20 Metode Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Biar Tampil Secantik Selebriti

Selasa, 04 Juni 2019 12:11 Penulis: Wuri Anggarini
20 Metode Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Biar Tampil Secantik Selebriti
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Masih sering dibikin galau dengan pertanyaan “bagaimana cara menghilangkan jerawat?”. Tenang, kamu nggak sendirian karena masih banyak orang lain di dunia ini yang juga menghadapi permasalahan yang sama. Sekilas, benjolan kecil berwarna kemerahan ini terlihat sepele. Tapi, kalau dibiarkan begitu saja bisa bikin penampilan jadi kurang oke. Jadi, apa saja sih cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara ampuh?

Berdasarkan penelitian medis, kacang bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya jerawat di wajah. Masalah kulit ini bisa terjadi saat folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal ini ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan berwarna merah pada wajah, leher, dada, hingga punggung.

Selain itu, jerawat juga merupakan penyakit yang wajib diwaspadai oleh anak-anak muda jaman sekarang. Ada banyak kasus penyakit ini muncul saat masa puber dan bisa berlanjut hingga mencapai usia 30 tahunan. Lebih parah lagi kalau penderitanya punya kulit berminyak yang membuat jerawatan makin parah.

Pengen tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat? Jangan khawatir. Selain dengan menggunakan obat-obatan, ada banyak penanganan alternatif yang bisa kamu lakukan. Simak 20 hal yang bakal menjawab pertanyaan bagaimana cara menghilangkan jerawat biar tampil cantik seperti selebriti.

1. Baking Soda

©Pexels©Pexels

Baking soda bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara mudah. Bahan ini bisa didapatkan di toko-toko terdekat, terutama toko kue. Nggak hanya sukses tuntaskan jerawat biasa, baking soda juga bisa diandalkan untuk hilangkan jerawat batu dengan cepat. Kandungan kimia yang dimiliki oleh baking soda bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit, sekaligus menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk membantu proses penyembuhan jerawat.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan baking soda? Pertama, campurkan dua sendok makan soda kue dengan air, aduk hingga mengental. Setelah itu gunakan ramuan soda kue ini untuk diaplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan muka dengan menggunakan air hangat. Kalau setelah pakai masker baking soda, wajah jadi terasa kering, pakai moisturizer wajah.

2. Madu

Madu sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai makanan yang punya banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Untuk mengobati jerawat kamu membutuhkan madu murni, tanpa campuran. Kandungan antibakteri di dalamnyanya efektif sembuhkan luka, sekaligus juga hilangkan jerawat.

Nggak perlu bingung mencari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan madu. Cukup ambil 1-2 sendok makan madu, letakkan di sebuah wadah, lalu hangatkan terlebih dahulu selama 30 detik dengan menggunakan microwave. Saat masih hangat, oleskan madu ke wajah lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas muka dengan menggunakan air agar kembali bersih.

3. Alpukat dan Madu

Alpukat dan madu bisa kamu gunakan untuk atasi masalah bagaimana cara menghilangkan jerawat secepatnya dengan aman dan mudah. Bahan-bahan alami ini mengandung banyak manfaat. Kandungan vitamin E pada alpukat, serta sifat anti-bakteri yang dimiliki madu bakal membantumu mendapatkan wajah bersih terawat dan bebas jerawat.

Penasaran dengan bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan alpukat dan madu agar penampilan lebih menarik? Caranya gampang kok. Gunakan setengah bagian alpukat untuk dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan madu dan campurkan hingga merata. Pakai masker ini pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Agar hasilnya maksimal, biarkan masker alpukat dan madu meresap ke dalam pori-pori kulit selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

4. Yoghurt dan Madu

©Pexels©Pexels

Nggak hanya alpukat aja yang berkhasiat obati jerawat saat ditandemkan dengan madu. Yoghurt pun juga jadi senjata ampuh untuk bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Kandungan bakteri baik, asam laktat, serta asam alfa hidroksi pada yoghurt dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori, sekaligus penyebab jerawatan.

Untuk obati jerawat, campurkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan yoghurt. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada wajah. Setelah didiamkan selama 15 menit, masker yoghurt dan madu pun siap dibilas dengan air hangat.

5. Lemon

Nggak sulit dapetin lemon. Buah dengan rasa asam dan berkulit kuning cerah ini bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Dalam setiap buah lemon terkandung senyawa asam askorbat-L yang bermanfaat melawan peradangan pada kulit berjerawat. Selain itu lemon bekerja ganda bersihkan pori-pori wajah dari sumbatan minyak, sekaligus bikin muka jadi terlihat lebih cerah.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan lemon? Mudah saja, kok. Tinggal siapkan satu buah, potong dan peras untuk dapatkan sari-sarinya. Kemudian gunakan perasan tersebut untuk dioles pada wajah dan diamkan selama 15. Setelah perasan lemon meresap, bilaslah muka dengan menggunakan air hangat.

6. Jeruk Nipis

©Pexels©Pexels

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat kalau di rumah nggak ada lemon, cuma tersedia jeruk nipis? Tetap bisa, kok. Seperti saudaranya, jeruk nipis juga punya khasiat yang sama dengan lemon. Nggak pake ribet obati jerawat dengan jeruk nipis. Tinggal iris jadi dua bagian, lalu peras dan campur dengan dua sendok makan madu. Setelah itu gunakan masker tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kalau sudah, bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Pisang dan Kunyit

Pisang dan kunyit bisa jadi lethal combination yang efektif usir jerawat membandel. Sebagai catatan, pisang punya kandungan seperti antioksidan, potasium, dan vitamin E. Zat-zat ini juga bermanfaat bikin kulit jadi lembap dan cerah. Selain itu pisang juga punya zat lektin yang mampu melawan bakteri-bakteri membandel penyebab jerawatan.

Kebaikan-kebaikan yang dimiliki pisang tersebut bakal makin kompak musnahkan jerawat kalau dikombinasi dengan kurkumoid yang dimiliki oleh kunyit, salah satu andalan untuk redakan radang secara alami.

Ramuan obat jerawat ini bisa kamu buat dengan sebuah pisang yang dihaluskan. Setelah itu tambahkan bubuk kunyit dan soda kue, masing-masing setengah sendok makan. Gunakan campuran atau masker tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

8. Bawang Putih

Buat penggemar nasi goreng pasti nggak asing dengan bawang putih. Bumbu dapur ini bisa mengubah nasi putih dan tawar kamu menjadi lezat dan gurih dalam sekali masak. Nggak hanya sebagai penyedap masakan, kamu yang bingung bagaimana cara menghilangkan jerawat juga bisa andalkan bawang putih karena punya sejuta manfaat kesehatan karena merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, serta antiseptic.

Dalam membuat masker bawang putih untuk atasi jerawat, siapkan satu siung bawang putih. Kamu bisa langsung iris dan gosokkan bawang putih pada jerawat, atau dihaluskan terlebih dahulu lalu dioleskan pada bagian yang mengalami radang. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas bekas gosokan atau masker bawang putih dengan menggunakan air hangat.

9. Tomat

©Pexels©Pexels

Merahnya tomat nggak hanya segar saat dipandang mata. Buah ini juga punya kandungan vitamin A dan C yang bisa dimanfaatkan kebaikannya untuk atasi jerawat membandel.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan tomat? Ada dua metode, yaitu tinggal iris dan tempelkan di wajah. Bisa juga dengan menghaluskan tomat terlebih dahulu untuk diaplikasikan secara merata pada bagian muka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya mudah ditemukan karena merupakan salah satu tumbuhan daerah tropis. Kalau nggak punya, bisa coba cari di tetangga-tetangga yang menanamnya. Tanaman yang juga populer sebagai campuran minuman ini punya kandungan senyawa aktif bernama polifenol. Zat ini berguna bagi kesehatan manusia sebagai anti-bakteri.

Karena jerawat berasal dari bakteri yang menginfeksi sumbatan pada pori-pori kulit, lidah buaya bisa kamu manfaatkan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan mengambil bagian daging lidah buaya, kemudian haluskan hingga berbentuk gel. Pakai ramuan tersebut untuk dioleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

11. Mentimun

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan mentimun? Sayuran yang sering dipakai sebagai teman makan lalapan ini bisa melakukannya. Di setiap irisannya terkandung vitamin A, B, dan C, serta mineral-mineral penting bagi kesehatan wajah, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Di samping itu, sensasi dingin yang diberikan oleh mentimun juga berguna untuk meredakan radang, sekaligus meminimalisir serangan jerawat. Selain dengan hasil blender, kamu juga bisa aplikasi irisan-irisan mentimun pada wajah. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

12. Kulit Jeruk

©Pexels©Pexels

Kalau jerawatan, jangan buang sisa-sisa buah jeruk yang kamu makan. Kamu bisa manfaatkan untuk bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk. Ternyata, bekas kupasan tersebut masih mengandung banyak vitamin A dan C, antioksidan, serta flavonoid. Kulit jeruk ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka, membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sekaligus membuat wajah kusam jadi lebih cerah.

Setelah makan jeruk, keringkan kulit jeruknya di bawah sinar matahari. Tumbuk hingga menjadi bubuk, lalu campurkan dengan air secukupnya. Gunakan masker kulit jeruk tersebut secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

13. Pasta Gigi

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah? Cobalah untuk menggunakan pasta gigi. Kandungan kandungan hidrogen, fluorin, dan triclosan-nya bermanfaat untuk mencegah terjadinya kulit iritasi, sekaligus mengeringkan radang yang diakibatkan jerawat. Cukup ambil dan oleskan pasta gigi pada bagian yang jerawatan dan diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

14. Putih Telur

Penasaran dengan bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan putih telur? Asal tahu saja, pada putih telur terdapat kandungan enzim lysozim yang bermanfaat hancurkan dinding-dinding sel bakteri penyebab jerawat. Selain itu putih telur juga mengurangi minyak berlebih dan kecilkan pori-pori sehingga membantu meredakan jerawat.

Setelah dipisahkan dengan bagian kuningnya, kocok putih telur hingga mengembang. Supaya nggak terganggu dengan bau amisnya, campurkan putih telur dengan air perasan lemon atau jeruk nipis. Pakai masker bikinanmu ini secara merata pada wajah. Diamkan 15 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

15. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, antioksidan yang dimiliki buah dengan rasa manis ini juga bermanfaat mencerahkan kulit wajah, sekaligus meredakan radang yang diakibatkan oleh jerawat.

Cara pemakaiannya, potong dan haluskan pepaya dengan menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan madu atau lemon. Oleskan ramuan ini pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

16. Daun Pepaya

©Pexels©Pexels

Selain dengan daging buah, kamu juga bisa manfaatin daun pepaya untuk bebaskan diri dari jerawat. Daun pepaya yang terkenal pahit ini pun dapat menjadi salah satu option untuk menghilangkan jerawat membandel. Senyawa kaprpain yang terkandung di dalamnya ampuh membunuh mikro organisme yang tidak diinginkan kulit.

Petik beberapa lembar daun pepaya lalu keringkan di bawah sinar matahari. Setelahnya, tumbuk daun pepaya kering hingga halus. Tambahkan air pada hasil tumbukan dan aduk hingga menjadi masker. Oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

17. Cuka Apel

Cuka apel punya kandungan asam asetat dan anti mikroba yang siap bantu kamu atasi masalah jerawat. Tinggal basahi kapas dengan cairan cuka apel, secukupnya. Gunakan kapas basah tersebut untuk dioleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu gunakan air basah untuk membasuh muka. Untuk hasil yang maksimal, pakai metode ini sebelum tidur. Biarkan semalaman lalu bersihkan muka di pagi hari.

18. Es Batu

©Pexels©Pexels

Bulan Ramadan, pasti seger banget kalo berbuka bareng segelas sirup dingin yang dicampur es batu. Kalau ada sisa bisa kamu gunakan untuk melawan jerawat. Sensasi dingin yang kamu dapatkan dari es batu bisa membantu entengkan radang penyebab nongolnya jerawat, sekaligus melancarkan peredaran darah yang membantu meredakan jerawat membandel. Untuk penggunaannya, bungkus es batu dalam kain lalu letakkan pada bagian jerawat yang mengganggu.

19. Uap

Jerawat timbul karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan kotoran. Supaya pori-pori kembali terbuka dan bernapas lega, gunakan uap dari air panas. Caranya, tampung air mendidih pada satu wadah. Dekatkan wajah pada wadah tersebut sehingga terkena uap air. Lakukan terapi ini selama lima menit agar pori-pori kulit jadi terbuka dan mengeluarkan kotoran-kotoran yang terjebak di dalamnya.

20. Tea Tree Oil

Tea tree oil termasuk salah satu bahan yang ampuh mengatasi jerawat yang membandel. Bahan yang satu ini memiliki kandungan antibakteri yang bekerja efektif mencegah pertumbuhan jerawat yang mengganggu penampilan. Menurut riset, tree tea oil ini sendiri kaya akan zat terpinene-4-ol yang membuat cara menghilangkan jerawat jadi lebih efektif dibandingkan dengan bahan lainnya.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan tree tea oil? Gampang banget kok. Oleskan tea tree oil di area wajah yang memiliki masalah jerawat. Jangan lupa bersihkan wajah terlebih dulu sebelumnya. Biarkan selama 20 menit lalu bilas wajah dengan air bersih.

Itulah 20 metode tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Yuk, coba metode-metode di atas untuk sembuhkan jerawatmu. Biar bisa tampil menarik secantik selebriti favorit!

 

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI