5 Cara Anak Tumbuh Tinggi Optimal di Masa Pertumbuhan yang Perlu Ibu Ketahui

Minggu, 25 Juli 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
5 Cara Anak Tumbuh Tinggi Optimal di Masa Pertumbuhan yang Perlu Ibu Ketahui
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Anak dengan tumbuh tinggi memang menjadi salah satu impian setiap ibu. Siapa yang tidak senang dengan anak yang sehat, kuat, dan bertubuh tinggi. Sebenarnya cara anak tumbuh tinggi bukan menjadi rahasia umum lagi di kalangan ibu. Tumbuh tinggi di sini bukan tinggi kurus ya, namun tumbuh tinggi dengan tubuh yang sehat.

Ada beberapa cara agar anak tumbuh tinggi yang dapat dilakukan. Makanan sehat dan olahraga tentu menjadi kunci utama untuk anak memiliki tubuh yang tinggi. Mengonsumsi makanan sehat juga perlu dilihat dengan teliti oleh sang ibu, agar kadarnya tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Namun selain cara tersebut, ada beberapa cara lain yang perlu ibu perhatikan agar anak tumbuh tinggi dengan baik. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 5 cara anak tumbuh tinggi saat masa pertumbuhan yang perlu diketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Makanan Bergizi Seimbang

Cara anak tumbuh tinggi yang pertama yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Ya, saat masa pertumbuhan tentu anak harus diberikan makanan dengan gizi yang seimbang karena pada masa pertumbuhan tubuh harus diberikan nutrisi agar anak tumbuh dengan baik.

Gizi seimbang sendiri merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, seperti makanan yang mengandung protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan juga mineral.

Kalian bisa lho mengkreasikan makanan sehat untuk anak. Tujuannya, agar anak yang sulit makan akan terangsang untuk makan makanan yang sehat. Kalian bisa mengkreasikan makanan dari ikan, daging, hingga kacang-kacangan. Namun kembali lagi ya KLovers, kalian harus memperhatikan takaran gizi yang seimbang agar tidak kurang ataupun berlebih.

2. Susu

Susu juga menjadi salah satu cara anak tumbuh tinggi saat masa pertumbuhan. Sudah sejak lama memang susu menjadi salah satu minuman yang dipercaya dapat membuat tumbuh menjadi tinggi.

Susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, salah satunya yaitu tulang. Susu mengandung protein, magnesium, zink, lemak, dan berbagai mineral penting lainnya. Bahkan mengonsumsi susu sejak masa pertumbuhan dapat mengurangi anak terkena penyakit pengeroposan tulang dan gigi.

Kalian bisa loh memilih susu yang berkualitas tinggi, seperti susu yang dilengkapi dengan asam amino esensial. Pilihlah susu dengan tepat dan jauh dari kadar gula yang tinggi. Hal itu karena dapat mengurangi kualitas susu itu sendiri.

3. Berolahraga

Tidak hanya cukup minum susu saja ya Klovers. Agar anak tumbuh tinggi dengan maksimal tentu dibutuhkan olahraga. Untuk waktunya sendiri menurut ahli di KidsHealth, balita setidaknya bergerak aktif selama 60 menit tiap hari dan usia prasekolah setidaknya 120 menit per hari. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti lompat tali, renang, basket, pull up, bersepeda, bermain voli, dan masih banyak lagi.

 

4. Atur Jam Tidur

Ternyata tidur juga dapat mempengaruhi tumbuh tinggi seorang anak loh Klovers. Hal ini karena saat tidur, beberapa organ dalam tubuh bekerja, sehingga hormon yang dilepaskan ini akan mendukung kerja organ. Hormon inilah kunci utama mengapa tidur dapat mendukung pertumbuhan seorang anak.

Dalam sebuah penelitian oleh Takahashi tahun 1968 menunjukkan bahwa, waktu tidur malam yang ditunda atau tidur malam yang tidak nyenyak dapat menghambat puncak pelepasan dari hormon pertumbuhan. Selain itu jurnal Otolaryngology-Head and Neck Surgery tahun 2010 menjelaskan, anak yang kekurangan hormon pertumbuhan karena kualitas tidur dapat memperburuk tinggi badan. Sehingga hal ini membuat tubuh anak yang kurang tidur tumbuh lebih pendek. Itulah mengapa tidur juga mempengaruhi tinggi badan seorang anak.

Menurut para ahli dalam National Sleep Foundation ini jam-jam terbaik untuk anak melakukan istirahat:

1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari

2. Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam

3. Balita/Toddlers (1-2 tahun): 11-14 jam

4. Balita/Preschoolers (3-5 tahun): 10-13 jam

5. Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam

6. Remaja (14-17 tahun): Rentang tidur melebar satu jam menjadi 8-10 jam

5. Berjemur

Dan yang terakhir yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari. Ya, bukan hal asing lagi bila berjemur di pagi hari dapat memberikan pertumbuhan yang baik untuk tulang, baik itu untuk orang dewasa hingga anak-anak. Namun, anak yang dalam masa pertumbuhan tentu akan mengambil nutrisi lebih banyak dan lebih baik lagi dibanding dengan orang dewasa hingga orangtua.

Sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang berperan penting dalam membantu pertumbuhan otot dan tulang, sehingga mampu mendukung tingkatkan tinggi badan anak. Vitamin D juga berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Namun perlu diingat ya KLovers, waktu yang baik untuk berjemur di bawah sinar matahari yaitu pukul 09.00-10.00, selebihnya anak perlu memakai tabir surya untuk melindungi kulitnya dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Itulah 5 cara anak tumbuh tinggi saat masa pertumbuhan yang perlu ibu ketahui. Saat masa pertumbuhan itulah ibu harus banyak memberikan perhatian khusus agar anak tumbuh dengan baik.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI