10 Penyebab Asam Lambung Naik, Ketahui Pula Cara Mengatasinya

Selasa, 07 September 2021 16:11 Penulis: Dhia Amira
10 Penyebab Asam Lambung Naik, Ketahui Pula Cara Mengatasinya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bila kalian memiliki penyakit asam lambung maka kalian harus mengetahui penyebab yang dapat terjadi ketika asam lambung naik seketika. Karena bila kalian tidak mengetahui apa saja hal yang dapat membuat asam lambung naik, maka hal itu dapat membuat penyakit maag kalian semakin parah. Untuk itulah pentingnya mengetahui penyebab dan cara mengatasi asam lambung bila hal tersebut terjadi.

Penyebab asam lambung ada banyak sekali, bukan hanya dari makanan saja tetapi juga dari faktor lainnya yang dapat membuat asam lambung menjadi naik. Untuk itu, inilah 10 hal penyebab asam lambung naik yang dilansir dari berbagai sumber dan wajib kalian ketahui bila kalian memiliki penyakit asam lambung.

 

1. Stres

Penyebab pertama asam lambung naik yaitu karena stres. Bila seseorang stres maka bisa jadi asam lambung naik, hal itu karena stres akan merangsang area tertentu pada otak sehingga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri termasuk hati. Itulah mengapa seseorang yang sedang stres bisa mempengaruhi asam lambung untuk naik, dan membuat penyakit maag kita semakin parah.

Dan untuk mengatasi hal ini kalian bisa mengonsumsi obat maag terlebih dahulu, lalu coba untuk menenangkan diri dengan aktivitas ringan atau olahraga. Hal ini karena olahraga dapat membuat otak lebih fresh dan kalian bisa berpikir dengan lebih baik untuk mencari jalan keluar dari stress tersebut.

 

2. Makanan Santan

Salah satu penyebab asam lambung naik yang selanjutnya yaitu makanan santan. Bagi kalian penderita penyakit lambung, maka tak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebihan. Hal tersebut karena, di dalam santan terdapat kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi, dan lemak tersebut sangat sulit untuk di cerna oleh lambung yang tentu saja hal itu akan berakibat buruk.

Hal ini karena lambung akan secara otomatis merangsang sel-selnya untuk memproduksi asam lambung lebih banyak, sehingga dapat memperparah gejala maag yang terjadi. Oleh karena itu, bila kalian adalah penderita penyakit maag ada baiknya untuk tak mengonsumsi santan secara berlebihan. Bila perlu kurangi hal tersebut agar asam lambung tidak semakin naik dan membuat kalian merasakan sakit.

Dan cara untuk mengatasinya kalian bisa mengonsumsi teh jahe. Karena selain dapat meredakan perut yang mual akibat terlalu banyak mengonsumsi santan, teh jahe juga dapat meredakan maag dengan sangat baik. Hal ini karena di dalam jahe terdapat kandungan anti inflamasi atau anti peradangan yang kuat sehingga dapat menyembuhkan peradangan pada hidung, tenggorokan, serta nyeri dada akibat asam pada lambung. Untuk itu supaya nyeri pada asam lambung hilang kalian bisa menggunakan teh jahe.

 

3. Merokok

Penyebab asam lambung yang selanjutnya yaitu rokok. Bila kalian merupakan perokok yang kuat maka bisa jadi kalian dapat terkena penyakit maag, karena rokok dapat membuat asam lambung pada tubuh semakin meningkat. Hal itu disebabkan oleh rokok yang dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air liur sehingga tidak dapat menetralkan efek asam di dalam mulut. Itulah mengapa rokok dapat menyebabkan asam lambung naik.

Untuk mengatasinya yaitu dengan mengurangi kegiatan merokok secara sering dan juga aktif. Bila tidak bisa secara cepat, kalian bisa melakukannya secara bertahap hingga benar-benar berhenti. Hal ini agar kalian yang menderita penyakit maag kronis tidak memperparah kondisi tubuh akibat asam lambung.

 

4. Coklat

Ternyata makanan yang digemari oleh banyak kalangan ini bisa menjadi penyebab asam lambung naik loh KLovers. Hal tersebut karena di dalam coklat terdapat kandungan zat yang dapat mengendurkan kinerja otot pengendali klep di esofagus. Dan dengan kendurnya klep pengendali asam lambung itu membuat cairan yang membantu proses pencernaan bisa kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan asam lambung naik. Itulah yang menjadi alasan coklat dapat membuat asam lambung naik di dalam tubuh kita.

 

 

 

5. Obesitas

Obesitas juga menjadi salah satu penyebab asam lambung naik dan memperburuk keadaan lambung kita. Hal tersebut karena kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan pada perut, dan hal ini kemudian bisa memicu asam lambung naik dan memicu berbagai gejala. Selain itu juga, keluhan gangguan pencernaan lain, seperti sering bersendawa, mual, muntah, hingga sesak napas dapat menjadi salah satu akibat apabila asam lambung naik.

Dan bila hal ini terjadi, ada baiknya untuk kalian melakukan diet sehat agar tubuh kembali dengan berat yang normal. Kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan tubuh dan mengurangi asam lambung untuk naik. Makanan tersebut seperti pisang atau oatmeal, karena di dalam pisang atau oatmeal terdapat kandungan zat antasida alami. Zat ini merupakan zat yang terkandung dalam obat-obat penghilang sakit maag yang sering kita temukan. Sehingga kalian bisa mengontrol kalori sembari mengurangi asam lemak di dalam tubuh.

 

 

6. Kebiasaan Rebahan Setelah Makan

Penyebab asam lambung naik bisa berasal dari kebiasaan kalian setelah makan. Meski dorongan untuk tidur atau sekadar merebahkan badan setelah makan begitu besar, kalian perlu melawannya. Berdiri atau duduk setidaknya dua sampai tiga jam setelah makan menjadi hal yang dianjurkan.

Pasalnya, gravitasi bisa mempengaruhi asam lambung kalian. Dengan tidak berbaring, asam lambung bisa tetap berada pada tempatnya. Mengatur jam makan bisa menjadi solusi untuk hal ini. Hindari makan atau ngemil terlalu dekat dengan jam tidur kalian.

 

 

7. Kebiasaan Makan Terburu-buru

Kebiasaan yang bisa menjadi penyebab asam lambung naik adalah cara makan yang terburu-buru. Apalagi jika kalian terburu-buru saat menyantap makanan dalam porsi yang lebih banyak dari biasanya, hal itu bisa berefek buruk pada asam lambung.

Saat perut kalian terlalu penuh karena porsi makan banyak dan tak dikunyah dengan baik, asam lambung berpotensi naik dan menimbulkan rasa tak nyaman. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan porsi dan cara makan dengan baik. Sekali lagi, pastikan untuk mengunyah makanan dengan benar alias jangan terburu-buru untuk menelannya, ya, KLovers!

 

 

8. Efek Samping Obat

Penyebab asam lambung naik bisa berasal dari efek samping obat. Beberapa obat memang bisa melemaskan otot halus di esofagus. Contoh dari obat tersebut, yakni pereda rasa sakit yang masuk dalam kategori obat antiperadangan. Obat seperti aspirin, ibuprofen, dan pelemas otot berpotensi mengiritasi lapisan esofagus.

Hal tersebut bisa berlanjut dan menyebabkan asam lambung naik. Lebih buruk lagi, hal itu pun bisa memperparah penyakit gasrroesophageal refluk (GERD) yang mungkin kalian derita. Oleh karena itu, kalian perlu berkonsultasi ke dokter untuk menemukan obat yang sesuai agar terhindar dari rasa tak nyaman hingga perih ulu hati yang mungkin disebabkan oleh efek samping obat yang kalian konsumsi.

 

 

9. Makanan Asam dan Pedas

Makanan asam dan pedas, seperti tomat, jeruk, bawang putih, dan cabai bisa menjadi penyebab asam lambung naik. Mungkin kalian bingung karena buah dan sayur yang terasa asam merupakan asupan penting yang dibutuhkan tubuh demi menjaga pola makan yang seimbang. Sayangnya, jenis makanan tersebut memang berpotensi membuat asam lambung naik.

Solusi yang bisa kalian tempuh, yaitu tetap konsumsi asupan buah dan sayur dengan menghindari jenis makanan tersebut. Hindari pula produk olahan seperti jus buah yang terasa asam, saus tomat, dan saus pedas.

 

 

10. Kopi, Teh, Soda

Mungkin kalian pun sering mendengar keluhan tak nyaman dari orang lain setelah mengonsumsi jenis minuman di atas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya asupan berkafein seperti kopi, teh, dan soda memang menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Beberapa orang mungkin sering ngeyel untuk tetap mengonsumsinya dengan alasan lezat dan menyegarkan. Memang benar, soda merupakan minuman yang cocok untuk melepas dahaga, tapi perhatikan efek setelahnya yang bikin kalian sering bersendawa. Meski sendawa merupakan cara tubuh melepas gas dalam perut, tapi sendawa yang dipicu oleh minuman bersoda tidak baik bagi kondisi asam lambung.

Menghindari minuman di atas merupakan solusi yang bisa kalian tempuh. Minum air putih menjadi pilihan terbaik bagi kalian.

Itulah 10 penyebab asam lambung naik yang dapat menyerang kalian kapanpun. Untuk itu tetap menjaga kesehatan tubuh, menjaga pola makan, serta gaya hidup agar terhindar dari penyakit maag atau asam lambung yang naik.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI