Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Islam, Medis Hingga dari Berbagai Kepercayaan Beserta Cara Mengatasinya

Rabu, 08 September 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Islam, Medis Hingga dari Berbagai Kepercayaan Beserta Cara Mengatasinya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Setiap manusia pasti pernah merasakan sebuah kedutan di mata mereka. Sebenarnya hal ini bisa dijelaskan secara medis loh, namun ada juga yang percaya bahwa hal ini merupakan sebuah pertanda yang mungkin akan datang di kehidupan kita. Arti kedutan sebenarnya ada banyak, salah satunya yaitu arti kedutan di mata kiri bawah. Bahkan tak hanya dari Indonesia saja loh, beberapa negara pun mempercayai arti dari kedutan mata tersebut.

Bagi kalian yang mungkin sering merasakan kedutan di mata, terutama di kiri bawah, maka bisa loh mencari arti tersebut. Atau kalian juga bisa mencari tahu cara mengatasi kedutan di mata, terutama di area bagian bawah. Nah, untuk itu telah dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa arti kedutan mata kiri bawa menurut banyak kepercayaan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Kedutan Mata Menurut Kepercayaan India

Untuk arti kedutan mata kiri bawah yang pertama yaitu ada arti kedutan mata kiri bawah menurut kepercayaan di India. Ya, diketahui bahwa masyarakat India melihat kedutan di mata kiri bawah sebagai pertanda buruk, terutama jika dialami oleh pria.

Namun, justru berbeda apabila kedutan tersebut di alami oleh seorang wanita. Di India arti kedutan mata kiri bawah bagi wanita justru bisa menjadi pertanda baik. Ajaran Hindu juga menekankan betapa pentingnya kedutan dalam nasib masa depan seseorang.

 

2. Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon

Kemudian untuk arti kedutan mata kiri bawah menurut primbon Jawa. Hampir sama seperti di India, arti kedutan mata kiri bawa ini bisa membawa kesialan dan mala petaka. Yang membedakannya yaitu, hal ini bisa di alami oleh pria maupun wanita.

Dalam primbon Jawa, kedutan mata terutama di kiri bawah bisa diartikan dan dijadikan pertanda kita akan kehilangan sesuatu seperti barang berharga atau orang yang disayang. Selain itu, kita juga bisa merasakan kekecewaan atau sakit hati, yang disebabkan karena gagal meraih impian atau disakiti oleh orang lain.

Bahkan, bila kalian sedang memiliki masalah dengan orang lain, maka tanda ini bisa jadi peringatkan untuk kita bahwa, permasalahan itu dapat menyebabkan perkelahian, perdebatan atau permusuhan. Kemudian arti kedutan mata kiri bawah bisa dijadikan sebagai pertanda kalau akan mendapatkan musibah. Musibah ini bisa berarti sakit atau kehilangan sesuatu.

 

3. Arti Kedutan Mata Menurut Kepercayaan Afrika

Tak hanya di India dan Indonesia saja loh, arti kedutan mata kiri bawah juga menjadi sebuah kepercayaan di Afrika. Di wilayah Kamerun dan Nigeria yang terletak di benua Afrika, arti kedutan mata kiri bawah bisa beragam.

Berdasarkan posisi mata yang mengalami kedutan, kelopak mata kiri dapat membawa makna bahwa kamu akan mendapatkan kunjungan tak terduga dari seorang tamu. Sementara bagian kiri bawah mata berarti pertanda bahwa kamu akan segera menangis.

 

4. Arti Kedutan Mata Menurut Kepercayaan China

Selanjutnya yaitu ada arti mata kedutan menurut kepercayaan di China. Berbeda dari seluruh pertanda di atas, bila di China arti kedutan mata kiri bawah bisa menjadi tanda baik dalam hidup loh. Penduduk China menganggap bahwa, arti kedutan mata kiri bawah sebagai tanda keberuntungan yang berlimpah.

Bahkan, ada juga yang percaya bahwa kedutan dapat menurunkan hujan emas yang besar. Dikarenakan kata "kiri" dalam bahasa Mandarin sangat mirip dengan "uang". Ini bisa mengacu pada pekerjaan, atau usaha yang kalian lakukan berjalan dengan lancar dan keuangan mengalir dengan baik.

 

5. Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Islam

Dari semua hal di atas, bagaimana ya menurut Islam tentang kedutan di mata kiri bawah? Berikut ini ada beberapa arti kedutan mata kiri bawah menurut Islam. Dalam Islam arti kedutan mata kiri bawah merupakan sebuah pertanda kebahagiaan loh.

Jika kalian mengalami kedutan mata kiri bawah, dalam Islam akan diyakini kalau kalian akan bertemu dengan orang lama, yaitu keluarga atau sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Selain itu, arti kedutan mata kiri bawah bisa dijadikan sebagai pertanda bahwa kalian akan menemukan barang yang hilang, yang sudah lama dicari dan tidak ketemu.

Selain itu, tanda mata kedutan juga bisa menjadi sebuah tanda rejeki loh. Mungkin saja mimpi kalian selama ini akan segera terwujud, tetapi harus tetap diimbangi dengan usaha dan berdoa. Kemudian bisa saja kalian mendapatkan kebahagiaan seperti, gaji naik, naik pangkat dan rezeki yang lainnya.

 

6. Arti Kedutan Mata Kiri Bawah dari Sisi Medis

Namun bagaimana ya menurut media arti kedutan mata kiri bawah? Ada beberapa faktor yang menjadi sebuah pertanda dalam kedutan mata kiri bawah, salah satunya pola hidup yang tidak sehat. Menurut dunia medis, mengalami kedutan pada mata kiri bawah, bisa saja disebabkan karena mata mengalami kelelahan dan kurang tidur.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena iritasi mata karena terlalu sering bermain komputer, stres berlebih, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan mengonsumsi alkohol atau kafein. Tak hanya itu saja, kedutan mata kiri bawah juga bisa jadi pertanda mengalami hemificial spasm. Kondisi gangguan saraf pada tekanan arteri menyebabkan salah satu sisi wajah kejang-kejang.

Akibatnya, otot wajah bergerak tanpa kontrol. Selanjutnya kedutan bisa dijadikan pertanda kalau kalian mengalami benign essential blepharospasm, atau kondisi kedutan mata dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini disebabkan karena kelainan saraf dan menyebabkan kedutan serta kontraksi otot di sekitar mata. Hal ini biasanya menyerang orang dewasa yang berusia 30 tahun ke atas.

 

7. Cara Mengatasi Kedutan Mata

Setelah mengetahui banyak arti kedutan mata kiri bawah, kalian juga bisa loh mengatasinya sendiri. Ya, kedutan memang akan sangat mengganggu untuk aktivitas kalian. Dan berikut ini beberapa cara mengatasi mata yang kedutan:

1. Istirahat dengan baik

Ya, kalian bisa memulainya dengan melakukan istirahat yang baik untuk menghilangkan kedutan mata. Normalnya seseorang harus bisa tidur selama 7-8 jam. Apabila kedutan mata tersebut akibat kurang tidur, kalian bisa istirahat dengan baik di malam hari.

2. Kompres mata

Kemudian cara mengatasi kedutan yang kedua yaitu dengan melakukan kompres mata. Kalian bisa tempelkan kompres air hangat pada kedutan mata. Apabila masih mengalami kedutan, tukar kompres hangat dengan air dingin setiap 10 menit.

3. Kurangi Kafein

Menurut medis, mata kedutan bisa dikarenakan oleh kafein dan minuman beralkohol. Untuk menghilangkan hal tersebut, kalian bisa mengurangi atau memberhentikan mengonsumsi kafein dan alkohol. Kafein juga bisa membuat kalian sulit tidur, dengan mengurangi konsumsi kafein maka kalian bisa tidur dengan baik untuk menghilangkan kedutan.

4. Atasi Mata Kering

Dan yang terakhir yaitu, dengan mengatasi mata kering. Di akhir minggu, usahakan membatasi diri menggunakan alat elektronik atau gadget. Coba regangkan mata sesaat dari paparan layar eletronik. Apabila terpaksa menyentuh alat elektronik, jangan lupa istirahatkan mata beberapa kali.

Itulah beberapa arti mata kedutan kiri bawah yang bisa kalian pahami. Selain arti mata kedutan kiri bawah, kalian juga bisa tahu cara mengatasinya dengan baik dan tepat.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI