25 Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun yang Harus Diketahui Millennials!

Senin, 28 Januari 2019 05:02 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
25 Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun yang Harus Diketahui Millennials!
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Namanya memang sudah begitu termasyhur di dunia kecantikan maupun kesehatan, bahkan sejak zaman Romawi Kuno. Minyak zaitun dibuat dari tanaman asli mediterania yang dipercaya punya banyak sekali kandungan baik. Dalam tiap 100 mililiter, kandungannya memiliki 884 kalori dan 100 gram lemak yang amat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu masih ada juga nutrisi lain seperti vitamin E, K, zat besi, omega 9 dan omega 6.

Jadi penasaran kan ingin tahu lebih banyak tentang manfaat minyak zaitun? Simak yuk, 25 manfaat minyak zaitun berikut!

1. Menghindarkan Kamu dari Depresi

(c) shutterstock(c) shutterstock

Berbagai permasalahan yang dihadapi tiap hari, memiliki potensi tinggi untuk membuatmu terserang depresi. Selain harus pandai menjaga kondisi mental dan psikis, aspek lain yang juga tak boleh dilupakan adalah membantu pencegahannya dengan cara lain. Misalnya saja, kamu dapat menambahkan minyak zaitun ke masakan harian yang dikonsumsi.

Kebiasaan di atas menurut penelitian sangat ampuh untuk membantumu mengatasi depresi. Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, minyak zaitun memiliki kandungan polyphenos yang berfungsi untuk melindungi otak dari aneka bahan kimia yang masuk ke tubuh melalui makanan. Dengan begitu, suasana hati dijamin jadi lebih baik kamu jadi mudah tersenyum. Konsumsinya sendiri dianjurkan setiap pagi, sebanyak 1,5 sendok makan saja.

Selain terhindar dari depresi, kebiasaan di atas juga ampuh lho untuk mencerdaskan otak. Di dalam zaitun terdapat nutrisi penting polifenol yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan kecerdasan otak sekaligus daya ingat. Tak hanya itu, gangguan pada otak pun disinyalir akan ternetralisir, dan kamu dapat terhindar dari risiko terkena Alzheimer di usia muda. Lebih jauh tentang penyebab depresi, bisa kamu lihat di 6 gejala depresi yang wajib kamu tahu!

2. Mengendalikan Kolesterol Tubuh

Minyak zaitun memiliki kandungan campuran antara antioksidan yang mampu mengurangi jumlah kolesterol jahat dan tetap mempertahankan kolesterol baik. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun minimal dua sendok makan tiap hari. Untuk yang ini, kamu bisa memvariasikannya sendiri, lho. Misalnya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan salad atau memakainya sebagai minyak untuk menggoreng serta menumis sayuran.

3. Pencegahan Kanker

(c) shutterstock(c) shutterstock

Mereka yang gemar mengonsumsi minyak zaitun ternyata mempunyai risiko lebih kecil terkena kanker payudara. Sebuah studi pernah dilakukan oleh University of Navarra di Pamplona. Hasilnya menyebutkan jika risiko terkena kanker payudara lebih rendah 62% apabila seseorang terbiasa menambahkan minyak zaitun pada makanan.

Penelitian lain, jurnal Molecular and Cellular Oncology pun pernah menerangkan jika di dalam minyak zaitun terkandung zat sehat bernama oleocanthal. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, zat tersebut akan bekerja untuk memecah inti sel atau lisosom dan mengeluarkan protein baik guna membunuh sel kanker dari lemak jenuh makanan yang kurang sehat.

4. Penghasil Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Makin luar biasa karena minyak zaitun juga berfungsi sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Kemudian kandungan tersebut juga dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh dan antiinflamasi. Dengan begitu beragam penyakit berbahaya seperti kardiovaskular, diabetes, dan arthritis dapat dicegah.

Namun ada satu hal yang mesti jadi perhatian kamu. Perlu diketahui jika kadar antioksidan pada zaitun dapat mengalami penurunan bila disimpan selama lebih dari setahun. Jadi, pastikan jangan sampai melebihi periode tersebut, ya.

5. Membantu Pencegahan Stroke

(c) shutterstock(c) shutterstock

Stroke dialami ketika pasokan darah menuju bagian otak terganggu. Dampak buruknya adalah beberapa sel otak mengalami kelumpuhan. Tanpa bantuan kinerja darah, otak jadi tak punya asupan nutrisi yang mumpuni. Akibatnya, sel-sel yang berada di sana dapat mengalami malnutrisi hingga kematian. Perlu diketahui jika seringnya gejala stroke menyerang hanya satu sisi bagian tubuh saja. Gejalanya tiba-tiba sakit kepala dan mengalami kehilangan keseimbangan. Kondisi tersebut bakal memburuk dalam tempo 24 sampai 72 jam saja, KLovers.

Guna menanggulangi kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun yang memiliki kemampuan menangkal lemak jahat penyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, minyak zaitun amat disarankan untuk menjadi salah satu resep pola diet. Agar kinerja manfaat zaitun tersebut makin efektif, akan lebih baik apabila konsumsinya disertai pula dengan diet seimbang dan pengurangan terhadap asupan garam serta lemak jenuh.

Ingin tahu cara lain yang juga sangat ampuh untuk mencegah stroke? Cek di sini!

6. Mencegah Penyakit Jantung

(c) shutterstock(c) shutterstock

Minyak zaitun diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi secara drastis kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, zat tersebut pun bisa memberikan asupan nutrisi penting guna perkembangan dan kontrol sel dalam tubuh. Zaitun juga memiliki kandungan senyawa fenolik bernama polifenol yang dapat melindungi jantung sehingga risiko terkena serangan jantung dan sindrom metabolik dapat diminimalisir.

Penyakit jantung sendiri terjadi ketika organ tersebut mengalami bermacam gangguan, seperti pembuluh darah, irama, katup, atau gangguan akibat bawaan lahir. Gejala yang dialami juga bermacam tergantung pada jenisnya. Pada pria, sering kali muncul nyeri pada bagian dada, sedangkan pada wanita gejalanya seperti mual, sesak, dan kelelahan kronis yang tiba-tiba.

Penyakit yang satu ini mesti diwaspadai, karena bahkan di Amerika ia menjadi penyebab kematian nomor satu dan di seluruh dunia jumlah penderitanya terus bertambah. Beberapa penyebabnya pun mesti segera diketahui agar tindakan pencegahannya bisa dilakukan sedini mungkin. Di antaranya, riwayat keluarga, diabetes, merokok, tekanan darah tinggi, kegemukan, stres, hingga pola hidup yang kurang baik.

7. Menghilangkan Stretch Mark

Terkadang guratan pada kulit yang muncul akibat perubahan berat badan atau pasca kelahiran bikin seseorang jadi kurang nyaman dan percaya diri. Gejala kulit seperti ini disebut stretch mark dan untuk mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk mengoleskan krim. Padahal, mesti diketahui apabila problem tersebut bisa diatasi menggunakan minyak zaitun lho, KLovers.

Ingin tahu caranya? Yang perlu kamu lakukan hanya memanaskan minyak zaitun selama 2-3 menit di atas sendok makan. Kemudian oleskan pada stretch mark dan pijat secara melingkar. Efeknya, sirkulasi darah pada bagian tersebut akan lebih lancar dan apabila dilakukan secara rutin, perlahan stretch mark bakal memudar hingga hilang tak berbekas.

Namun begitu, stretch mark merupakan kondisi yang sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan. Ada juga cara yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah munculnya stretch mark. Misalnya saja dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, karena ini merupakan kunci elastisitas kulit. Selain itu, penting juga untuk rutin mengonsumsi bermacam bahan makanan yang mengandung vitamin C dan zinc.

8. Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

(c) shutterstock(c) shutterstock

Bukan hanya stretch mark, yang lebih berisiko mengikis rasa percaya diri adalah keberadaan di wajah. Tak perlu merasa sebal karena untuk menghilangkannya pun ternyata tidak sulit: cukup gunakan minyak zaitun! Yup, minyak esensial yang satu ini memiliki beragam manfaat luar biasa, salah satunya mengatasi serta menghilangkan bekas jerawat.

Langkah yang mesti kamu lakukan dengan rutin sederhana saja, kok. Pijat kulit wajah yang sudah dibersihkan secara melingkar dengan minyak zaitun. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Kebiasaan tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati penyumbat pori-pori yang mengakibatkan kamu jerawatan. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya pun ampuh untuk menyeimbangkan minyak di wajah.

9. Mengatasi Komedo Berlebihan pada Kulit

Bukan hal yang berlebihan apabila zaitun disebut-sebut sebagai obat alami untuk mengatasi komedo berlebihan pada kulit. Minyak esensial yang satu itu memiliki fungsi luar biasa untuk merapatkan pori-pori kulit dengan menyerap kotoran. Makin menyenangkan karena cara yang bisa dilakukan pun cukup mudah, kok.

Pertama, siapkan zaitun secukupnya dan bersihkan wajah dengan air hangat dengan tujuan agar pori-pori kulit terbuka. Setelah itu oleskan zaitun pada wajah dan biarkan sampai kering. Setelah itu baru keringkan wajah dengan handuk bersih. Lakukan setiap malam dan lihat sendiri efeknya, KLovers!

Banyak yang berpikir jika komedo selalu berwarna hitam. Faktanya tak selalu begitu, KLovers! Sebagian besar memang berwarna gelap, tapi ada juga yang putih, kuning, dan cokelat. Apapun warnanya, harus disadari jika komedo juga merupakan cikal-bakal munculnya jerawat, yang diakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit.

10. Menyehatkan dan Membersihkan Hati

(c) shutterstock(c) shutterstock
(c) shutterstock

Hati merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh. Fungsinya memang luar biasa, di mana ia punya peran untuk menetralisir racun, mengatur hormon, dan beragam komposisi darah seperti protein, gula, dan lemak. Maka dari itu amat penting untuk menjaga hati tetap bersih dengan rutin melakukan detoksifikasi untuk menetralisir bermacam kandungan dan racun yang membahayakan kesehatan tubuh.

Kabar gembiranya, detoksifikasi hati ternyata bisa dilakukan menggunakan minyak zaitun. Langkah yang bisa kamu lakukan, coba campur 2 sendok zaitun dan jus lemon. Konsumsi secara rutin setiap hari. Meskipun sederhana, cara ini dijamin ampuh untuk menyehatkan serta membersihkan hatimu. Selain itu, minyak esensial ini juga mampu membantu tubuh dengan menyerap beragam toksin demi meringankan kerja hati.

11. Melancarkan Peredaran Darah

(c) shutterstock(c) shutterstock

Zaitun dikenal memiliki kemampuan untuk memperbaiki fungsi kolesterol baik atau HDL (High-Density Lipoprotein). Dengan begitu, minyak ini punya kemampuan untuk membersihkan pembuluh darah arteri yang mengalami penyumpatan. Antioksidan dalam zaitun bakal mengikat partikel HDL dan memberikan perlindungan dari beragam serangan. Aliran darah jadi lebih lancar dan punya tubuh sehat tanpa kolesterol jahat bukan lagi sekadar impian.

Seringkali aliran darah yang terhambat pun disebabkan tumpukan kolesterol yang tinggi. Efek negatifnya bisa bermacam, seperti stroke, penyakit jantung, dan yang paling menonjol tubuh tak bisa ternutrisi dengan baik. Manfaatkan zaitun dan biarkan lemak-lemak yang menempel pada dinding sistem peredaran darah dihancurkan. Dengan begitu metabolisme tubuh tak lagi terhambat.

12. Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis


(c) shutterstock(c) shutterstock
(c) shutterstock

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Madrid, Spanyol, selama dua tahun. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi zaitun secara rutin terbukti dapat menghasilkan osteocalcin. Inilah senyawa protein yang dihasilkan oleh sel-sel tulang. Jika kadarnya tinggi mengindikasikan jika kesehatan tulang sedang berada dalam kondisi terbaik.

Selain itu, osteocalcin pun memiliki efek luar biasa untuk mencegah terjadinya resistensi insulin. Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah. Keadaan saat kepadatan tulang mengalami penurunan biasanya akrab disebut dengan osteoporosis. Jangan sampai menyerangmu, ya!

13. Menghindari Peradangan Kulit

(c) shutterstock(c) shutterstock

Antioksidan yang terkandung dalam zaitun tak hanya mampu membuatnya jadi penangkal akan serangan-serangan bermacam penyakit. Namun, juga membawa efek positif untuk menghindarkan kamu dari peradangan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dengan begitu, terjadinya pengerutan serta penuaan dini dapat dihindari. Tak berhenti sampai di situ, zaitun juga dapat berperan sebagai anti inflamasi. Efek positifnya, bermacam gangguan kulit seperti terbakar matahari, gatal-gatal, dan kulit sensitif pun dapat teratasi!

14. Mengangkat Kotoran di Telinga

Tentu kamu pernah merasa kurang nyaman saat kondisi telinga kurang bersih? Tak perlu bingung tentang bagaimana cara membersihkannya, karena ternyata dalam kasus ini kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun. Lantas bagaimana caranya? Mudah, cukup teteskan minyak zaitun ke dalam telinga dan tunggu kira-kira lima menit. Untuk mendapatan hasil yang maksimal, lakukan treatment ini secara rutin setiap hari.

15. Mengembalikan Warna Bibir

(c) shutterstock(c) shutterstock

Memiliki bibir dengan warna merona tentu menjadi impian banyak orang, khususnya kaum wanita. Tak bisa dipungkiri jika warna bibir seperti itu akan makin menambah rasa percaya diri. Jika ingin mewujudkannya, tak perlu terus-menerus pakai lipstik, kok. KLovers bisa mengandalkan minyak zaitun! Lagi-lagi yang perlu kamu lakukan hanya membasuh bibir dengan minyak zaitun. Setelah itu pijat ringan dengan perlahan.

Atau cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh gula dengan minyak zaitun. Campurkan dan segera oleskan ke bibir. Lakukan secara berturut-turut selama dua minggu dan perhatikan sendiri perubahannya.

16. Menebalkan Alis

Minyak esensial luar biasa ini juga bisa jadi senjata andalan kamu untuk mempertebal alis, lho. Hal ini disebabkan, zaitun memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin A dan E. Fungsinya adalah untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Lebih detailnya, vitamin A memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi sebum yang merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan vitamin E berfungsi untuk membuat tiap helainya makin kuat.

17. Menghapus Makeup

Meski sederhana, kebiasaan membersihkan daily makeup sangat penting untuk selalu diperhatikan. Tidur dengan riasan yang masih on point dapat memunculkan bermacam risiko, seperti kerusakan kulit atau munculnya jerawat. Jangan malas untuk membersihkan makeup, ya. Biar makin maksimal coba manfaatkan minyak zaitun.

Urut-urutan langkahnya, pertama bersihkan makeup dengan tisu kemudian gunakan minyak zaitun dan pijat secara perlahan. Treatment tersebut sangat penting agar nutrisi yang dibawa zaitun dapat meresap ke pori-pori kulit secara menyeluruh. Apabila makeup telah benar-benar luntur, bilas dengan air hangat dan bersihkan wajah dengan sabun. 

Atau cara lain yang lebih simpel adalah dengan menuangkan zaitun ke sebuah kapas untuk kemudian usapkan pada seluruh bagian wajah. Amat disarankan untuk menggunakan minyak zaitun murni yang biasanya juga bisa digunakan memasak. Hindari yang terlalu banyak mengandung wewangian karena berpotensi menyebabkan kulit jadi iritasi.

18. Mengembalikan Kelembapan Kulit

(c) shutterstock(c) shutterstock

Sudah sejak lama diketahui apabila minyak zaitun memiliki fungsi yang luar biasa bagi kesehatan kulit. Selain vitamin A dan E, ada juga senyawa anti-aging yang ampuh sekali untuk merawat kulit secara maksimal dan mengembalikan kelembapannya. Cara yang perlu kamu lakukan mudah saja kok, KLovers. Siapkan terlebih dahulu beberapa sendok minyak zaitun dan bersihkan wajah secara menyeluruh dengan air bersih. Kemudian tuangkan zaitun ke telapak wajah dan oleskan perlahan ke seluruh bagian wajah hingga merata.

Setelah itu diamkan selama 30 menit agar seluruh nutrisi yang dimiliki oleh zaitun dapat meresap ke seluruh bagian dan pori-pori kulit. Kalau sudah, segera bilas dan bersihkan menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin dan rasakan sendiri perbedaannya.

Atau ada juga langkah lain yang patut dicoba. Coba kombinasikan minyak zaitun dengan lidah buaya. Dua bahan yang dikenal punya khasiat luar biasa ini apabila digabungkan akan menghasilkan kombinasi luar biasa dalam mengembalikan kesehatan kulit. Caranya, gunakan masker lidah buaya yang dikombinasikan dengan zaitun. Gunakan setiap malam dan siap-siap untuk merasakan perbedaannya.

19. Menyehatkan Rambut

(c) shutterstock(c) shutterstock

Rambut rontok atau berketombe memang menjadi beberapa masalah rambut yang amat menjengkelkan. Tak perlu khawatir karena problem tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mengandalkan minyak zaitun. Ada beragam nutrisi zaitun yang dipercaya dapat membantumu mengatasi masalah kerontokan dan ketombe. Beberapa di antaranya adalah niacin, biotin, vitamin E dan vitamin D.

Apabila ketombe dan kerontokan sudah teratasi, kini saatnya menyelesaikan masalah rambut bercabang. Tak perlu pusing karena zaitun juga sangat ampuh dalam merampungkan problem ini. Cukup beberapa tetes saja dan bersiaplah untuk merasakan rambut kamu jadi lebih berat dan lembap serta terhindar dari rambut bercabang.

Atau kamu juga sedang mengalami masalah percaya diri gara-gara kilau rambutmu berkurang? Mengenai hal ini, biasanya kondisioner jadi andalan. Namun tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan zaitun, lho. Tak hanya kandungan vitamin E dan K, zaitun juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Beberapa nutrisi tersebut punya kemampuan brilian untuk melindungi keratin rambut dan mempertahankan kelembapannya.

20. Menghilangkan Efek Mata Panda

Kesibukan setiap hari sering bikin kamu harus terjaga hingga larut malam. Yang menyebalkan, biasanya keesokan hari bakal muncul garis hitam di bawah mata atau yang dikenal dengan kantung mata atau mata panda. Tentu keberadaannya bakal amat mengganggu kepercayaan diri. Tak harus khawatir karena sebenarnya mata panda bisa diatasi dengan memanfaatkan minyak zaitun.

Zaitun memiliki beragam nutrisi dan salah satunya adalah vitamin E yang amat ampuh untuk mengembalikan kekencangan kulit bahkan di area sekitar mata. Ada pula vitamin K yang berfungsi untuk memproduksi kolagen guna mengurangi lingkar hitam pada mata. Lantas, apakah kamu ingin tahu bagaimana caranya? Mudah, kok!
Pertama, bersihkan seluruh bagian wajah termasuk sekitar mata. Kemudian oleskan minyak zaitun secara merata di bawah mata, area yang berwarna kehitaman.

Diamkan dalam tempo semalam dan bilas keesokan harinya. Dengan begitu segala nutrisi yang dimiliki oleh zaitun dapat meresap secara maksimal ke dalam kulit di sekitar mata dan membuatnya kembali seperti semula. 

21. Pengobatan Alzheimer

(c) shutterstock(c) shutterstock

Kamu tentunya sudah tak asing dong dengan keberadaan sebuah penyakit bernama Alzheimer? Itu lho, kondisi kelainan yang ditandai sama penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta berbicara. Tak hanya itu, biasanya penderita juga mengalami perubahan perilaku akibat gangguan di bagian otak yang sifatnya perlahan.

Cukup mengerikan, bukan? Namun ada kabar gembira nih, ternyata zaitun pun punya kemampuan buat mengurangi risiko tersebut. Di dalam minyak esensial ini terkandung komponen bernama oleocanthal yang punya fungsi untuk menghancurkan protein racun bernama amyloid beta. Ini dia yang diperkirakan jadi pemicu munculnya penyakit Alzheimer.

Secara khusus minyak zaitun mampu mengurangi peradangan pada otak dan ampuh untuk mengaktifkan autophagy. Inilah proses dalam tubuh yang berguna untuk mendeteksi serta membuang bagian sel yang rusak.

22. Dimanfaatkan untuk Jadi Scrub Alami

Kesehatan kulit menjadi faktor penting sempurnanya penampilan. Salah satu cara ampuh untuk mewujudkannya adalah dengan menggunakan scrub alami. Resep yang satu ini sangat ampuh buat mengembalikan pancara pesona wajah dan membuatnya kembali berseri. Kabar gembiranya, kamu bisa lho membuat scrub alami sendiri di rumah menggunakan zaitun.

Caranya, sediakan beberapa sendok zaitun sekaligus teh garam laut. Campurkan, kemudian pijat secara perlahan dan lembut di area wajah atau kulit yang mengalami kekeringan. Kombinasi keduanya, zaitun dan garam alami, sangat ampuh untuk mengangkat kulit kering sekaligus mengembalikan kelembapan kulit wajah.

23. Melindungi dari Pankreatitis

(c) shutterstock(c) shutterstock

Istilah pankreatitis adalah kondisi peradangan pada kelenjar pankreas yang memungkinkan terjadi pada dua bentuk, yakni akut dan kronis. Pankreas sendiri merupakan organ besar di bagian belakang perut yang fungsinya adalah untuk menghasilkan enzim pencernaan sekaligus sejumlah hormon. Beberapa gejala pankreatitis di antaranya sakit perut, mual, dan muntah. Guna menghindara gejala penyakit yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan zaitun, KLovers!

Sebuah penelitian pernah dilakukan di Spanyol. Hasilnya, ternyata ada komponen tertentu di minyak zaitun yang punya fungsi luar biasa untuk melindungi seseorang dari serangan pankreatitis. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam oleat dan hidroksitirosol yang dapat menghambat perkembangan pankreatitis.

24. Menghindarkan Usus dari Peradangan

Usus menjadi salah satu organ vital yang dimiliki oleh manusia. Maka dari itu, sedikit saja masalah bakal mempengaruhi kinerja keseluruhan, khususnya sistem pencernaan. Salah satu yang cukup membahayakan adalah peradangan usus, kondisi di mana bagian tersebut mengalami inflamasi atau peradangan. Meski cukup membahayakan, tapi ternyata gejala penyakit ini bisa ditangkal menggunakan zaitun.

Para peneliti di Inggris memperkirakan jika peradangan usus kronis dapat dihindari dengan memberikan asupan cukup akan asam oleat dalam minyak zaitun. Asam ini berfungsi untuk memblokir senyawa aktif dalam usus yang mengakibatkan peredangan ini.

25. Pengobatan terhadap Rematik

(c) shutterstock(c) shutterstock

Rematik atau gejala nyeri pada tulang saat ini pun tak jarang menyambangi generasi muda. Penyakit ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh justru berbalik menyerang area persendian sehat. Dan untuk mengobatinya, kamu bisa memanfaatkan zaitun. Minyak esensial ini ternyata amat penting guna mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi yang disebabkan oleh rematik.

Nah agar fungsinya berjalan makin maksimal, kamu bisa mengombinasikannya dengan minyak ikan. Konsumsi secara rutin tiap pagi dan bersiaplah mendapatkan hidup sehat dan bebas dari serangan rematik!

Luar biasa bukan manfaat yang dimiliki oleh zaitun? Mulai sekarang, makin gencarkan diri untuk menjaga kesehatan dengan memanfaatkan minyak esensial ini, KLovers!

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI