5 Cara Membersihkan Tas Kulit dari Noda, Mudah dan Bisa Dicoba

Kamis, 11 Juni 2020 14:22 Penulis: Dhia Amira
5 Cara Membersihkan Tas Kulit dari Noda, Mudah dan Bisa Dicoba
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Tas memang sesuatu hal yang sangat penting kita bawa bila sedang bepergian. Tas memiliki berbagai macam jenis, bentuk, serta motif. Ada tas yang berjenis kain katun, plastik, hingga bahan kulit. Dan banyak dari para pengguna tas memilih untuk menggunakan bahan kulit agar tahan lebih lama dan biasanya juga tahan dari air. Walaupun harganya cukup mahal, tetapi tas kulit memang menjadi banyak incaran.

Tas kulit biasanya banyak terbuat dari kulit sapi atau domba, dan tas kulit biasanya hanya memiliki warna gelap seperti hitam dan juga coklat. Karena memiliki harga yang cukup mahal, tentu jadi kewajiban bagi kalian untuk merawat tas tersebut agar bertahan lebih lama.

Dan tentu saja tas tak jauh-jauh dari noda dan juga kotoran, daripada bingung bagaimana cara membersihkan noda pada tas kulit agar tidak rusak. Inilah 5 cara membersihkan tas kulit dari noda yang perlu kalian ketahui.

 

 

1. Alkohol

Cara membersihkan tas kulit yang pertama yaitu dengan memberikan alkohol. Biasanya alkohol digunakan untuk menghilangkan noda tinta bekas pena pada tas kulit. Jadi bila kalian memiliki noda tinta pada tas kulit, tidak perlu khawatir karena kalian bisa menggunakan alkohol sebagai cara aman dan juga mudah untuk membersihkannya.

Dan cara menggunakannya juga cukup mudah, kalian hanya perlu tuangkan kapas atau cotton bud pada alkohol lalu oleskan secara perlahan pada noda tinta di tas. Gosokkan terus secara perlahan hingga noda tinta pada tas kulit kalian menghilang, setelah itu jemur tas agar tidak berjamur.

2. Air dan Deterjen

Cara membersihkan tas kulit yang kedua yaitu dengan menggunakan air dan juga deterjen. Cara ini untuk membersihkan tas kulit dari beberapa kotoran seperti bekas makanan atau kotoran lainnya. Biasanya bila kita sedang makan atau duduk di tempat umum akan mengalami kejadian yang tidak disengaja dan menyebabkan tas terkena kotoran. Bila sudah seperti itu tidak perlu panik, kalian bisa menggunakan deterjen dan juga air untuk membersihkannya.

Dan caranya yaitu, ambil air dan teteskan deterjen cair sedikit saja lalu larutkan. Kemudian masukkan air tersebut ke dalam botol yang dapat di semprot. Dan semprotkan cairan tersebut pada kain microfiber, lalu oleskan secara perlahan ke tas kulit kalian hingga kotoran yang ada di tas tersebut menghilang.

3. Lemon

Selain menggunakan air dan deterjen ternyata air lemon juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan tas kulit dari noda makanan hingga darah yang sudah kering. Lemon merupakan bahan alami, jadi cukup aman digunakan untuk tas kulit kalian, yang tentu saja caranya juga cukup mudah.

Kalian hanya perlu ambil satu buah lemon ukuran besar, dan peras lalu ambil airnya. Kemudian campurkan satu buah cream of tartar dengan air lemon sampai terbentuk pasta. Lalu setelah itu, oleskan pasta lemon tersebut pada tas kulit yang terkena kotoran dan gosok secara halus menggunakan kain lembab. Lakukan hal tersebut hingga kotoran yang ada di tas kulit kalian menghilang.

4. Cuka

Bila tidak memiliki lemon, maka kalian bisa kok menggantinya menjadi cuka. Karena di dalam cuka juga terdapat zat asam yang cukup untuk membantu membersihkan kotoran pada tas kulit kalian. Selain kotoran, cuka juga dapat membersihkan jamur yang terdapat pada tas kulit. Kita tahu bahwa tas kulit bisa dengan mudah berjamur di tempat yang dingin ataupun lembab. Untuk itu, kalian bisa menggunakan cuka sebagai cara mudah untuk membersihkan jamur pada tas kulit.

Dan cara membersihkan tas kulit dengan menggunakan cuka juga cukup mudah, yaitu kalian hanya perlu menuangkan cuka pada kain atau kapas. Kemudian oleskan pada tempat yang ingin dibersihkan secara perlahan hingga kotoran, darah, ataupun jamur menghilang.

5. Minyak Zaitun

Dan cara membersihkan tas kulit yang terakhir yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Selain dapat merawat tas kulit dan membuat tas terlihat seperti baru lagi, kalian bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan tas kulit dari kotoran yang lengket seperti lem atau permen karet.

Dan cara membersihkannya yaitu, tuangkan minyak zaitun pada bagian yang terkena lem atau permen karet. Diamkan selama 10 menit, bila sudah oleskan secara perlahan menggunakan kain lembab. Lakukan hal tersebut hingga kotoran pada tas menghilang.

Itulah 5 cara membersihkan tas kulit dari kotoran yang mudah dan juga praktis. Kalian tidak perlu khawatir dengan tas kulit yang kotor, karena dapat dibersihkan dengan bahan-bahan di atas secara mudah. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI