Suka Bercocok Tanam? Ini 6 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Pemula dan Mudah untuk Dirawat

Rabu, 12 Agustus 2020 11:11 Penulis: Dhia Amira
Suka Bercocok Tanam? Ini 6 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Pemula dan Mudah untuk Dirawat
Jenis tanaman (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Tanaman merupakan tumbuhan kecil yang sering menjadi hiasan di rumah atau sebuah tempat. Ada beberapa orang yang senang dengan tanaman dan ingin melakukan budidaya tanaman tersebut. Tentu saja melakukan budidaya pada tanaman harus mengetahui jenis tanaman, serta apa saja yang harus dilakukan selama perawatan.

Bila kalian merupakan seorang pemula, dan baru ingin memulai kegiatan bertanam, maka ada loh beberapa tanaman unik yang dapat kalian tanam dengan mudah. Tentu saja tanaman-tanaman ini sangat cantik bila menjadi hiasan di rumah atau meja kantor kalian.

Kira-kira jenis tanaman apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 jenis tanaman yang cocok untuk pemula, dan mudah juga untuk dirawat. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Bambu Keberuntungan

Jenis tanaman pertama yang cocok untuk pemula yaitu ada bambu keberuntungan. Bambu yang dipercaya dapat memberikan sebuah keberuntungan bagi para pemiliknya ini sangat mudah loh untuk ditanam bagi kalian yang pemula.

Bambu yang memiliki jenis spesies draceana ini menjadi salah satu tumbuhan yang dapat kalian bentuk sesuai keinginan. Selain itu cara merawat tanaman ini cukup mudah. Bambu keberuntungan ini tidak perlu terkena sinar matahari dan hanya perlu menambahkan air bila air dalam pot habis.

2. Lidah Mertua

Jenis tanaman selanjutnya yang cocok untuk pemula yaitu ada lidah mertua. Bukan hal yang asing lagi bila lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat. Selain itu lidah mertua juga sangat baik loh di ruangan yang sempit dan butuh sirkulasi udara.

Hal itu karena lidah mertua dapat membuat kualitas udara lebih baik. Selain itu lidah mertua ini juga bisa melenyapkan polusi yang tidak baik dalam sebuah ruangan yang kurang sirkulasi.

Cara merawat lidah mertua juga cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu menyiramnya sesekali. Karena tanaman lidah mertua dapat hidup walaupun tidak ada cahaya matahari ataupun air.

3. Sukulen

Sukulen menjadi salah satu jenis tanaman yang juga cocok untuk para pemula. Hal ini karena tanaman sukulen tidak membutuhkan banyak air dan juga sinar matahari. Lalu sukulen juga memiliki bentuk yang unik dan juga cantik.

Jenis-jenis sukulen ada banyak, biasanya berupa kaktus ataupun lidah buaya hias. Selain menjadi penghias ruangan, sukulen juga dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi para pemiliknya.

4. Kamboja Jepang

Kamboja Jepang juga menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cocok untuk para pemula. Hal itu karena tanaman ini tahan akan panas, dan akan tetap tumbuh walaupun tidak dirawat dengan rutin.

Tentu saja hal ini cocok bagi kalian pemula yang ingin memiliki tanaman yang indah dan juga unik. Selain itu bila berbunga, kamboja Jepang ini akan sangat cantik karena memiliki warna merah muda yang terang.

5. Palem Mini

Jenis tanaman yang cocok bagi pemula selanjutnya yaitu ada palem mini. Tumbuhan satu ini tidak hanya dapat menjadi tanaman hias yang indah, tetapi juga sangat mudah untuk dirawat bagi para pemula.

Hal itu karena palem mini tahan terhadap kekeringan. Jadi kalian tidak perlu secara rutin untuk memberikan air pada tanaman yang satu ini. Selain itu palem mini juga sangat indah bila menjadi tanaman hias di rumah.

6. Peace Lily

Dan jenis tanaman terakhir yang mudah untuk ditanam bagi para pemula yaitu ada peace lily. Hal ini karena peace lily sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, dan dapat tumbuh subur di tempat panas. Sehingga akan mudah bagi kita para pemula untuk menanam tumbuhan yang satu ini.

Peace lily memiliki bunga berwarna putih dengan daun yang berwarna hijau gelap. Tentu saja membuat tanaman ini sangat digemari oleh banyak orang untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu peace lily juga dikenal bisa membersihkan udara ruangan dengan sangat baik.

Itulah 6 jenis tanaman yang cocok bagi para pemula bila ingin mencoba bertanam. Selain tidak membutuhkan perawatan yang ekstra, tanaman ini juga sangat cantik dan unik bila menjadi tanaman hias di sebuah ruangan.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI