9 Cara Mengecilkan Perut Setelah Caesar Secara Alami yang Perlu Diketahui

Rabu, 21 Juli 2021 17:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
9 Cara Mengecilkan Perut Setelah Caesar Secara Alami yang Perlu Diketahui
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Melahirkan merupakan salah satu perjuangan berat bagi seorang ibu, entah itu secara normal atau caesar. Pasca melahirkan pun, selain bergelut dengan keseharian baru dalam mengurus bayi, terkadang ibu juga masih dipusingkan dengan bentuk badan yang berubah menjadi tak ideal, seperti kelebihan berat badan dan perut yang buncit. Oleh karena, wajar jika kalian kalian mencari cara mengecilkan perut setelah caesar.

Meski begitu, kalian perlu menentukan waktu yang tepat dalam menjalankan rencana penurunan berat badan. Cara mengecilkan perut setelah caesar tak boleh dieksekusi secara sembarangan. Pasalnya, caesar merupakan operasi besar yang memerlukan waktu penyembuhan. Jika memaksakan diri untuk melakukan metode penurunan berat badan sebelum benar-benar pulih, justru bisa menimbulkan masalah kesehatan yang membahayakan bagi kalian.

Kalian perlu melakukan konsultasi mengenai perkembangan kesembuhan dengan dokter sebelum melakukan beberapa latihan mengecilkan perut. Perhatikan sayatan bekas operasi dan rasa nyeri yang perlu disembuhkan terlebih dahulu. Setelah itu, kalian bisa menemukan waktu yang tepat untuk mengeksekusi beberapa cara mengecilkan perut setelah caesar yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

 

1. Cara Mengecilkan Perut Setelah Caesar Melalui Pola Makan

1. Pola Makan Sehat

Meskipun masa kehamilan sudah lewat, kalian tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi asupan tubuh serta asi bagi bayi. Makanan yang perlu kalian konsumsi, yaitu bahan yang berkalori rendah dan lemak rendah sebagai salah satu cara mengecilkan perut setelah caesar.

Namun, kalian tak perlu berlebihan dalam membatasi makanan yang masuk. Diet sehat dan seimbang perlu kalian perhatikan agar tubuh tak kekurangan asupan gizi, imun tetap kuat agar tak mudah terserang penyakit. Dukungan dalam menjalankan pola hidup sehat juga bisa kalian dapat dari suami atau anggota keluarga lain. Dengan begitu, manfaat dari pola makan sehat ini bisa didapat oleh semua anggota keluarga.

2. Atur Porsi Makan

Mengatur pori makan yang sedikit tapi sering merupakan salah satu cara mengecilkan perut setelah caesar. Cara ini akan efektif jika kalian lakukan secara konsisten. Cara ini merupakan pencegahan agar lemak tak tertimbun di dalam tubuh sehingga makanan yang dikonsumsi tak menyebabkan kegemukan.

Jika konsisten melakukan cara ini, kalian bisa menghindari diet ekstrem yang memang tak baik untuk diri kalian. Diet ekstrem hanya akan menyiksa dan mengundang masalah kesehatan lainnya.

3. Minum Banyak Air Putih

Meminum banyak air putih merupakan kunci kesehatan setiap orang, bukan hanya yang baru melahirkan. Bagi kalian yang baru melahirkan, cara ini bisa bermanfaat untuk melancarkan Asi. Selain itu, bisa untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membakar kelebihan lemak di sekitar perut dan pinggang. Itulah mengapa meminum banyak putih bisa dikatakan sebagai cara mengecilkan perut setelah caesar.

2. Cara Mengecilkan Perut Setelah Caesar Melalui Latihan

4. Yoga

Yoga boleh kalian lakukan setelah 6-8 minggu setelah melahirkan melalui operasi caesar. Selain itu, pastikan bahwa kalian telah mendapat izin dari dokter. Cara mengecilkan perut setelah caesar dengan yoga ini bisa kalian tempuh secara mandiri.

Namun, jika kalian seorang pemula, meminta bantuan instruktur bisa menjadi pilihan yang lebih aman. Kalian bisa mulai dengan latihan pernapasan agar tubuh terasa lebih rileks. Dengan begitu, yoga tak hanya bisa menjadi latihan mengecilkan perut, tapi juga bisa membantu mengatasi stres karena jadwal harian yang padat dalam mengurus bayi.

5. Latihan Pernapasan

Latihan ini bisa disebut sebagai teknik relaksasi. Meski ringan, ada efek hebat yang bisa kalian dapatkan sebagai cara mengecilkan perut setelah caesar karena latihan ini membantu melatih otot ini untuk bekerja secara maksimal. Terutama otot abdonimis transversal.

Caranya pun mudah dilakukan di rumah dengan terlentang di tempat tidur atau alas yang nyaman. Letakkan tangan di atas perut dengan tubuh yang rileks, kemudian ambil napas dalam melalui hidung dan rasakan perut yang mengembang. Saat menghembuskan napas melalui mulut, tarik pusar ke arah tulang belakang dan rasakan kontraksi otot perut kalian. Tahan gerakan itu selama 3 detik dan ulangi lima sampai sepuluh kali.

6. Latihan Postur Tubuh

Seorang ibu yang baru melahirkan secara caesar biasanya akan ada perubahan duduk karena kondisi tak nyaman dalam pemulihan pasca operasi. Hal tersebut menjadi alasan diperlukannya latihan untuk mengembalikan postur tubuh yang baik. Lalu apa hubungannya dengan cara mengecilkan perut setelah caesar?

Latihan postur tubuh dengan duduk tegak secara otomatis akan membuat perut yang buncit setelah melahirkan akan ramping. Cara ini disarankan sebagai latihan bagi seseorang yang melahirkan secara caesar, tapi boleh juga dilakukan oleh orang yang baru melahirkan secara pervaginam.

3. Cara Mengecilkan Perut Setelah Caesar Lainnya

7. Pijat

Pijat sebagai cara mengecilkan perut setelah caesar bisa kalian lakukan setelah pemulihan sekitar dua minggu. Pijat ini dipercaya bisa menghancurkan lemak di perut dan mengurangi cairan di kelenjar getah bening sehingga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang.

Namun, jika kalian ingin pijat lebih cepat atau empat minggu setelah melahirkan, hindari pijat di area perut. Cukup pada punggung, tangan, dan kaki saja.

8. Gunakan Korset/Stagen

Kepercayaan terhadap khasiat pemakaian korset atau stagen untuk mengencangkan perut setelah melahirkan telah ada sejak dahulu. Namun, untuk menggunakannya sebagai cara mengecilkan perut setelah caesar kalian perlu menunggu dua bulan setelah melahirkan karena menunggu luka jahitan agar benar-benar pulih.

Hal itu perlu benar-benar diperhatikan untuk menghindari komplikasi karena tekanan yang terlalu keras dari kain atau korset.

9. Menyusui

Selain mempunyai manfaat bagi bayi karena asupan makanannya terpenuhi dari ASI, seorang ibu juga bisa mendapat manfaat secara langsung bagi tubuhnya. Jika kalian merupakan ibu yang beruntung karena mampu mengeluarkan ASI dengan lancar, itu berarti kalian juga mendapat manfaat berupa berkurangnya 5000 kalori perhari dari tubuh. Hal itu membantu kalian untuk mengurangi berat badan secara alami.

Itulah cara mengecilkan perut setelah caesar yang bisa kalian tempuh setelah pulih dari bekas sayatan dan rasa nyeri pascaoperasi.

(Sumber: Theasianparent.com, Hamil.co.id)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI