5 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan, Mencegah Kanker - Melancarkan Pencernaan

Kamis, 02 Juli 2020 16:11 Penulis: Dhia Amira
5 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan, Mencegah Kanker - Melancarkan Pencernaan
Manfaat kacang merah (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak nutrisi serta manfaat. Kacang merah memiliki ukuran sedang dan bertekstur lembut bila diolah. Selain nikmat untuk dikonsumsi ternyata ada banyak loh manfaat kacang merah bagi tubuh dan kesehatan kita.

Di dalam kacang merah terdapat banyak sekali kandungan seperti, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan juga zinc. Penasaran apa saja manfaat kacang merah bagi tubuh dan juga kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat kacang merah bagi tubuh dan juga kesehatan. Yuk langsung saja di cek.

 

1. Mencegah Kanker

Manfaat kacang merah yang pertama yaitu untuk mencegah kanker pada tubuh. Hal ini karena di dalam kacang merah terdapat kandungan vitamin K yang dapat mencegah terjadinya kanker, terutama kanker payudara dan juga kanker prostat.

Selain memiliki vitamin K, serat yang tinggi pada kacang merah juga dapat mengurangi risiko kanker prostat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition membuktikan bahwa pola makan kaya serat mampu menurunkan risiko kanker prostat hingga nyaris 50%.

Sementara itu dalam setiap 100 gram kacang merah, terdapat 52% kebutuhan serat dalam sehari. Itulah mengapa mengonsumsi kacang merah secara rutin dengan takaran yang pas sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat mencegah kanker.

2. Kesehatan Tulang

Manfaat kacang merah selanjutnya yaitu dapat memberikan nutrisi bagi kesehatan tulang pada tubuh. Hal ini karena kandungan kalsium, zat besi, serta fosfor sangat baik untuk menutrisi tulang kita dan mengurangi penyakit osteoporosis saat lanjut usia.

Selain itu kacang merah juga baik diberikan pada anak untuk membantu dalam pembentukan tulang yang kuat serta sehat. Lalu kacang merah juga baik bagi wanita hal ini karena selain mencegah kanker payudara, kacang merah juga sangat baik untuk mengurangi penyakit osteoporosis. Terutama bagi wanita yang sangat rentan terkena osteoporosis.

Tetapi perlu diingat bahwa, untuk anak-anak ataupun orang dewasa harus mengonsumsi dengan takaran yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini agar kandungan kacang merah dapat bermanfaat dengan baik pada tubuh kalian.

3. Melancarkan pencernaan

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, membuat kacang merah sangat baik loh untuk pencernaan. Bila kalian sering mengalami sulit buang air besar atau sembelit makan mengonsumsi kacang merah juga dapat menjadi solusi.

Kacang merah tidak harus selalu diolah dengan makanan manis. Kalian bisa mencampurkan kacang merah pada sup atau sayuran tumis. Selain itu kalian bisa memberikan campuran kacang merah pada nasi saat akan dimasak, dan menjadi makanan pokok untuk memberikan kandungan serat harian dalam tubuh.

4. Kesehatan Jantung

Manfaat kacang merah yang selanjutnya yaitu baik bagi kesehatan jantung kalian. Hal ini karena kacang merah tidak memiliki kandungan kolesterol, selain itu di dalam kacang merah juga terkandung protein yang tinggi untuk tubuh. Dalam 100 gram kacang merah kalian akan mendapatkan 40% kebutuhan protein harian.

Dan tentu saja kalian tidak perlu takut dengan adanya kolesterol, karena tidak ada kandungan kolesterol pada kacang merah. Selain itu serat larut yang terkandung dalam kacang merah juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Sehingga kesehatan jantung kalian akan membaik dan juga sehat.

5. Mengontrol Nafsu Makan

Dan manfaat kacang merah yang terakhir yaitu dapat mengontrol nafsu makan. Hal ini karena kandungan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks pada kacang merah bisa membuat kalian kenyang lebih lama. Dan tentu saja kandungan kalori pada kacang merah juga tidak tinggi, sehingga dapat menjadi makanan sehat bagi kalian yang sedang diet.

Kalian bisa mengolah kacang merah menjadi berbagai jenis makanan sehat, seperti sup kacang merah, kue kacang merah, hingga menjadikan kacang merah sebagai makanan pokok bagi kalian yang sedang diet. Sehingga berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Itulah 5 manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki rasa yang nikmat bila diolah menjadi makanan, ternyata kacang merah juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI