7 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Cocok Jadi Camilan saat Diet

Kamis, 11 Juni 2020 17:44 Penulis: Puput Saputro
7 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan, Cocok Jadi Camilan saat Diet
Manfaat kacang tanah (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kacang tanah rebus atau goreng selama ini jadi salah satu camilan yang murah meriah dan banyak digemari. Tidak hanya dikonsumsi sebagai kacang rebus atau goreng, kacang tanah juga kerap diolah menjadi kue atau jenis makanan lainnya. Ya, kacang tanah memang sepopuler itu. Meski populer, faktanya belum banyak yang tahu apa saja manfaat kacang tanah untuk kesehatan.

Sebab, selain bermanfaat selama ini kacang tanah lebih dikenal bisa menyebabkan jerawat dan memicu asam urat. Akibatnya, jadi banyak orang yang menghindari makanan ini. Padahal, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat akan ada banyak manfaat kesehatan yang didapat.

Apa saja manfaat kacang tanah untuk kesehatan? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Menyehatkan otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah bisa menyehatkan otak. Kacang tanah mempunyai kandungan senyawa bernama niacin dan resveratol. Kedua kandungan ini diyakini bisa membantu aliran darah ke otak. Dengan begitu, kerja otak tidak akan terhambat. Terutama, terkait kemampuan otak dalam mempertahankan memori atau ingatan. Itulah sebabnya mengapa anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak kacang-kacangan, termasuk kacang tanah. 

2. Mencegah Depresi

Selain meningkatkan daya ingat, mengonsumsi kacang tanah juga bisa menjauhkan kita dari depresi. Hal ini dikarenakan dalam kacang tanah terkandung triptofan asam amino yang bisa membangkitkan hormon serotonin.

Seperti yang kita tahu hormon serotonin merupakan hormon yang akan sangat mempengaruhi rasa bahagia seseorang. Maka tidak heran, jika kita sering kali sulit berhenti mengunyah kacang tanah. Bukan hanya karena tidak hanya enak, melainkan juga disebabkan terbawa perasaan yang bahagia.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes jadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Diabetes bisa disebabkan berbagai faktor mulai dari genetik hingga pola hidup yang tidak sehat. Namun secara medis diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Diabetes tentu tidak bisa dianggap remeh, penyakit ini bisa memicu berbagai komplikasi.

Kabar baiknya, kacang tanah yang biasa digunakan sebagai bumbu pecel ini bisa mencegah diabetes. Kacang tanah dipercaya mampu menstabilkan gula darah. Bahkan tidak hanya menstabilkan kadar gula, kandungan dalam kacang tanah juga diyakini bisa menyerap kelebihan kalsium dalam tubuh.

4. Cegah Kolestrol dan Sehatkan Jantung

Selain gula darah, ternyata kolesterol berlebih juga bisa diatasi dengan manfaat kacang tanah untuk kesehatan. Dalam kacang tanah terkandung mono asam lemak yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang diyakini bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kemampuan ini, artinya  mengonsumsi kacang tanah juga akan menjauhkan kita dari penyakit jantung koroner.

5. Cegah Kanker

Kanker juga jadi salah satu penyakit mematikan yang bisa dicegah dengan konsumsi kacang tanah. Kacang tanah mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa jadi salah satu pemicu kanker. Tidak hanya mencegah, kacang tanah juga berpotensi jadi obat kanker. Sebab, kandungan antioksidan dalam kacang tanah juga diyakini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

6. Menyehatkan Kulit

Dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa memicu jerawat, siapa sangka ternyata kacang tanah justru bisa menyehatkan kulit. Hal ini dikarenakan dalam kacang tanah terkandung vitamin E dan vitamin B12. Kedua kandungan tersebut membuat kacang tanah bisa mencegah berbagai permasalahan kulit seperti, penuaan dini.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin B dalam kacang tanah juga dipercaya bisa membuat kulit wajah jadi lebih bersinar. Dengan begitu, manfaat kacang tanah tidak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga kecantikan.

7. Cocok untuk Diet

Kalian pasti pernah mengalami sedang menjalankan program diet, tapi tetap ingin ngemil. Tak perlu khawatir, kalian bisa menjadikan kacang tanah sebagai pilihan camilan menyehatkan saat kalian diet. Bukan tanpa alasan, sebab kacang tanah mempunyai kandungan antioksidan dan mineral yang bisa diolah menjadi energi dalam tubuh. Meski begitu, kacang tanah juga mempunyai kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah. Itulah mengapa, kacang tanah cocok dijadikan camilan saat sedang diet.

Itulah di antaranya sederet manfaat kacang untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang, tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi kacang tanah. Meski begitu tetap perhatikan jumlah kacang tanah yang dikonsumsi, ya.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI