4 Jenis Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, Kamu yang Mana?

Kamis, 10 Desember 2020 16:11 Penulis: Dita Tamara
4 Jenis Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, Kamu yang Mana?
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Jenis kepribadian manusia sangat penting diketahui supaya mengoptimalkan diri berubah ke arah yang lebih baik dan positif. Selain lebih mengetahui kepribadian diri sendiri, kalian juga bisa mengenal kepribadian orang lain di sekitar. Hal ini juga penting supaya kalian bisa memahami bagaimana seharusnya bersikap dan bereaksi kepada mereka.

Menurut ilmu Psikologi, setidaknya terdapat empat kepribadian yang dimiliki seorang individu. Teori kepribadian yang dikembangkan oleh ahli filsafat Yunani Hippocrates hingga disempurnakan oleh Galenus pada 400 tahun SM, Ia memiliki pandangan bahwa alam semesta terdiri dari empat unsur, yaitu kering, basah, dingin dan panas. Keempat unsur ini diyakini dimiliki juga oleh manusia.

Kemudian, pendapat tersebut dikembangkan oleh Galenus yang mengemukakan adanya dominasi antara salah satu unsur lainnya sehingga muncul kepribadian khas pada diri seseorang. Teori ini dikenal sebagai Hippocrates-Galenus. Berikut ini rangkuman jenis kepribadian manusia menurut psikologi.

 

1. Sanguinis

Jenis kepribadian manusia yang perlu kalian ketahui pertama yaitu Sanguinis. Sanguinis memiliki unsur kepribadian yang panas. Seseorang yang memiliki jenis kepribadian ini cenderung menjadi individu yang optimis dan selalu bersemangat. Selain itu, sanguinis juga memiliki sifat yang mudah bergaul dan ramah dengan orang lain, suka berbicara di depan publik, suka diperhatikan, kreatif, dan cenderung mendominasi dalam kelompok.

Bahkan, seseorang yang memiliki jenis kepribadian ini sangat disenangi oleh orang di sekelilingnya. Namun tipe ini tidak suka menghadapi hal yang rumit, serius, egois, dan mudah lupa. Kurang memiliki komitmen untuk kepentingan bersama. Orang dengan kepribadian ini cocok ditempatkan bekerja di industri hiburan seperti fashion, travel, olahraga maupun marketing.

 

2. Koleris

Selanjutnya, jenis kepribadian Koleris dikenal sebagai tipe kepribadian yang cerdas dan selalu mengedepankan logika. Tak heran jika kolesis sering disebut dengan si emosional, logis, dan keras kepala. Hal ini lantaran kepribadian koleris mudah marah, dan berkemauan keras terhadap apa yang mereka diinginkan. Jenis kepribadian koleris memiliki kepribadian yang kering.

Kalian yang memiliki jenis kepribadian koleris juga tak terlalu suka basa-basi dan lebih senang melakukan berbagai hal sendiri. Mereka dikatakan hanya nyaman berada bersama dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Seseorang dengan kepribadian koleris dikatakan memiliki kemampuan membuat keputusan dengan baik. Orang koleris juga mampu mengatur diri dan memiliki tujuan untuk masa depan dengan baik. Mereka orang yang produktif dan menyukai kebebasan dalam hidupnya. Orang dengan jenis kepribadian Koleris dikatakan lebih cocok bekerja di bidang manajemen, teknologi, statistik, bisnis, teknik atau programming.

 

3. Melankolis

Jenis kepribadian melankolis seringkali disebut dengan julukan si serius, sensitif, dan tekun. Melankolis sendiri memiliki unsur pribadi yang basah. Bahkan, orang dengan jenis kepribadian ini termasuk orang yang introvert. Hal ini lantaran melankolis termasuk orang yang mudah khawatir, pemikir, dan nggak terlalu suka dengan keramaian.

Melankolis dikenal memiliki pembawaan yang serius dan tekun sehingga dalam membuat perencanaan akan dilakukan secara detail. Selain itu, melankolis juga tipe yang mencintai keluarga dan berjiwa sosial. Seorang melankolis dikenal sangat cerdas dan cocok menjadi pengusaha. Mereka selalu berfokus pada proses daripada tujuan. Orang dengan jenis kepribadian ini cocok bekerja di bidang managemen, akunting, atau administrasi.

 

4. Plegmatis

Terakhir, jenis kepribadian plegmatis seringkali mendapat julukan si santai, tenang, dan teratur. Plegmatis memiliki unsur kepribadian yang dingin. Biasanya, seseorang yang mempunyai kepribadian ini akan memiliki hubungan baik dengan orang disekeliling termasuk keluarga dan tetangga.  Hal ini lantaran orang dengan jenis kepribadian ini juga sangat mencintai kedamaian dan netral dalam setiap situasi dan tidak suka memihak pada salah satu kubu. Seorang plegmatis juga menjadi pendengar yang baik, memiliki selera humor, mudah bergaul, dan tidak suka hal rumit.

Namun, sifat buruk seorang plegmatis ialah sering memendam masalah karena tidak enak dengan orang lain sehingga merugikan hidupnya. Sifat plegmatis juga cenderung lama dalam mengambil keputusan karena selalu mementingkan orang lain terlebih dahulu. Orang dengan jenis kepribadian ini cocok kerja di bidang jasa seperti perawat, guru, atau psikolog.

Itulah jenis kepribadian manusia menurut psikologi. Kira-kira kalian masuk jenis kepribadian yang mana nih?

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI