15 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Balita, Baik Buat Pelengkap Nutrisi MPASI

Rabu, 04 Agustus 2021 20:22
15 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Balita, Baik Buat Pelengkap Nutrisi MPASI
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Sumber makanan tinggi zat besi bisa diperoleh dari berbagai jenis sayur, daging ataupun ikan. Terlebih bagi balita dan anak-anak, mencukupi kebutuhan nutrisi sehat termasuk zat besi perlu diperhatikan orangtua. Sebab manfaat zat besi untuk anak sangatlah baik serta dapat mendukung proses tumbuh kembang mereka.

Zat besi termasuk bagian dari nutrisi yang diperlukan tubuh. Umumnya zat besi sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sebab itulah jika tubuh kekurangan zat besi bisa jadi memicu sejumlah masalah kesehatan tertentu. Dalam hal ini anemia seringkali dikaitkan dengan gangguan kesehatan karena kekurangan zat besi.

Namun tak hanya itu saja, bagi balita, zat besi juga berperan penting dalam proses tumbuh kembang mereka di antaranya yakni mencegah stunting ataupun meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme.

Maka dari itu, berikut ini ada beberapa referensi makanan tinggi zat besi yang baik untuk balita perlu diketahui orangtua. Makanan tinggi zat besi tersebut bisa ibu tambahkan dalam menu MPASI anak untuk menjaga kesehatan tubuhnya tetap baik. Berikut ulasannya tentang makanan tinggi zat besi untuk balita telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Aneka Sayuran Hijau

Makanan tinggi zat besi untuk balita bisa diperoleh dalam berbagai jenis sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi. Umumnya sayuran hijau tersebut seringkali ditambahkan dalam menu sehat si kecil seperti bayam ataupun brokoli. Adapun beberapa sumber makanan tinggi zat besi untuk balita dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Brokoli

Brokili mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya seperti vitamin C, folat, vitamin A, kalsium, vitamin B6, termasuk sejumlah mineral seperti zat besi. Sehingga ibu bisa menjadikan brokoli sebagai pilihan sayuran sehat buat menu si kecil.

2. Bayam

Makanan tinggi zat besi berikutnya adalah bayam. Bayam umumnya sangat mudah diolah buat menu sehat si kecil. Berbagai kandungan nutrisi dan vitamin dalam bayam juga bermanfaat buat mendukung pertumbuhan dan kesehatan tubuh balita. Seperti kandungan zat besi yang cukup baik buat perkembangan anak dan mengontrol produksi hemoglobin.

3. Sawi

Makanan kaya zat besi yang baik bagi balita selanjutnya adalah sawi. Tak kalah menakjubkan, manfaat sawi juga cukup baik untuk menjaga kesehatan di keci. Sebab, sawi mengandung sejumlah nutrisi sehat seperti zat besi, kalsium, kalium, folat, protein yang bisa jadi pilihan menu sehat buat si kecil.

4. Kangkung

Sumber makanan kaya zat besi berikutnya adalah kangkung. Sayuran berdaun hijau ini mengandung zat besi yang juga cukup tinggi serta bermanfaat buat si kecil.  Di antara kandungan nutrisi dan vitamin dalam kangkung meliputi zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Sehingga ibu dapat menjadikannya salah satu pilihan menu sehat si kecil dengan berbagai olahan menggugah selera makan.

2. Makanan Kaya Zat Besi Sumber Hewani

Selain beberapa jenis sayuran berdaun hijau, makanan kaya zat besi juga dapat kalian temukan dalam beberapa produk hewani seperti daging merah, telur, ataupun hati. Adapun ulasannnya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini tentang makanan tinggi zat besi bersumber dari produk hewani.

5. Daging

Makanan kaya zat besi yang bersumber dari produk hewani salah satunya bisa kalian jumpai dalam daging. Seperti daging sapi, daging kambing, ayam, ataupun bebek sama-sama mengandung zat besi cukup tinggi. Sehingga ibu dapat menjadikan pilihan pelengkap MPASI buat si kecil. Namun agar lebih sehat, hindari memilih daging dengan banyak lemak. Penting juga agar ibu mengolah daging benar-benar lembut dan mudah dicerna si kecil.

6. Telur

Makanan tinggi zat besi berikutnya yang bisa ibu peroleh dari sumber hewani adalah telur. Tidak diragukan lagi telur mengandung protein cukup tinggi. Selain protein, telur juga mengandung zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan anak. Sebab itulah tidak ada salahnya bagi ibu menjadikan telur sebagai salah satu referensi menu sehat kaya kandungan zat besi.

7. Hati

Kandungan zat besi dalam hati ayam ataupun sapi bisa membantu mencukupi kebutuhan asupan nutrisi si kecil. Tidak heran jika hati ayam atau sapi cukup familiar ditambahkan dalam menu MPASI. Meski begitu ibu perlu memperhatikan porsi sumber makan hati ayam atau sapi agar tidak berlebihan. Sehingga akan lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan si kecil.

3. Makanan Kaya Zat Besi dari Aneka Seafood

Beragam jenis seafood juga mengandung zat besi cukup tinggi yang baik untuk balita. Adapun ulasannya dapat kalian simak sebagai berikut.

8. Kerang

Makanan tinggi zat besi yang baik buat balita selanjutnya adalah kerang. Kerang termasuk sejenis seafood yang diketahui cukup aman untuk dikonsumsi anak. Salah satunya kandungan zat besi tinggi dalam kerang yang bermanfaat baik buat si kecil. Namun ibu juga penting memperhatikan agar anak benar-benar tidak memiliki riwayat alergi makanan laut serta mengolahnya dengan benar dan tepat.

9. Ikan Tuna

Makanan tinggi zat besi buat balita yang juga bersumber dari sejenis seafood adalah ikan tuna. Ikan tuna mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang bermanfaat buat anak. Di antaranya seperti omega-3, zat besi, vitamin B, vitamin D dan sejumlah nutrisi lainnya. Untuk itulah ikan tuna termasuk ke dalam makanan tinggi zat besi yang baik buat anak.

10. Ikan Salmon

Tak kalah memiliki manfaat menakjubkan, salmon juga mengandung zat besi cukup tinggi. Sehingga ikan salmon bisa jadi salah satu menu pilihan buat MPASI. Namun ibu juga perlu memperhatikan porsi pemberian makanan ikan salmon buat anak agar tidak berlebihan.

11. Udang

Makanan tinggi zat besi yang juga bermanfaat buat balita adalah udang. Sebab udang mengandung sejumlah mineral seperti fosfor, magnesium, tembaga, selenium dan beberapa jenis vitamin. Udang bisa ibu tambahkan dalam menu MPASI. Pastikan bahwa ibu memilih udang yang benar-benar masih segar buat si kecil.

4. Makanan Tinggi Zat Besi Bersumber Kacang-Kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, kacang merah juga cukup baik buat mencukupi nutrisi anak. Adapun ulasannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini tentang makanan tinggi zat besi bersumber dari kacang-kacangan.

12. Kacang Polong

Kacang polong termasuk salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Sebab itulah, kacang polong juga baik untuk MPASI si kecil. Di antara nutrisi lainnya dalam kacang polong meliputi vitamin A, C, K, kalium, kalsium, fosfor, zinc, protein ataupun karbohidrat.

13. Edamame

Kacang kedelai juga tak kalah luar biasa menakjubkan memiliki manfaat baik buat kesehatan balita. Sebab, kandungan zat besi dalam kacang kedelai ini diketahui cukup tinggi dilengkapi pula beberapa vitamin dan nutrisi tambahan yang mendukung tumbuh kembang anak.

14. Kacang Merah

Makanan tinggi zat besi yang baik buat balita juga bisa ibu temukan dalam kacang merah. Sebab kacang merah mengandung beberapa nutrisi sehat seperti fosfor, kalsium, serat, kalium, folat, vitamin B, vitamin C serta yang utama adalah zat besi. Untuk itulah tidak ada salahnya buat ibu menjadikan kacang merah sebagai pilihan menu MPASI.

15. Tahu Dan Tempe

Olahan makanan dari kacang-kacangan ini juga baik buat balita. Sebab memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk si kecil. Ibu dapat mengolah beragam menu menarik dan enak buat MPASI si kecil berbahan tahu ataupun tempe.

5. Manfaat Zat Besi untuk Anak

Setelah mengetahui apa saja sumber makanan kaya zat besi yang baik buat balita, perlu juga memahami manfaat zat besi buat anak. Selain membantu proses produksi hemoglobin dalam tubuh, manfaat zat besi juga cukup beragam buat pertumbuhan di kecil. Berikut ulasannya tentang manfaat zat besi untuk anak.

- Meningkatkan metabolisme si kecil.

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

- Mencegah stunting atau berat badan di bawah angka normal.

- Meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

- Mencegah anemia.

- Berpengaruh pada kecerdasan anak sehingga mendukung perkembangan motorik mereka.

6. Jumlah Asupan Zat Besi untuk Anak

Jumlah asupan zat besi buat anak disesuaikan dengan tingkat usia mereka. Sehingga tidak semua anak memiliki porsi serupa terkait dengan kebutuhan asupan zat besi. Adapun jumlah asupan zat besi anak dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Jumlah asupan zat besi buat anak usia 0-6 bulan sekitar 0,3 mg/hari yang diperoleh dari ASI ibu.

- Jumlah asupan zat besi buat anak usia 7-11 bulan sekitar 7-11 mg/hari.

- Jumlah asupan zat besi buat anak 1-3 tahun sekitar 7 mg/hari.

- Jumlah asupan zat besi buat anak 4-8 tahun sekitar 10 mg/hari.

7. Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Tentang Asupan Nutrisi Zat Besi dalam MPASI

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu agar kebutuhan asupan zat besi bisa optimal. Berikut ini ulasannya tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ibu terkait kebutuhan asupan zat besi anak bersamaan dengan pemberian MPASI.

- Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin lainnya seperti vitamin C untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh si kecil.

- Membatasi pemberian susu formula sebelum usianya dan sesuaikan porsinya tidak lebih dari 700 ml/hari jika telah memasuki usia di atas 1 tahun.

- Pastikan pemberian MPASI yang mengandung makanan kaya zat besi tidak bersamaan dengan susu agar penyerapannya lebih optimal.

Nah itulah 15 makanan tinggi zat besi untuk balita, baik buat pelengkap nutrisi MPASI. Konsultasi dengan dokter bisa dilakukan agar kebutuhan gizi dan nutrisi anak benar-benar terpenuhi.

Sumber: halodoc.com, alodoketr.com, liputan6.com, ibudanbalita.com

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI