Contoh Kata Kerja Pasif, Beserta dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya

Jum'at, 17 September 2021 13:22 Penulis: Dhia Amira
Contoh Kata Kerja Pasif, Beserta dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Tidak hanya dalam bahasa asing saja, dalam bahasa Indonesia pun ada yang namanya kata kerja. Ada beberapa jenis kata kerja, salah satunya yaitu kata kerja pasif. Apa sih itu kata kerja pasif? Dan bagaimana contoh kata kerja pasif itu? Tentu kalian ingin mengetahuinya. Kata kerja pasif ini menjadi sebuah kata kerja yang subjeknya terkesan dikenai pekerjaan yang membuatnya terlihat seperti sengsara atau menderita.

Jadi kata kerja ini digunakan untuk objek yang bukan mengerjakan sesuatu tapi mendapatkan sesuatu, sehingga subjek bersifat pasif. Dan ini digunakan untuk suatu hal yang bersifat menderita, seperti dipukul, dimarahi, ditolong, dan masih banyak lagi. Selain contoh kata kerja pasif dalam bentuk kata, kalian juga bisa mengetahui contoh kata kerja pasif dalam bentuk kalimat.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah contoh kata kerja pasif beserta dengan pengertian dan ciri-cirinya yang bisa kalian pelajari. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kata Kerja Pasif Adalah

Sebelum mengetahui contoh kata kerja pasif, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian dari kata kerja pasif. Kata kerja pasif adalah jenis kata kerja yang masuk dalam klasifikasi berdasarkan subjeknya. Sesuai dengan definisi kata kerja yakni, untuk menyatakan suatu aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan subjek.

Pengertian kata kerja pasif tak berbeda jauh dengan kata kerja lainnya. Hanya saja, kata kerja pasif digunakan ketika subjeknya dikenai suatu pekerjaan atau tindakan. Bentuk kata kerja pasif yang subjeknya dikenai pekerjaan ini biasanya predikatnya diberi kata imbuhan di- ataupun ter-.

Sehingga dalam sebuah kalimat dengan kata kerja pasif, subjeknya terkesan dikenai pekerjaan yang membuatnya terlihat seperti sengsara, menderita ataupun mendapatkan suatu tindakan. Contohnya seperti, tertelan, dibakar, dicium, dimakan, diinjak, dan seterusnya.

 

2. Ciri-Ciri Kata Kerja Pasif

Setelah mengetahui apa pengertian dari kata kerja pasif, kalian juga harus tahu ciri-ciri dari kata kerja pasif. Ciri-ciri ini berguna untuk membedakan mana yang kata kerja pasif atau kata kerja lainnya. Berikut ini ciri-ciri kata kerja pasif yang bisa kalian ketahui:

1. Pertama, subjek dikenai suatu pekerjaan atau tindakan.

2. Karena subjek dikenai suatu pekerjaan biasanya membuatnya terkesan menderita, sengsara, ataupun mendapat suatu tindakan.

3. Kata kerja pasif predikatnya diberi kata imbuhan di- atau ter-.

4. Dan terakhir kata kerja pasif biasanya predikat bisa berupa kata ganti orang.

 

3. Contoh Kata Kerja Pasif

Dan berikut ini contoh kata kerja pasif yang bisa kalian gunakan dalam membuat sebuah kalimat dengan tepat:

1. Digoreng

2. Diminum

3. Dilihat

4. Didengar

5. Dikejar

6. Dibuat

7. Dipotong

8. Dicuci

9. Dibaca

10. Dicari

11. Dimasak

12. Dipukul

13. Diutang

14. Dimakan

15. Dinasihati

16. Disetrika

17. Diinjak

18. Ditendang

19. Ditangkap

20. Ditolong

4. Contoh Kata Kerja Pasif Dalam Kalimat

Selain kata kerja dalam bentuk kata, kalian juga bisa melihat contoh kata kerja pasif dalam bentuk kalimat. Dan berikut ini beberapa contoh kata kerja pasif dalam bentuk kalimat:

1. Bunga matahari disiram oleh Ana.

2. Ikan salmon sudah dimakan Ani tadi pagi.

3. Wortel sudah dimasak Intan sampai matang.

4. Air sungai teracuni limbah pabrik industri.

5. Sirup mangga diminum oleh Budi.

6. Bukunya sudah dibaca oleh Sinta.

7. Roti ulang tahun sudah dipotong oleh Fatimah.

8. Pohon pisang di belakang rumah Arda tersambar petir.

9. Minuman yang aku simpan di lemari es diminum oleh adik tanpa seizinku.

10. Mobil Sedan baru berwarna merah itu dikendarai oleh Paman Pedro dengan sangat hati-hati.

Itulah beberapa contoh kata kerja pasif yang bisa menjadi referensi kalian dalam membuat kalimat yang baik dan tepat. Selamat belajar dan selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI