3 Cara Meregistrasi Kartu Smartfren dengan Mudah dan Praktis, Jangan Sampai Salah Langkah-Langkahnya

Jum'at, 17 September 2021 18:11 Penulis: Puput Saputro
3 Cara Meregistrasi Kartu Smartfren dengan Mudah dan Praktis, Jangan Sampai Salah Langkah-Langkahnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sejak beberapa tahun terakhir, setiap pengguna kartu provider diwajibkan melakukan registrasi nomor hp. Hal ini telah menjadi aturan wajib yang ditetapkan langsung oleh pemerintah. Pemerintah menetapkan aturan ini bertujuan untuk mengurangi risiko penipuan dengan modus telepon atau sms. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara meregistrasi kartu smartfren bagi penggunanya.

Setiap kartu provider mempunyai tata cara registrasi masing-masing, berbeda antara satu sama lain. Sehingga bagi kalian pengguna smartfren tentu, wajib mengetahui cara meregis kartu smartfren. Pasalnya, kesalahan dalam proses registrasi bisa membuat kartu menjadi tidak terdaftar, sehingga tidak dapat digunakan.

Sebagai perusahaan penyedia layanan, smartfren memberikan beberapa alternatif cara melakukan registrasi kartu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara meregistrasi kartu smartfren yang bisa dilakukan secara mudah dan praktis.

 

1. Aturan Registrasi Kartu Prabayar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, registrasi kartu prabayar kini sudah menjadi aturan wajib yang ditetapkan pemerintah. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Kominfo No. 12/2016 tentang pemerintah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar untuk melakukan registrasi yang divalidasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK).

 

2. Manfaat Meregistrasi Kartu Prabayar

Kebijakan registrasi kartu prabayar mempunyai beberapa tujuan yang menguntungkan masyarakat sebagai pengguna. Beberapa tujuan sekaligus keuntungan mendaftarkan kartu prabayar adalah sebagai berikut:

1) Sebagai wujud perlindungan pengguna dan masyarakat secara umum tindak penipuan bermoduskan telpon atau sms.

2) Sebagai pendataan pengguna prabayar ini juga dapat melindungi konsumen dari penyalahgunaan data pribadi untuk hal-hal yang dapat merugikan.

3) Mempermudah promosi layanan baru, seperti transaksi secara online. Hal ini tentunya, juga akan bermanfaat bagi konsumen.

 

3. Dampak Jika Tidak Melakukan Registrasi

Sebagai aturan wajib, tentu akan ada konsekuensi yang diterima jika pengguna enggan melakukan registrasi kartu prabayar. Adapun beberapa konsekuensi tersebut meliputi:

1) Tidak melakukan registrasi selama 30 hari sejak pemberitahuan ketentuan: pemblokiran layanan panggilan keluar dan layanan pesan singkat keluar (SMS).

2) Tidak melakukan registrasi selama 15 sejak tanggal pemblokiran (poin 1): pemblokiran layanan panggilan masuk dan layanan pesan singkat masuk (SMS).

3) Tidak melakukan registrasi selama 15 sejak tanggal pemblokiran (poin 2): pemblokiran layanan internet.

 

4. Cara Meregistrasi Kartu Smartfren Lewat SMS

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan registrasi kartu smartfren adalah dengan mengirimkan sms. Pengguna kartu smartfren bisa langsung mengirimkan sms sesuai dengan format yang telah ditentukan. Adapun untuk lebih jelasnya, berikut cara meregistrasi kartu smartfren lewat mengirim sms.

1) Siapkan data NIK dan nomor KK

2) Buka aplikasi SMS di handphone, kemudian ketik SMS dengan format:

NIK#NomorKK (contoh: 1234567890123456#1234567890123456#)

3) Kirim ke nomor 4444.

4) Tunggu konfirmasi atau pemberitahuan selanjutnya.

 

5. Cara Meregistrasi Kartu Smartfren Lewat Website

Selain mengirim sms, cara meregistrasi kartu smartfren lainnya juga bisa dilakukan secara online lewat website resmi. Pengguna kartu smartfren bisa mengisi data dalam website resmi https://www.smartfren.com/en/explore/product/registrasi-kartu-smartfren/. Untuk lebih jelasnya, berikut cara registrasi untuk kartu smartfren lewat webiste.

1) Pertama, buka mysf.id/reg melalui browser.

2) Kemudian, masukkan nomor Smartfren kalian.

3) Masukkan nomor NIK pada kolom yang tersedia.

4) Akan muncul pilihan terkait metode verifikasi, pilih salah satu.

5) Berikutnya, masukkan nomor KK atau upload foto KK.

6) Masukkan alamat email.

7) Masukkan pula nomor handphone lainnya.

8) Klik tanda centang kotak yang menyatakan, bahwa kalian telah menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan yang ada.

9) Masukan captcha.

10) Terakhir, pilih lanjut untuk mengaktifkan kartu Smartfren.

 

6. Cara Meregistrasi Kartu Smartfren dengan Mengunjungi Gerai Resmi

Cara ketiga sekaligus terakhir, untuk meregistrasi kartu smartfren pengguna bisa langsung datang mengunjungi gerai resmi. Cara ini bisa dilakukan apabila pengguna berulangkali telah gagal melakukan registrasi dengan kedua cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Pengguna cukup datang ke gerai resmi smartfren membawa data diri berisi NIK dan no KK. Pegawai dari gerai smartfren akan langsung melayani dan membimbing pengguna dalam melakukan registrasi.

Itulah di antaranya 3 cara meregistrasi kartu smartfren yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI