Jenis Kata Ganti dalam Bahasa Inggris (Pronouns) Beserta Contoh dan Artinya

Selasa, 31 Agustus 2021 13:55 Penulis: Anik Setiyaningrum
Jenis Kata Ganti dalam Bahasa Inggris (Pronouns) Beserta Contoh dan Artinya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Ketika sedang belajar bahasa Inggris, tentu kalian tak boleh melewatkan materi ini. Memahami kata ganti dalam bahasa Inggris atau pronouns merupakan hal penting. Maka wajar jika dulu saat sekolah, materi ini termasuk yang paling awal didapat.

Kata ganti dalam bahasa Inggris merupakan kata-kata yang dapat kalian gunakan untuk menggantikan kata benda, misalnya, manusia, tempat, atau sebuah konsep abstrak. Dengan menggunakan kata ganti, kalian bisa mendapat bentuk kalimat yang lebih singkat.

Kalian tak perlu menyebutkan satu nama secara berulang dalam sebuah kalimat. Dengan begitu, kalimat yang kalian hasilkan bisa lebih efektif. Nah, berikut ini terdapat penjelasan tentang jenis kata ganti dalam bahasa Inggris dan contohnya untuk kalian baca agar lebih paham.

 

1. Personal Pronouns

Personal pronouns merupakan kata ganti dalam bahasa Inggris yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan orang atau benda tertentu dan bergantung pada peran kata dalam suatu kalimat (subjek/obyek), serta gender dari "benda" yang digantikan.

Contoh peran sebagai subyek, yakni they, we, I, you, he, she, it, sedangkan obyek, yaitu them, us, me, you, him, her, dan it.

-Contoh kalimat pronoun sebagai subyek:

They are the students of my school. (Mereka adalah murid di sekolahku.)

-Contoh kalimat prounoun sebagai obyek:

My father always love me. (Ibuku selaku menyayangiku)

 

2. Indefinite Pronouns

Jika kalian ingin menggunakan kata ganti dalam bahasa Inggris untuk orang, benda, atau hal yang umum bisa menggunakan indefinite pronouns ini. Kata ganti ini dibagi menjadi tunggal, jamak, atau kedua-duanya.

-Contoh Tunggal

Jenis tunggal dari pronoun jenis ini, seperti: another, anyone/anybody, anything, each, everybody/everyone, everything, nobody/no one, one, someone/somebody, something dan the other.

Nobody perfect in the world. (tak ada orang yang sempurna di dunia ini)

-Contoh Jamak

Jenis jamak dari pronoun ini, seperti all, several, many, few, ones

All of the students in this class are smart. (Semua murid di kelas ini pintar)

-Contoh Tunggal dan Jamak

Contoh kata tunggal dan jamak, antara lain, none, some, any, more, most.

He buys some sugar every morning. (Dia membeli beberapa gula setiap pagi)

 

3. Interrogative Pronouns

Interrogative pronouns bisa disebut sebagai kata ganti dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk bertanya. Kalian bisa menggunakan ini saat menunjukkan ketidaktahuan terhadap suatu hal.

Jenis kata ganti ini, yaitu whom (siapa:objek), who (siapa: subyek), what (apa: benda), why (mengapa: alasan), when (kapan), which (yang mana: benda), where (di mana), whose (punya siapa), dan how (bagaimana). Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini,

-Whom do you call? I call my friend (siapa yang kamu telefon? Aku menelefon temanku)

-What is your favorite book? (Apa buku favoritmu?)

-Which one is your book? (Pulpenmu yang mana?)

 

4. Demonstrative Pronouns

Demonstrative pronouns merupakan kata ganti dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan suatu kata benda yang berjumlah tunggal atau jamak. Pronoun ini menggunakan parameter jumlah dan jarak untuk menentukan kata yang tepat untuk digunakan. Jenis demonstrative pronouns adalah "this" dan "these" yang secara berurutan dalam bahasa Indonesia berarti "ini" tunggal dan jamak. Dan juga "that" dan "those" yang berarti "itu" tunggal dan jamak.

Contoh penggunaan dalam kalimat bisa kalian perhatikan di bawah ini,

Jarak dekat, yang berarti "ini"
Tunggal: this is my book. (ini adalah bukuku)
Jamak: these are his books. (ini adalah buku-bukunya)

Jarak jauh, yang berarti "itu"
Tunggal: that is her book. (itu adalah bukunya)
Jamak: those are our books. (itu adalah buku-buku kami)

 

5. Possessive Pronouns

Kata ganti dalam bahasa Inggris yang satu ini bisa kalian gunakan untuk menggantikan kepemilikan baik bagi orang, benda, juga hewan. Contoh katanya, seperti, mine (milik saya), yours (milik kamu), his (milik dia:laki-laki), Hers (milik dia:perempuan), Theirs (milik mereka), Ours (milik kita), Its (milik dia:benda).

Contoh:

That book is mine (buku itu milikku)

These books are ours (buku ini milik kami)

This book is hers (buku ini miliknya)

 

6. Reflexive Pronouns

Reflexive pronouns bisa kalian gunakan untuk kata ganti dalam bahasa Inggris saat ingin menunjukkan bahwa subyek menerima aksi dari kata kerja pada suatu kalimat. -self digunakan untuk singular, sedangkan -selves untuk plural. Contohnya, yaitu, myself, yourself, themselves, yourselves, dan seterusnya.

Contoh:

He just care to himself in this time. (dia hanya peduli terhadap dirinya sendiri pada saat ini)

She blames herself refer to what happened. (dia menyalahkan dirinya sendiri berkaitan dengan apa yang terjadi)

 

7. Reciprocal Pronouns

Kata ganti dalam bahasa Inggris jenis Reciprocal pronouns bisa kalian gunakan untuk menunjukkan dua subyek atau lebih menjadi pelaku atas kegiatan yang sama. Contohnya adalah each othe dan one another. Contoh penggunaan kalimat bisa kalian perhatikan di bawah ini,

I and my sister give a gift to each other. (Saya dan saudara saya memberi hadiah ke satu sama lain).

 

8. Relative Pronouns

Kata ganti dalam bahasa Inggris jenis ini bisa digunakan untuk menunjukkan adjective clause yang menerangkan noun. Jenis relative pronouns, yaitu who (manusia), which (benda), that (manusia dan benda), whose (obyek pronoun) dan whose (kepemilikan).

Contoh:

The man who isi standing in front of the class is our teacher. (laki-laki yang sedang berdiri di depan kelas adalah guru kami)

The dress which has red color is mine. (baju yang berwarna merah itu adalah punyaku).

The boy whose book I want to loan is my best friend. (cowok yang bukunya ingin saya pinjam adalah teman baikku)

Nah, itulah penjelasan tentang jenis kata ganti dalam bahasa Inggris beserta contohnya yang bisa membantu kalian dalam belajar.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI