabkan terjadinya kedutan.

Bell's palsy: terjadinya kelumpuhan otot-otot di wajah. Kondisi ini terjadi saat saraf yang mengontrol otot-otot wajah meradang atau bengkak. Selain kedutan, wajah kalian bisa terasa kaku dan turun ke bawah, sulit menunjukkan ekspresi, hingga pusing.

Penyakit parkinson: gangguan sistem syaraf pada gerakan. Kondisi ini biasanya diawali oleh tremor anggota tubuh, bahkan kekakuan dan keterlambatan gerak. Selain kedutan mata, kondisi ini juga ditandai dengan tidak berayunnya tangan saat berjalan, dan bicara menjadi tak jelas. Gejala tersebut bisa tambah parah jika kondisi memburuk.

Syndrom tourette: kelainan neurologis yang menyebabkan gerakan berulang atau bunyi yang tidak diinginkan. Contohnya, mata terus berkedip, mengangkat bahu atau mengeluarkan suara yang tidak biasa.

Multiple sclerosis atau MS: penyakit jangka panjang yang dapat mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf mata. Hal ini bisa menimbulkan gangguan pada penglihatan, kontrol otot, keseimbangan, hingga fungsi tubuh lainnya.

Setelah mengetahui arti kedutan mata kiri atas sebagai indikasi penyakit, alangkah lebih baik jika kalian mulai perhatian pada kondisi tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, kalian bisa menyimak beberapa cara menjaga kesehatan tubuh berikut ini. Kesehatan tubuh akan berefek pada bagian tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Hal yang perlu kalian perhatikan, yaitu:

- Istirahat dengan cukup

- Kurangi asupan kafeina dan alkohol

- Batasi kebiasaan merokok

- Gunakan tetes mata saat terasa kering

- Berikan kompres hangat pada kelopak mata.

- Jika kalian mengalami kedutan mata disertai dengan kejang pada otot wajah, bengkak atau kemerahan di mata, dan menyebabkan mata tertutup, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal tersebut jangan diabaikan karena dapat memperburuk keadaan kalian.

Nah, KLovers, itulah berbagai arti kedutan mata kiri atas berdasarkan mitos hingga penjelasan medis yang bisa merujuk pada penyakit tertentu.

(Sumber: sehatq.com, liputan6.com)

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI