10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Kamis, 22 Oktober 2020 18:33 Penulis: Dhia Amira
10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Minyak zaitun memang menjadi salah satu minyak yang memiliki banyak sekali kandungan baik untuk kesehatan. Manfaat minyak zaitun bukan hanya dapat dirasakan oleh kesehatan tubuh dari dalam saja, nyatanya minyak zaitun memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan pada bagian luar tubuh.

Sudah sejak lama minyak zaitun dipercaya untuk memberikan kesehatan dan juga kecantikan pada tubuh wanita. Tidak heran bila minyak ini begitu populer di dunia kecantikan dan juga kuliner. Memiliki aroma yang khas membuat minyak zaitun sering dimakan secara langsung sebagai tambahan salad atau makanan lainnya.

Kira-kira apa saja ya manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan tubuh wanita? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja disimak KLovers.

 

 

1. Menghilangkan Stretch Mark

Manfaat minyak zaitun yang pertama yaitu dapat menghilangkan stretch mark pada tubuh. Stretch mark memang menjadi salah satu masalah utama yang membuat perempuan merasa tidak nyaman. Biasanya stretch mark terjadi karena kulit yang kurang elastisitas, dan akan timbul saat ibu hamil, badan yang terlalu gemuk, atau kurang minum air putih.

Dan untuk menghilangkan hal tersebut tidak terlalu sulit loh KLovers. Kalian hanya perlu mengatasi hal ini dengan minyak zaitun saja. Pertama panaskan minyak zaitun selama 2 hingga 3 menit di atas sendok makan.

Kemudian oleskan pada stretch mark dan pijat secara melingkar. Efeknya, sirkulasi darah pada bagian tersebut akan lebih lancar dan apabila dilakukan secara rutin, perlahan stretch mark bakal memudar hingga hilang tak berbekas.

2. Mengatasi Depresi

Ternyata minyak zaitun bisa menjadi salah satu minyak yang dapat mengatasi depresi loh KLovers. Hal ini karena beberapa kandungan dari minyak zaitun dapat melindungi dan memberikan efek tenang pada sistem saraf. Itulah mengapa terkadang minyak zaitun sering dipilih sebagai minyak massage di spa.

Untuk mendapatkan manfaatnya kalian dapat mengonsumsi minyak zaitun saat sarapan di pagi hari, atau sebelum melakukan kegiatan di luar rumah. Kalian bisa menggunakan minyak zaitun sebelum mandi sebagai scrub, atau mengonsumsi bersama dengan salad ataupun roti bakar.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minyak zaitun yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit kalian. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila minyak zaitun dapat menjaga kesehatan kulit sejak lama. Kandungan polifenol pada minyak zaitun yang cukup tinggi, bertugas memberikan warna yang lebih terang pada kulit dan membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah.

Kemudian anti inflamasi pada minyak zaitun juga berguna untuk mengobati peradangan kulit. Dan vitamin A serta vitamin E, juga memiliki senyawa anti aging yang ampuh sekali untuk merawat kulit secara maksimal serta mengembalikan kelembapannya.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang kerap mengganggu penampilan. Itulah mengapa banyak wanita yang terganggu dan merasa depresi dengan adanya jerawat yang meradang pada wajah. Bila sudah seperti ini maka jerawat semakin banyak dan sulit untuk dihilangkan. Salah pengobatan maka jerawat akan menghitam dan membuat wajah semakin tak enak untuk dipandang.

Namun jangan khawatir KLovers, karena minyak zaitun nyatanya mampu mencegah, menghilangkan, bahkan menyamarkan bekas jerawat loh. Hal ini karena di dalam minyak zaitun terdapat kandungan berupa anti bakteri yang mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.

Selain itu sifat anti inflamasi pada minyak zaitun berguna untuk menyembuhkan jerawat serta bekasnya. Kemudian sifat non comedogenic pada minyak zaitun juga mampu menyumbat pori-pori kulit. Nggak ketinggalan kandungan antioksidan berupa polifenol juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi, salah satunya jerawat.

5. Mengembalikan Warna Bibir

Selanjutnya yang nggak kalah luar biasa yaitu, kalian dapat menggunakan minyak zaitun sebagai cara untuk mencerahkan bibir loh. Tak perlu mengenakan bahan-bahan kimia yang hanya memperparah bibir semakin gelap, kalian bisa menggunakan bahan alami ini untuk mendapatkan hal tersebut.

Itu karena di dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin K yang bisa memudarkan warna gelap pada bibir secara perlahan. Caranya adalah, kalian bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab pada malam hari sebelum tidur, dan biarkan minyak zaitun tersebut semalaman. Lakukan hal itu secara rutin ya, agar mendapatkan hasilnya secara maksimal.

6. Mengatasi Komedo Berlebihan

Komedi biasanya banyak menumpuk karena pori-pori di kulit yang terlalu terbuka lebar. Itulah mengapa pori-pori tersebut harus dirapatkan agar jumlah komedo yang ada di wajah tidak terlalu berlebihan. Apalagi bila sampai komedo tersebut berubah menjadi hitam, tentu ini akan membuat wajah terlihat sangat kotor.

Sama seperti mengatasi jerawat, kalian nyatanya juga bisa loh mengatasi komedo dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak esensial yang satu itu memiliki fungsi luar biasa untuk merapatkan pori-pori kulit dengan menyerap kotoran.

Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu memanaskan minyak zaitun, lalu oleskan pada wajah secara perlahan. Setelah itu keringkan wajah dengan handuk bersih. Lakukan setiap malam dan lihat sendiri efeknya, KLovers!

7. Baik untuk Pertumbuhan Janin

Bukan hanya untuk kecantikan saja, nyatanya juga minyak zaitun juga sangat baik untuk ibu hamil loh KLovers. Ibu yang sedang mengandung harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dikonsumsi serta baik untuk kesehatan tubuh. Dan makanan sehat tersebut salah satunya adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam tubuh kalian. Berbagai penelitian telah membuktikan kehebatan asam lemak omega 3 untuk ibu hamil, dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Banyak yang menemukan hal baik mulai dari mendukung perkembangan otak dan mata bayi, hingga menjaga berat dan tinggi badan bayi ketika dilahirkan. Jadi bagi kalian yang sedang mengandung ada baiknya mengonsumsi minyak yang satu ini ya KLovers.

8. Meningkatkan Fungsi Psikomotorik Janin

Selain baik untuk pertumbuhan janin, minyak zaitun juga mampu meningkatkan fungsi psikomotorik pada janin loh KLovers. Para ahli telah mengamati manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil terhadap perkembangan psikomotorik, atau refleks bayi terhadap apapun yang ada di sekelilingnya.

Hal ini dibuktikan dengan ibu hamil yang mengonsumsi minyak zaitun selama masa kehamilannya, dan terbukti melahirkan bayi dengan refleks psikomotorik lebih baik. Selain itu kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun juga bisa membantu bayi prematur agar ginjal dan pankreasnya berfungsi secara normal.

9. Menebalkan Alis Dan Bulu Mata

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin A dan E yang baik untuk kesehatan rambut serta dapat merangsang pertumbuhan rambut, dan hal ini dapat dijadikan sebagai cara menebalkan alis serta bulu mata secara alami. Tapi perlu diingat, kalian harus memastikan minyak zaitun yang akan di pakai adalah minyak yang benar-benar alami dan belum mengalami proses bahan kimia ya. Untuk cara pemakaiannya cukup mudah, kalian cukup mengoleskan minyak zaitun ke alis serta bulu mata kalian pada malam hari sebelum tidur, dan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Memberikan Kesehatan Rambut

Dan manfaat minyak zaitun yang terakhir yaitu dapat memberikan kesehatan pada rambut. Yup! Rambut rontok atau berketombe memang menjadi masalah rambut yang membuat semua orang merasa resah. apalagi bila rambut yang kita miliki kering dan juga rusak, tentu akan memperparah kerusakan dari rambut tersebut.

Namun KLovers tak perlu khawatir, karena ternyata minyak zaitun mampu loh menghilangkan masalah pada rambut dan membuat rambut lebih sehat. Ada beragam nutrisi minyak zaitun yang dipercaya dapat membantumu mengatasi masalah kerontokan dan ketombe.

Dan nutrisi tersebut antara lain niacin, biotin, vitamin E dan vitamin D. Semua kandungan tersebut nyatanya dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah yang ada di rambut kalian loh. Tak hanya itu kandungan vitamin K, vitamin A, dan antioksidan juga mampu melindungi keratin rambut serta mempertahankan kelembapannya. Sehingga rambut nampak lebih sehat, hitam , dan juga tebal.

Itulah 10 manfaat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh wanita. Bukan hanya mampu menjadi makanan sehat saja, nyatanya minyak zaitun juga bisa menjadi obat segala macam masalah yang ada di diri kalian. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI