15 Jenis Ikan Laut Kaya Nutrisi, Sehatkan Tubuh dan Otak - Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Kamis, 22 Juli 2021 10:22 Penulis: Puput Saputro
15 Jenis Ikan Laut Kaya Nutrisi, Sehatkan Tubuh dan Otak - Baik Dikonsumsi Setiap Hari
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sebagai negara maritim, Indonesia diberkahi banyak kekayaan hasil laut. Dari laut masyarakat bisa memperoleh berbagai keuntungan, termasuk bahan makanan. Ikan laut adalah salah satunya. Tidak saja lezat, ikan laut juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Berbagai jenis ikan laut kaya nutrisi sangat baik untuk dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Dalam ikan laut, tersimpan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Adapun nutrisi yang banyak terkandung dalam ikan laut, antara lain vitamin D hingga omega-3 yang baik untuk otak. Sehingga, mengonsumsi ikan laut tak saja menyehatkan secara fisik, melainkan juga membantu meningkatkan kecerdasan.

Ikan laut mungkin memang sudah jadi konsumsi sehari-hari. Namun, barangkali masih ada di antara kita yang tak banyak mengenal apa saja jenis ikan laut yang kaya akan nutrisi. Untuk itu, simak ulasan mengenai ikan laut kaya nutrisi berikut yang telah dirangkum dari liputan6.com.

 

1. Tongkol

Tongkol jadi satu jenis ikan laut yang tentunya sudah tidak asing lagi. Ikan ini begitu mudah ditemukan di pasaran dan menjadi salah satu jenis ikan yang banyak ditangkap nelayan. Tongkol juga tergolong ikan laut yang harganya cukup ekonomis. Meski begitu, tongkol tetap mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan selenium.

2. Cakalang

Cakalang juga jadi jenis ikan laut kaya nutrisi yang tak kalah populer dibandingkan tongkol. Pasalnya, perairan laut Indonesia merupakan habitat bagi ikan cakalang. Hal ini membuat ikan ini bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Cakalang bisa tumbuh besar hingga ukuran 1 m dengan berat hampir 18 kg. Cakalang mempunyai kandungan omega-3 dan vitamin B kompleks yang melimpah.

3. Tenggiri

Ikan tenggiri sering diolah jadi berbagai makanan lezat khas nusantara seperti aneka kerupuk hingga siomay. Masih kerabat dengan ikan tongkol, ikan tenggiri juga punya kandungan nutrisi yang tak kalah banyak. Adapun nutrisi yang tersimpan pada daging ikan tenggiri antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin K, dan vitamin E.

 

4. Ikan Sarden

Di pasaran kita mungkin sering menjumpai ikan sarden dalam wujud yang sudah dikalengkan. Karenanya, ikan sarden sering dianggap sebagai bahan makanan yang cukup praktis untuk disimpan dan diolah. Ternyata sebelum dikalengkan, sarden juga tergolong jenis ikan laut kaya nutrisi. Ikan berukuran kecil ini menyimpan berbagai mineral, vitamin, hingga kandungan nutrisi lainnya seperti riboflavin dan niasin.

 

5. Teri

Teri mungkin jadi salah satu jenis ikan laut yang sudah jadi konsumsi masyarakat sehari-hari. Siapa sangka teri yang berukuran kecil tersebut ternyata menyimpan banyak sekali protein dan asam lemak omega-3. Di samping itu, teri juga banyak mengandung mineral seperti kalsium dan selenium. Dalam teri juga terdapat  vitamin B-12 dan B-6. Tak salah jika teri jadi salah satu jenis ikan yang cukup digemari.

 

6. Kakap

Ikan kakap punya rasa yang gurih dengan tekstur daging tebal tapi lembut. Kakap tergolong ikan laut yang mudah ditemukan di kawasan terumbu karang. Salah satu jenis kakap yang populer ialah kakap merah. Dalam daging ikan kakap merah yang tebal tersimpan protein, fosfor, dan vitamin B1.

 

7. Kerapu

Sama seperti kakap, kerapu juga tergolong jenis ikan yang bisa dijumpai di kawasan karang. Ada banyak jenis ikan kerapu, seperti kerapu balong, kerapu karang, kerapu lumpur, dan kerapu bebek. Setiap jenis ikan kerapu tersebut mengandung omega 3, seng, magnesium, fosfor, dan lemak sehat yang berguna untuk tubuh.

 

8. Ikan Kembung

Sama seperti tongkol dan teri, ikan kembung juga sudah jadi konsumsi masyarakat sehari-hari. Tak jauh beda dengan jenis ikan laut lainnya, ikan ini juga mengandung banyak nutrisi. Adapun nutrisi yang terdapat dalam ikan kembung antara lain vitamin C, B-6, B-12, kalsium, magnesium dan zat besi.

 

9. Belanak

Belanak merupakan salah satu jenis ikan yang ada di laut tropis dan subtropis. Ikan ini mempunyai bentuk yang hampir menyerupai bandeng. Ikan belanak kaya akan protein, vitamin B, selenium, yodium. Di samping itu, ikan belanak memiliki kadar lemak yang rendah.

 

10. Baronang

Ikan baronang jadi salah satu buruan favorit saat memancing di laut. Ikan jenis ini memakan rumput laut. Di Indonesia terdapat beberapa macam ikan baronang, yaitu sebagai Baronang susu, baronang lada, dan baronang angin. Ikan baronang termasuk ikan dengan kandungan vitamin A yang tinggi.

 

11. Layur

Ikan layur dikenal karena punya bentuk yang unik. Ikan laut yang satu ini mempunyai wujud pipih atau ramping dan memanjang. Ikan ini bisa ditemukan di kawasan perairan tropis hingga sedang. Ikan layur juga tergolong ikan yang mudah ditemukan di pasaran. Kerap dijadikan ikan asin, dalam ikan layur terdapat beberapa nutrisi seperti fosfor, zat besi, dan protein.

 

12. Ikan Kuwe

Ikan kuwe atau disebut juga dengan nama ikan kuwe gerong merupakan ikan yang bisa ditangkap di kawasan tropis Indo-Pasifik. Ikan ini punya bentuk dahi yang khas, yaitu tampak besar dengan warna tubuh keperakan semburat kuning. Ikan kuwe kaya akan protein dan asam lemak omega-3, kalsium, vitamin D, serta vitamin C.

 

13. Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal sebagai ikan yang punya kandungan nutrisi tinggi. Salmon terkenal akan sebagai salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 rantai panjang asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Jadi tak heran jika jenis ikan laut yang satu ini juga punya nilai jual tinggi.

14. Tuna

Ikan tuna hampir bisa ditemui di berbagai wilayah di seluruh dunia. Tak saja dalam keadaan segar, ikan ini juga banyak diproduksi dalam kemasan kalengan. Tuna memiliki daging berwarna merah muda sampai merah tua. Warna merah tersebut menunjukkan banyaknya kandungan myoglobin. Selain itu, tuna juga mengandung protein, kalium, dan cobalamin, vitamin B-6, Vitamin C, zat besi, magnesium, dan kalsium yang tinggi.

 

15. Ikan Kod

Ikan kod juga termasuk jenis ikan laut kaya nutrisi. Ikan kod mempunyai ciri fisik berupa kulit putih dan bersisik. Ikan kod merupakan makanan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B-12 yang bagus. Bahkan, hati ikan kod juga diproduksi menjadi minyak hati kod.

Itulah di antaranya 15 jenis ikan laut kaya nutrisi yang bisa dikonsumsi. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI