5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan, Pahala Berlipat Ganda - Dijauhkan dari Api Neraka

Senin, 03 Mei 2021 17:33 Penulis: Puput Saputro
5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan, Pahala Berlipat Ganda - Dijauhkan dari Api Neraka
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Bulan Ramadan jadi waktu yang istimewa dalam agama Islam. Di bulan yang suci ini, setiap umat muslim dianjurkan untuk berpuasa dan melakukan banyak amal saleh. Bersedekah jadi salah satu yang dianjurkan. Pasalnya, terdapat keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang membuatnya lebih istimewa dengan banyak pahala kebaikan.

Sama seperti amalan kebaikan lainnya, Allah SWT menjamin pahala yang berlipat ganda bagi mereka yang bersedekah di bulan Ramadan. Apalagi, sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan membantu sesama. Sehingga, keberkahan dari sedekah tidak saja diperoleh orang yang melakukan, melainkan juga didapat mereka yang menerimanya.

Lantas, apa sajakah keutamaan sedekah di bulan Ramadan? Nah untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Merupakan Sedekah Paling Utama

Sedekah merupakan ibadah yang dilakukan dengan mengeluarkan harta untuk menolong sesama atau untuk kepentingan ummat dalam kebaikan. Namun tentunya, sedekah harus dilakukan dengan ikhlas, semata-mata bertujuan untuk memperoleh ridho Allah SWT.

Sedekah pada dasarnya bisa dikerjakan kapan saja, bukan saja pada bulan Ramadan, seperti ibadah puasa atau sholat tarawih. Hanya saja, pada bulan Ramadan umat muslim sangat dianjurkan untuk bersedekah. Lantaran, Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan berkah kebaikan.

Anjuran sedekah di bulan Ramadan disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW, dalam salah satu hadisnya, yang berbunyi:

"Dari Anas dikatakan, 'Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?' Rasul menjawab, 'Sedekah di bulan Ramadan'," (HR At-Tirmidzi).

Tidak saja dalam satu hadis, anjuran Rasulullah SAW tentang bersedekah di bulan Ramadan juga ditemukan dalam hadis lain yang berbunyi:

"Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan," (HR Bukhari dan Muslim).

 

2. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan lain bersedekah di bulan Ramadan adalah ganjaran berupa pahala yang berlipat ganda. Seperti yang kita tahu, pada bulan Ramadan, setiap ibadah dan amalan kebaikan akan diganjar dengan pahala yang lebih berlipat ganda, termasuk bersedekah. Hal tersebut sebagaimana yang terkandung dalam salah satu Hadis, berbunyi:

"Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, 'Semua amal kebaikan anak manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan serupa hingga 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, 'Kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya karena ia meninggalkan syahwat dan makanan demi Aku.' Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu satu kebahagiaan saat berbuka puasa dan satu kebahagiaan lainnya saat menemui Tuhannya. Sungguh bau mulutnya lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi," (HR Muslim).

 

3. Membawa Ketenangan dan Kebahagiaan

Banyak orang ragu bersedekah karena khawatir kebutuhannya jadi tidak terpenuhi. Padahal Allah SWT menjanjikan balasan berupa pahala berlipat serta rezeki yang melimpah. Selain itu, sedekah juga akan memberikan tenangan dan kebahagiaan. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Rasulullah SAW dalam hadis yang berbunyi:

"Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa." (HR. Bukhari).

 

4. Mendapat Naungan di Hari Akhir

Bagi orang yang bersedekah khususnya di bulan Ramadan, Allah SWT juga berjanji akan memberikan naungan pada mereka di hari akhir kelak. Namun untuk mendapatkan keutamaan-keutamaan ini, seorang muslim harus mempunyai hati yang tulus dan ikhlas saat bersedekah. Ketulusan seorang saat bersedekah telah Rasulullah SAW gambarkan dalam hadisnya, yang menyebut:

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." (HR. Bukhari no. 1421)

 

5. Jaminan Surga dan Dijauhkan dari Api Neraka

Bersedekah merupakan satu amalan kebaikan yang membawa banyak manfaat, karena lewat bersedekah kita juga menolong sesama. Sehingga, tak heran jika bersedekah mempunyai banyak keistimewaan yang luar biasa. Dia antara banyaknya keutamaan itu, salah satunya adalah dijamin masuk surga dan dijauhkan dari api neraka.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan Rasulullah dalam salah satu hadisnya berikut ini:

"Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur." (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

Sementara, dalam salah satu hadis Rasulullah SAW juga menyebut bahwa seorang yang rajin bersedekah akan terhindar dalam api neraka. Adapun hadis tersebut berbunyi:

"Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR. Thabrani).

Itulah di antaranya beberapa keutamaan bersedekah di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat dan menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI