Kreativitas Adalah Kemampuan Menciptakan Hal Baru, Ketahui Ciri-Ciri dan Tahap-Tahapnya

Rabu, 08 September 2021 10:11
Kreativitas Adalah Kemampuan Menciptakan Hal Baru, Ketahui Ciri-Ciri dan Tahap-Tahapnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kreativitas adalah salah satu hal penting yang sebaiknya dimiliki setiap orang. Pasalnya, dengan kreativitas seseorang akan lebih mudah mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi. Selain itu, kreativitas juga berguna bagi seseorang dalam menghasilkan suatu karya.

Sayangnya bagi sebagian orang, berpikir kreatif terkadang jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi saat seseorang tidak dalam kondisi tenang, seperti ketika sedang dituntut untuk berpikir dan membuat keputusan secara cepat. Sebab tak bisa dipungkiri, untuk berpikir kreatif terkadang kita perlu adanya inspirasi.

Selain inspirasi, ternyata masih ada beberapa hal yang bisa membantu seseorang agar bisa berpikir kreatif. Apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan tentang kreativitas adalah salah satu kemampuan penting dalam hidup, berikut yang telah dirangkum dari liputan6.com.

 

1. Pengertian Kreativitas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta atau berkreasi. Oleh sebab itu, kreativitas jadi hal yang biasa dibutuhkan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan, termasuk menghasilkan karya. Selain dari KBBI, sejumlah hal juga mempunyai definisi sendiri mengenai kreativitas. Berikut beberapa pendapat ahli tentang kreativitas.

1) James J. Gallagher (1985)

Kreativitas adalah suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru, atau mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya.

2) Chaplin (1989)

Menurutnya kreativitas adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru menggunakan metode-metode baru.

3) Supriadi (1994)

Kreativitas adalah kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.

4) Semiawan (1997)

Kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.

 

2. Ciri-Ciri Kreativitas

Kreativitas seringkali diidentifikasikan sebagai suatu sifat dalam diri seseorang. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan seseorang mempunyai kreativitas dalam dirinya. Adapun beberapa ciri-ciri kreativitas adalah sebagai berikut.

1) Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan.

2) Menunjukkan rasa ingin tahu yang luar biasa.

3) Sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar.

4) Merumuskan dan mendefinisikan masalah.

5) Memainkan peran yang positif berpikir kreatif.

6) Suka mencoba.

7) Berani mengambil risiko.

8) Peka terhadap keindahan dan segi estetika dari lingkungan.

 

3. Tahap-Tahap Kreativitas

Dalam proses kreatif ternyata perlu melalui beberapa tahap. Dilansir dari liputan6.com, berdasarkan model Wallas, terdapat 4 tahapan dalam kreativitas. Adapun yang dimaksud keempat tahapan kreativitas adalah sebagai berikut.

1) Tahap Persiapan

Tahap persiapan menjadi salah satu tahap yang paling menentukan. Tahap ini dimulai dari pengenalan masalah, pengumpulan data informasi yang relevan, melihat hubungan antara hipotesis dengan kaidah-kaidah yang ada.

2) Tahap Inkubasi

Tahapan inkubasi disebut juga sebagai tahap istirahat. Tahap ini, meliputi masa penyimpanan informasi yang telah terkumpul. Kreativitas adalah hasil kemampuan pikiran dalam mengaitkan berbagai gagasan, menghasilkan sesuatu yang baru dan unik. Sehingga, informasi tang terkumpul akan dikaitkan dengan gagasan baru yang menghasilkan hal-hal baru dan unik.

3) Tahap Pencerahan

Tahap pencerahan yaitu tahapan saat inspirasi atau sebuah gagasan baru muncul dalam pikiran.

4) Tahap Pelaksanaan atau Pembuktian

Tahap keempat dari kreativitas adalah pelaksanaan atau pembuktian. Tahapan ini terjadi ketika seseorang dapat memunculkan ide atau gagasan baru, dan menyakinkan bahwa gagasan tersebut dapat diterapkan.

 

4. Perilaku Kreatif

Berdasarkan uraian mengenai tahapan di atas, kita tahu bahwa kreativitas seringkali membutuhkan proses yang panjang. Lebih mendetail Parnes (dalam Nursito: 2000) menyebut, terdapat lima macam perilaku manusia dalam melakukan proses kreatif. Adapun kelima perilaku kreativitas adalah sebagai berikut.

1) Originality (keaslian)

Originality atau keaslian merupakan kemampuan untuk memunculkan respons yang unik, khas, bahkan luar biasa.

2) Elaboration (keterperincian)

Elaboration (keterperincian) adalah kemampuan seseorang dalam menyatakan pengarahan ide secara terperinci untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan.

3) Flexibility (keluwesan)

Flexibility (keluwesan) merupakan kemampuan seseorang dalam menghasilkan berbagai macam ide guna memecahkan suatu masalah di luar kebiasaan.

4) Fluency (kelancaran)

Fluency (kelancaran) merupakan kemampuan seseorang dalam mengemukakan ide yang serupa untuk memecahkan suatu masalah.

5) Sensitivity (kepekaan)

Sensitivity (kepekaan) merupakan kepekaan menangkap dan menghasilkan masalah sebagai tanggapan terhadap suatu situasi.

Itulah di antaranya rangkuman tentang kreativitas adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang unik. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI