3 Cara Menanam Hidroponik yang Tepat Bagi Pemula, Beserta dengan Tips Anti Gagal - Jenis Tanamannya

Selasa, 31 Agustus 2021 15:22 Penulis: Dhia Amira
3 Cara Menanam Hidroponik yang Tepat Bagi Pemula, Beserta dengan Tips Anti Gagal - Jenis Tanamannya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bercocok tanam dengan cara hidroponik memang lagi banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Apalagi cara ini cocok banget buat kalian yang tinggal di perkotaan, sebab menanam hidroponik tidak membutuhkan tanah yang luas. Hidroponik hanya mengandalkan air dengan nutrisi yang baik untuk bertanam. Dengan begitu, kalian tetap bisa membuat perkebunan di lahan yang sempit. Ada kok beberapa cara menanam hidroponik yang sering dilakukan

Tentu saja, cara ini cukup mudah bagi kalian para pemula yang ingin belajar menanam hidroponik. Tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik berproduksi dengan cepat dan tidak membutuhkan media tanam yang luas. Agar dapat tumbuh dengan baik, tanaman hidroponik amat bergantung pada berbagai faktor seperti pencahayaan, kualitas air, dan sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, kelebihan dari tanaman hidroponik sendiri sangat bagus untuk membantu melestarikan lingkungan loh. Hal ini karena, tanaman hidroponik tidak memerlukan pestisida. Sehingga tidak heran bila jenis sayuran hidroponik sangat aman untuk dikonsumsi. Untuk kalian yang penasaran bagaimana cara menanam hidroponik bagi pemula, yuk langsung saja dicek di bawah KLovers.

 

1. Hal yang Perlu Diketahui Pemula dalam Menanam Hidroponik

Sebelum kita mengetahui cara yang tepat dalam menanam tumbuhan hidroponik sendiri, kalian juga perlu mengetahui terlebih dahulu konsep utama cara menanam hidroponik. Yang paling penting dalam penanaman hidroponik ialah pengairan yang lancar dan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman yang tepat.

Bagi kalian para pemula, tentu tak perlu sulit untuk membuat hidroponik besar dengan sistem pengairan yang ribet, apalagi bila hal itu dilakukan di rumah. Kalian bisa mulai dengan penanaman hidroponik sederhana terlebih dahulu. Dan berikut ini hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelum memulai menanam hidroponik:

1. Benih tanaman

2. Rockwool

3. Botol bekas

4. Air

5. Larutan nutrisi

2. Cara Menanam Hidroponik dengan Botol

Untuk yang pertama yaitu ada cara menanam hidroponik dengan botol. Yup! Cara yang pertama ini menjadi salah satu cara menanam hidroponik yang mudah. Selain itu, banyak keuntungan yang diperoleh, seperti hemat tempat, penghijauan yang unik, hingga bisa memanfaatkan sampah plastik yang sulit terurai. Bagi kalian para pemula, tidak perlu menanam banyak tanaman, kalian bisa sesuaikan tanaman sederhana yang ingin kalian tanam.

Untuk memulai menanam hidroponik dengan menggunakan botol, kalian bisa menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini beberapa daftar barang yang bisa kalian siapkan:

1. Botol minum bekas ukuran 1 liter

2. Air

3. Larutan nutrisi

4. Kain flannel bekas

5. Gunting atau cutter

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, baru deh kalian bisa memulai menanam tanaman hidroponik yang kalian pilih. Agar mudah melakukannya, berikut ini ada beberapa cara membuat media hidroponik dengan menggunakan botol:

1. Langkah yang pertama yaitu, kalian bisa membelah botol bekas menjadi dua bagian. Dan buang tutup botol.

2. Lalu yang kedua yaitu, buat larutan nutrisi dengan mencampurkan air pada nutrisi tanaman hidroponik yang bisa dibeli di pasaran, seperti AB-MIX. Takaran bisa kalian sesuaikan dengan petunjuk yang ada di bungkusan ya KLovers.

3. Setelah itu, tuangkan larutan nutrisi ke potongan botol bagian bawah.
Lalu ambil bagian botol atas, dan beri sumbu air dengan menggunakan kain flannel.

4. Kemudian letakkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik ke dalam botol berisi larutan nutrisi.

5. Ambil bibit hidroponik yang sudah disemai ke atas kain flannel dalam botol.

6. Selesai, tahapan membuat tanaman hidroponik dalam botol sudah jadi. Jangan lupa untuk mengganti dan mengisi persediaan larutan air di botol bagian bawah.

 

3. Cara Menanam Hidroponik dengan Sistem Sumbu

Tak hanya dengan menggunakan botol saja, ada pula cara menanam hidroponik sederhana yang bisa kalian lakukan di rumah, yaitu dengan sistem sumbu. Sebelum memulai menanam hidroponik dengan sistem sumbu ini, kalian bisa menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut bahan yang harus kalian siapkan:

1. Ember atau baskom untuk penampung air (reservoir)

2. Pupuk hidroponik (kering atau cair)

3. Tali katun atau nilon

4. Media tanam

5. Bibit

6. Nampan tanam

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kalian bisa memulai menanam tanaman hidroponik yang kalian pilih. Agar mudah melakukannya, berikut ini ada beberapa cara membuat media hidroponik dengan menggunakan sistem sumbu:

1. Pertama, Isi reservoir dengan air dan nutrisi. Reservoir ini akan berada di bawah nampan yang menampung tanaman dan media tanam.

2. Kedua, hubungkan satu atau dua sumbu melalui lubang di bawah nampan tumbuh. Kalau perlu, kalian bisa membuat lubang pada nampan menggunakan bor. Sumbu ini akan berfungsi sebagai penyerap air dari wadah ya KLovers.

3. Media tanam yang berisi anakan tanaman bisa kalian letakkan di atas reservoir. Gunakan media tanam yang tidak akan mengalir terlalu cepat ya.

4. Lalu yang keempat kalian bisa menggunakan cahaya alami untuk sistem hidroponik. Tapi kalau cahaya matahari tidak memadai, gunakan lampu untuk mengatasinya.

5. Siapkan lampu di atas nampan tumbuh. Pastikan untuk mengatur jarak lampu sekitar 24 inci dari tanaman hidroponik.

4. Cara Menanam Hidroponik dengan Pipa Bekas

Selanjutnya kalian juga bisa menggunakan pipa bekas untuk membuat media hidroponik. Keuntungan menggunakan pipa bekas untuk hidroponik yaitu, pipa bisa menampung banyak tanaman, selain itu dengan menggunakan pipa maka bisa dengan mudah mengalirkan air dan larutan nutrisi.

Seperti biasa, sebelum memulai menanam hidroponik kalian bisa menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan dalam menanam hidroponik dengan pipa bekas:

1. Pipa bekas

2. Alat untuk melubangi pipa

3. Gelas plastik bekas

4. Air

5. Ember

6. Larutan nutrisi

Setelah menyiapkan semua bahan di atas, kalian bisa memulai menanam tanaman hidroponik dengan menggunakan pipa. Agar mudah melakukannya, berikut ini ada beberapa cara membuat media hidroponik dengan menggunakan pipa tersebut:

1. Cara yang pertama yaitu, dengan melubangi pipa bekas sesuai dengan ukuran gelas plastik yang akan digunakan.

2. Kemudian buat jarak antar lubang sekitar 20 cm, agar tanaman bisa tumbuh optimal.

3. Setelah itu tutup lubang ujung pipa dengan penutup pipa.

4. Kemudian setelah selesai dengan pipa, siapkan gelas plastik. Beri lubang kecil di bagian bawah untuk penyerapan air dan pergerakan akar tanaman.

5. Masukkan bibit yang sudah tumbuh ke dalam gelas plastik. Kemudian penuhi gelas plastik dengan sisa-sisa rockwool.

6. Buat larutan nutrisi dalam ember, sesuai petunjuk dalam larutan nutrisi yang dibeli.

7. Letakkan pipa bekas yang sudah dilubangi pada posisi tetap, bisa digantung atau diberi penyangga. Sebelumnya beri jalur air dua arah di setiap ujung pipa menggunakan pipa atau selang kecil.

8. Alirkan air dari ember ke pipa bekas, lalu letakkan bibit hidroponik ke dalam lubang yang sudah dibuat di awal.

9. Selesai, setelah itu kalian hanya perlu berikan perawatan yang baik, dan tunggu waktu panen.

5. Tips Bercocok Tanam Hidroponik

Setelah mengetahui beberapa cara menanam hidroponik, berikut ini ada beberapa tips bercocok tanam hidroponik agar tidak gagal. Inilah tips yang harus kalian ketahui:

1. Pastikan tanaman terkena sinar matahari yang cukup, supaya tidak mudah layu akibat kekurangan fotosintesis.

2. Bila kalian melakukan penanaman hidroponik dengan botol, maka kalian bisa meletakkan botol tersebut di daerah jendela tembus cahaya. Atau kalian bisa siasati menggunakan lampu fotosintesis.

3. Bisa diberi tambahan nutrisi dengan semprotan pupuk organic cair pada daun dan batangnya, mengimbangi kebutuhan asupan nutrisi.

4. Apabila tanaman sudah cukup besar dan kurang muat, sebaiknya langsung dipindah ke pot atau botol yang lebih besar. Namun berhati-hatilah jangan sampai merusak akar tanamannya.

5. Rajin melakukan pengamatan dan pemeriksaan harian, tentang kondisi tanaman.

6. Segera pindahkan tanaman yang layu atau mati agar tidak mempengaruhi tanaman yang lain.

7. Pastikan aliran air lancar dan nutrisinya cukup.

8. Dan yang terakhir pastikan tidak ada hama atau tanaman pengganggu lainnya.

6. Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam untuk Pemula

Dan yang terakhir yaitu, beberapa jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam untuk pemula. Biasanya untuk melatih agar tidak gagal, kalian bisa menanam tanaman yang mudah tumbuh dan tidak cepat mati. Berikut beberapa tanaman hidroponik yang mudah untuk ditanam bagi pemula:

1. Bayam

2. Tomat

3. Daun Mint

4. Seledri

5. Selada

6. Sawi Hijau

7. Kale

8. Kangkung

9. Cabai

Itulah beberapa cara menanam hidroponik yang mudah bagi para pemula, beserta dengan tips menanam hingga jenis tanaman yang mudah untuk ditanam bagi pemula. Selamat mencoba.

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI