114 Kata-Kata Hati yang Terluka Begitu Dalam, Ungkapan Kecewa Penuh Makna

Senin, 09 Agustus 2021 13:55
114 Kata-Kata Hati yang Terluka Begitu Dalam, Ungkapan Kecewa Penuh Makna
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hidup di dunia ini tidak selamanya berjalan indah dan menyenangkan. Sering kali kita menjumpai hal-hal menyebalkan yang bisa merusak suasana hati. Hal-hal mengesalkan juga sering dilakukan oleh orang-orang terdekat tanpa sadar. Berbagai macam perkataan dan perbuatan orang sering membuat hati terluka. Kata-kata hati yang terluka bisa jadi satu cara mengekspresikan kesedihan batin yang tersakiti.

Menyembuhkan hati yang terluka tak semudah mengobati luka gores di kulit. Bukan dengan obat, hati yang terluka hanya bisa dipulihkan dengan kelapangan dada. Namun dengan menuliskan, membaca, dan memaknai kata-kata hati yang terluka dapat membantu kita mengurangi rasa sakit hati.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kata-kata hati yang terluka yang mungkin bisa mewakili perasaan kalian saat ini.

 

1. Kata-Kata Hati yang Terluka Begitu Dalam

Luka hati bukan suatu hal yang bisa dilihat oleh orang lain. Hanya, orang yang terluka saja yang mengetahui seberapa dalam luka yang dia alami. Inilah yang kemudian membuat luka hati sulit untuk diobati. Berikut beberapa kata-kata hati yang terluka begitu dalam.

1. "Kehilangan terburuk yang pernah kamu alami adalah hadiah terbesar yang dapat kamu miliki. - Byron Katie

2. "Sampai detik ini kamu masih menjadi alasan kenapa hatiku belum mau menerima siapapun."

3. "Kesedihan adalah pendidik terbaik kita. Seorang pria bisa melihat lebih jauh melalui air mata daripada teleskop."

4. "Aku akan meresapi semua makna di balik kenangan pahit yang kau berikan itu, dan akan kujadikan pelajaran untuk menuju masa depan yang lebih baik."

5. "Mengingatmu membangkitkan pusara kesedihan, membuat tetes demi tetes air mata jatuh dan begitu menyesakkan dada."

6. "Luka terdalam adalah ketika kamu tak mampu melihat dengan mata, dan kesedihan terpendam adalah ketika kamu tak mampu mengucapkan dengan kata-kata."

7. "Aku hanya ingin melihat ke cermin dan melihat seseorang yang pantas. Tapi, aku salah. Aku tak melihat siapa pun!"

8. "Semakin punggungku diterpa hujan, semakin bayangmu terngiang-ngiang, dan semakin dalam kau cabik hati ini secara diam-diam."

9. "Melanjutkan hidup kembali itu mudah, yang sulit adalah meninggalkan masa lalu."

10. "Padahal hujan belum sempat menyambangi bumi, namun rintiknya telah membasahi pipi, hingga menusuk dalam relung hati."

 

2. Kata-Kata Hati yang Terluka Karena Cinta

Cinta sering dianggap sebagai anugerah yang terindah. Namun, cerita tentang cinta nyatanya tak selamanya indah dan berwarna. Sering kali, cinta justru menghasilkan luka. Berikut ini adalah kata-kata hati yang terluka karena cinta.

11. "Lebih baik mencintai dan kehilangan, daripada tidak pernah mencintai sama sekali." (Augustine of Hippo)

12. "Aku memberikan ketulusan hati dan pengorbanan dengan sepenuhnya, namun yang ku rasakan hanyalah goresan luka yang membuatku enggan merasakan cinta lagi."

13. "Terkadang aku berharap jika diriku ini akan tenggelam dalam kapal. Dan berharap terhanyut dalam kelam agar kisah piluku hilang."

14. "Aku bukanlah orang yang mampu merubah racun menjadi madu, karena tak bisa ku ubah cinta kita yang jauh dari kata restu."

15. "Hanya perlu sedikit ruang untuk menulis betapa aku merindukanmu. Tapi itu akan menghabiskan seluruh hidupku untuk melupakan hari di mana aku kehilanganmu."

16. "Kamu tidak hanya menduakanku, tapi kita. Kamu tidak hanya menghancurkan hatiku, tapi merusak masa depan kita."

17. "Kadang-kadang aku berharap bisa bangun dan tidak ingat apa-apa tentangmu."

18. "Ada cahaya dalam senyapku, ada beribu rindu tak terbalas, ada rasa getir dalam rintihku, melihatmu lantas hilang."

19. "Dalam cinta, ada masanya untuk berharap, dan ada waktu untuk berhenti. Ada saat untuk memperjuangkan, namun ada juga untuk mengiklaskan."

20. "Tahukah kamu, rasaku amat mendalam, sekalipun ia telah hancur, irisan hatiku masih namamu."

21. "Satu hal yang paling menyesakkan jiwa adalah harus berpura-pura ikut bahagia ketika melihat orang yang dicintai mencintai orang lain."

22. "Aku sangat mencintaimu, tetapi aku terbiasa dengan kenyataan bahwa aku tidak akan pernah cukup pantas untukmu."

 

3. Kata-Kata Hati yang Terluka dan Kecewa

Luka hati akan kian parah jika ditambah dengan perasaan kecewa. Pasalnya, selain menyembuhkan luka hati, seseorang juga harus memulihkan dari rasa kecewa yang dialami. Berikut beberapa kata-kata hati yang terluka dan kecewa.

23. "Aku tidak kesal karena kamu berbohong kepadaku, aku kecewa karena mulai sekarang aku tidak dapat mempercayaimu. (Friedrich Nietzsche)

24. "Terima kasih karena yang kau buat sudah membuatku kecewa, ini hikmah berteman sama kamu."

25. "Kuharap kamu terus mengingat jika titik tertinggi dari kekecewaan adalah tidak peduli lagi sama sekali."

26. "Mungkin dikhianati orang lain tidak akan sesakit ini, karena dikhianati teman ibarat benalu yang hidup di batang anggrek. Sakit untuk kebahagiaan orang lain."

27. "Saya mulai memahami bahwa penderitaan, kekecewaan, dan kesedihan bukan untuk menyusahkan, merendahkan atau merampas martabat kita, tetapi untuk mendewasakan dan mengubah kita." - Hermann Hesse (Peter Camenzind)

28. "Benar pepatah bijak mengatakan, lebih baik banyak musuh dan nyata, daripada punya satu teman yang selama ini kita percaya ternyata musuh dalam selimut."

29. "Jangan bertanya kenapa aku dingin terhadapmu. Bukan begitu, aku hanya berhenti berusaha dan berharap. Aku lelah berharap tinggi-tinggi lalu dikecewakan."

30. "Mungkin, kita sepenggal kisah yang lupa ditamatkan oleh penulisnya. Lalu, terkubur waktu hingga membuat tokoh utama terjebak kenangan."

31. "Jangan terlalu berharap pada seseorang, karena ketika dia tak mampu memenuhi harapanmu, kekecewaan akan hiasi harimu."

 

4. Kata-Kata Hati yang Terluka Penuh Makna

Kata-kata hati yang terluka bukan sekadar kalimat mengeluh biasa. Lebih dari itu, di dalam kata-kata ini juga terkandung makna yang begitu dalam. Membaca kata-kata ini bisa membuat kalian menemukan makna tersembunyi dari suatu luka hati.

32. "Tuhan mengizinkan kita untuk mengalami titik-titik terendah dalam hidup untuk mengajari kita pelajaran yang tidak dapat kita pelajari dengan cara lain." (C.S. Lewis)

33. "Kita lebih sering merasa takut daripada terluka, dan kita lebih menderita karena imajinasi daripada kenyataan." (Seneca)

34. "Banyak hal yang menyebabkan rasa sakit yang akan menimbulkan kesenangan, jika kamu melihat manfaatnya." (Baltasar Gracian)

35. "Kegagalan menyakitkan, tapi berlalu dengan cepat. Penyesalan menyakitkan selamanya." (Shane Parrish)

36. "Penderitaan adalah bagian dari program latihan kita untuk menjadi bijaksana." (Ram Dass)

37. "Rasa sakit tidak terlalu menyakitkan jika kamu berhenti menghindarinya." (Mel Robbins)

38. "Rasa sakit kemarin adalah kekuatan hari ini." (Paulo Coelho)

39. "Untuk menyembuhkan luka, kamu harus berhenti menggaruknya. (Paulo Coelho)

40. "Bagaimana jika hal terburuk yang terjadi padamu ternyata hal terbaik yang pernah terjadi padamu?" (Joe Dispenza)

41. "Jika Anda mengabaikan luka yang dalam, luka itu akan terinfeksi. Sama halnya dengan luka psikologis. Anda harus merawat luka untuk menyembuhkannya." (Neil Strauss)

42. "Aku akan meresapi semua makna di balik kenangan pahit yang kau berikan itu, dan akan kujadikan pelajaran untuk menuju masa depan yang lebih baik."

 

5. Kata-Kata Hati Terluka Pedih Banget

Hati terluka dapat terjadi karena beragam faktor dari persoalan asmara hingga pertemanan. Pemicunya bisa jadi karena sikap ataupun ucapan seseorang yang begitu menyakiti hati. Sebab itulah seringkali timbul rasa sedih, kecewa, galau bahkan amarah. Jika mengalaminya, sejumlah kata-kata hati terluka di bawah ini mungkin saja bisa mewakili perasaanmu untuknya. Dengan begitu dia akan menyadari bahwa sikap dan ucapannya begitu menyakiti perasaan kalian.

43. "Kita menghancurkan satu sama lain dengan tetap bersama. Kita menghancurkan mimpi satu sama lain."

44. "Padahal hujan belum sempat menyambangi bumi, namun rintiknya telah membasahi pipi, hingga menusuk dalam relung hati."

45. "Aku sangat mencintaimu, tetapi aku terbiasa dengan kenyataan bahwa aku tidak akan pernah cukup pantas untukmu."

46. "Mungkin, kita sepenggal kisah yang lupa ditamatkan oleh penulisnya. Lalu, terkubur waktu hingga membuat tokoh utama terjebak kenangan."

47. "Baru kali ini aku menyadari bahwa satu orang yang sama bisa menyakitimu dua kali, dengan kesalahan yang sama pula." - Jodi Picoult, My Sister's Keeper

48. "Bahkan rasa sayang ini tetap akan kuat, walau dikikis, disayat, dan dilenyapkan. Ia akan tetap ada."

49. "Jika engkau berniat mengajakku terbang tinggi, seharusnya dirimu tak membiarkan diriku terjatuh dan meninggalkanku sebelum sampai di tempat yang dituju."

50. "Katamu kau akan selalu ada di sisiku, tapi nyatanya tidak."

51. "Akan aku nantikan hari itu, di mana aku bangkit karena telah mampu melupakanmu, atau di saat kau terpuruk dan menyadari tak bisa melupakanku."

52. "Kisah ini akan ku simpan dan ku ukir dengan indah walaupun pahit yang terasa, tetapi hati selalu berkata jujur, namun apa daya hati tak bisa di dengar."

53. "Saat hatimu hancur, perahumu terbakar: tidak ada masalah lagi. Itu adalah akhir dari kebahagiaan dan awal dari kedamaian." - George Bernard Shaw

54. "Hati yang terluka tidak bisa disembuhkan sekaligus. Itu lebih buruk lagi jika luka yang datang berasal dari seseorang yang engkau cintai."

55. "Aku tau kau tak mencintaiku tapi aku lebih baik mencintai dan terluka, daripada bersembunyi ketakutan dalam hidup tanpa cinta."

56. "Aku tak bisa lagi merasakan nikmatnya mengenang sesuatu. Rasa itu sudah diambil dariku karena aku sudah tak punya seseorang lagi untuk dikenang."

57. "Lagi dan lagi, kau aku maafkan. Aku kau manfaatkan." - Fiersa Besari

58. "Manusia adalah makhluk ringkih yang terbuat dari sakit hati dan janji yang teringkari."

59. "Aku memberikan ketulusan hati dan pengorbanan dengan sepenuhnya, namun yang kurasakan hanyalah goresan luka yang membuatku enggan merasakan cinta lagi."

60. "Hancurkan hatiku, hancurkan ribuan kali kalau perlu. Sejak awal hati ini memang milikmu untuk kauhancurkan."

61. "Hati bisa hancur. Ya, hati bisa hancur. Kadang-kadang saya pikir akan lebih baik jika kita mati ketika mereka menginginkannya, tetapi kita tidak melakukannya." - Stephen King

62. "Mungkin memang ku yang harus mengerti bila ku bukan yang ingin kau miliki. Salahkah ku bila kaulah yang ada di hatiku."

63. "Menusuk tubuh dan dapat disembuhkan, tetapi melukai hati dan luka itu berlangsung seumur hidup." - Mineko Iwasaki

64. "Tiba-tiba aku merasa tidak nyaman berada di mana pun. Entah itu di sekolah atau di rumah. Dan aku pun merasa orang-orang di sekitarku menjadi orang asing. Bahkan, aku merasa asing dengan diriku sendiri." - Flipped

65. "Aku tidak tahu apa itu cinta, sampai akhirnya aku bertemu denganmu. Tapi, saat itu juga aku tahu rasanya patah hati."

66. "Hilangmu kini tak lagi menarik perhatianku. Sebab aku sadar, harusnya jika kau sayang yang kau pilih adalah pulang, bukan hilang." - Boy Chandra

67. "Sungguh aneh betapa seringnya hati harus hancur sebelum bertahun-tahun membuatnya menjadi bijak." - Sara Teasdale

 

6. Kata-Kata Hati Terluka dan Tersakiti

Sumber sakit hati biasanya datang dari rasa kecewa. Misalnya saja hati terluka karena tindakan pasangan yang telah mengkhianatimu. Pastinya menimbulkan luka di hati yang mungkin membuatmu begitu sedih. Seperti kata-kata hati terluka berikut ini menggambarkan betapa tersakitinya perasaan kalian karenanya.

68. "Seumur hidupku, orang-orang mengatakan aku bukanlah apa-apa."

69. "Beberapa dari kalian peduli, tapi kepedulian kalian masih belum cukup."

70"Ketika engkau mencintai satu orang tanpa syarat, lalu kehilangan cinta itu, itu meninggalkan luka yang tidak pernah sembuh, hati yang sedih dan hancur, kekosongan selamanya."

71. "Satu hal yang paling menyesakkan jiwa adalah harus berpura-pura ikut bahagia ketika melihat orang yang dicintai mencintai orang lain."

72. "Tau Banjarnegara? Banyak janji kau umbar, tapi kau pergi tanpa bicara." - Wira Setianagara

73. "Waktu tidak menyembuhkan semua luka; hanya jarak yang bisa mengurangi sengatannya."

74. "Aku tidak kecewa dengan jawabanmu, aku hanya kecewa kenapa baru sekarang berani mengungkapkannya."

75. "Ada rasa jenuh saat bertahan, namun ada sakit saat meninggalkan."

76. "Hilangmu kini tak lagi menarik perhatianku. Sebab aku sadar, harusnya jika kau sayang yang kau pilih adalah pulang, bukan hilang." - Boy Chandra

77. "Tidak peduli seberapa ingin kamu kembali ke masa lalu, di sana tetap tidak akan ada hal baru yang bisa kamu lihat."

78. "Aku tak tahu mana yang lebih buruk, mengetahui kalau kau pembohong atau memercayai bualanmu."

79. "Aku lebih suka lengan yang patah daripada patah hati." - Christie Brinkley

80. "Meski telah ditolak, aku akan tetap mencintaimu. Sampai kamu sadar kalau aku adalah orang yang kamu cari dalam hidupmu."

81. "Hati dibuat untuk dihancurkan." - Oscar Wilde

82. "Aku lebih memilih menghapus air mata orang yang menyayangiku, karna orang yang ku cintai tak pernah menghapus air mataku di saat ku menangis."

83. "Suatu hari ini, aku harap kamu melihat ke belakang dan menyesal telah menolak cinta yang kuberikan padamu."

84. "Hati dibuat untuk dihancurkan." - Oscar Wilde

85. "Apa pun yang membuat Anda tersenyum, pertahankan. Apa pun yang membuat Anda sedih, tinggalkan." - Mario Teguh

86. "Ada banyak orang di dunia ini yang dapat menerima cintamu. Maka, jangan biarkan seseorang menjadi akhir dari hidupmu karena ia telah menolakmu."

87. "Seandainya tidak ada badai, pelangi tidak akan muncul. Untuk itu, belajarlah dari badai yang menimpamu."

88. "Mencintaimu sama dengan berperang; dan aku tidak akan pernah melakukannya lagi." - Warsan Shire

89. "Jadi inilah yang terjadi dengan hati yang hancur. Tidak peduli bagaimana Anda mencoba, potongan-potongan itu tidak pernah cocok seperti sebelumnya." - Ariana

90. "Cinta ditolak adalah bagian dari hidup. Itu akan berlalu jika kamu melepaskannya. Jadi, move on dan jalani hidupmu lagi."

 

7. Kata-Kata Hati Terluka dalam Bahasa Inggris

Adapun kata-kata hati terluka dalam bahasa Inggris berikut ini mengandung makna mendalam yang menunjukkan kekecewaan, kesedihan, dan kegalauan kalian buat seseorang. Jika relate, kalian bisa menggunakan kata-kata hati terluka dalam bahasa Inggris referensi terbaik membuatnya sadar diri atas tindakannya.

91. "Love is much like a wild rose, beautiful and calm, but willing to draw blood in its defense."

(Cinta itu ibarat sebuah mawar liar, ia tampak cantik dan lembut, namun dapat melukai bila disakiti.)

92. "Never allow someone to be your priority while allowing yourself to be their option." - Mark Twain

(Jangan pernah membiarkan seseorang menjadi prioritasmu ketika dia membiarkanmu menjadi pilihannya.)

93. "Make it go away. Make the pain go away."

(Buat ini menghilang. Buat rasa sakit ini menghilang.)

94. "It hurts when someone who you fight for doesn't fight for you back."

(Menyakitkan ketika seseorang yang kamu perjuangkan tidak berjuang untukmu kembali.)

95. "It really hurts when you expected so much more from the person you once loved so much."

(Yang menyakitkan itu sebenarnya saat kita terlalu berharap pada seseorang yang sangat kita cintai.)

96. "The pain of love is the pain of being alive. It is a perpetual wound."

(Kepedihan cinta adalah kepedihan dalam hidup. Dan kepedihan itu adalah sebuah luka yang abadi.)

97. "Stab the body and it heals, but injure the heart and the wound lasts a lifetime." - Mineko Iwasaki

(Tusukkan di tubuh bisa disembuhkan, tetapi menyakiti hati menimbulkan luka yang berlangsung seumur hidup.)

98. "An insincere and evil friend is more to be feared than a wild beast; a wild beast may wound your body, but an evil friend will wound your mind."- Anonymous

(Seorang teman yang tidak tulus dan jahat lebih menakutkan dibandingkan binatang yang buas, binatang mungkin bisa melukai tubuhmu, tapi seorang teman yang jahat akan menyakiti dan mengurung hati dan pikiranmu.)

99. "A broken heart does not mean you are broken. The crack is there to let the light in."

(Hal yang hancur tidak berarti kamu hancur. Retaknya ada untuk membiarkan cahaya masuk.)

100. "It is more shameful to distrust our friends than to be deceived by them."- Confucius

(Lebih memalukan untuk tidak mempercayai temanmu daripada ditipu olehnya.)

101. "The deepest pain is unseen by eyes. The deepest sadness is unsaid by words."

(Sakit yang terdalam adalah yang tidak terlihat oleh mata. Kesedihan yang terdalam adalah yang tak terucap oleh kata.)

102. "Promise is made just to make someone expect and get hurt in the end."

(Janji hanya untuk membuat seseorang mengharapkannya dan terluka pada akhirnya.)

103. "The hardest thing to do is watch the one you love, loves someone else."

(Hal tersulit yang harus dilakukan adalah melihat orang yang kita cintai, mencintai orang lain.)

104. "Love brings pain, and pain brings beauty."

(Cinta terkadang membawa luka, dan luka membawa keindahan.)

105. "God can heal a broken heart, but He has to have all the pieces."

(Tuhan dapat menyembuhkan hati yang remuk, tetapi Tuhan memiliki semua pecahannya.)

106. "Pleasure of love lasts but a moment, Pain of love lasts a lifetime."

(Kebahagiaan karena cinta hanya berlangsung sekejap saja, namun kekecewaan karena cinta berlangsung selamanya.)

107. "The hardest part of loving someone is knowing when to let go, and knowing when to say good bye."

(Bagian tersulit dalam mencintai seseorang adalah mengetahui kapan harus melepasnya, dan tahu kapan harus mengucapkan selamat tinggal.)

108. "It was a miserable thing, to be responsible for breaking your own heart." - Clifford Riley

(Itu hal yang menyedihkan bertanggung jawab atas menghancurkan hatimu sendiri.)

109. "This time I wouldn't forget him, because I couldn't ever forgive him - for breaking my heart twice."

(Kali ini aku tidak akan melupakannya, karena aku tidak pernah bisa memaafkannya - karena telah menghancurkan hatiku dua kali.)

110. "Sometimes I wish I were a little kid again, skinned knees are easier to fix than broken hearts."

(Terkadang aku ingin jadi anak kecil lagi, lutut yang terluka lebih mudah disembuhkan daripada hati yang tersakiti.)

111. "We cease loving ourselves if no one loves you." - Germaine De Stael

(Kita berhenti mencintai diri kita saat tak ada orang lain yang  mencintai kita.)

112. "A heartbreak is a blessing from God. It's just his way of letting you realize He saved you from the wrong one."

(Patah hati adalah berkah Tuhan. Itu adalah cara Tuhan menyelamatkanmu dari orang yang salah.)

113. "When the heart hurts, tears find their way." - Debasish Mridha

(Ketika hati terluka, air mata menemukan jalannya.)

114. "No matter how bad your heart is broken, the world doesn't stop for your grief." - Faraaz Kazi

(Tidak peduli seberapa parah hatimu hancur, dunia tidak akan berhenti untuk kesedihanmu.)

Itulah di antaranya 114 kata-kata hati yang terluka. Bagaimana, adakah yang bisa mewakili perasaan kalian saat ini?

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI