53 Kata Bijak Alam dan Manusia Penuh Makna, Ajarkan Kebijaksanaan - Motivasi Jaga Lingkungan

Kamis, 10 Juni 2021 14:11
53 Kata Bijak Alam dan Manusia Penuh Makna, Ajarkan Kebijaksanaan - Motivasi Jaga Lingkungan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Alam dan manusia juga mempunyai hubungan yang begitu erat. Dari alam yang begitu luas, manusia memang bisa mendapatkan banyak hal berharga. Alam tidak saja menyuguhkan keindahan dan kekayaan yang bisa dimanfaatkan. Dengan mengamati alam secara seksama, manusia bisa belajar kebijaksanaan. Selain lewat pengamatan, kita juga bisa mempelajari kebijaksanaan tersebut dari kata bijak alam dan manusia.

Sayangnya, tak semua manusia bisa menyadari pelajaran berharga yang terdapat di alam. Malahan, banyak di antara mereka yang justru berlaku semena-mena tanpa memperdulikan kelestarian alam. Padahal, alam yang tak dijaga akan cepat rusak. Kata bijak alam dan manusia juga akan menyadarkan kita pentingnya menjaga kelestarian.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata bijak alam dan manusia yang penuh makna dan ajarkan kebijaksanaan dalam hidup.

 

1. Kata Bijak Alam dan Manusia Penuh Makna

Alam dan manusia mempunyai hubungan yang begitu dekat dan berharga. Oleh karena itu, hanya kata-kata penuh makna yang bisa menggambarkan hubungan yang terjalin antara manusia dan alam. Berikut kata bijak alam dan manusia yang punya makna begitu mendalam.

1. "Alam semesta, tampaknya, penuh dengan tempat-tempat sepi." - Robert Charles Wilson

2. "Alam memberikan pelajaran yang sangat berharga tentang keindahan melalui warna pelangi yang beraneka ragam."

3. "Alam sebagai sarana pendidikan dan bukan cuma petualangan." - Norman Edwin

4. "Alam telah hidup sejak jutaan ribu tahun lalu sehingga ia sudah cukup bijaksana untuk mengajarkan kamu berbagai kehidupan melebihi orang yang kau anggap pintar."

5. "Alam merupakan ibu bagai setiap orang, karena ia mampu menjadi sekolah yang mengajarkan anak-anaknya tentang berbagai kehidupan untuk memberikan semangat baru."

6. "Alam semesta adalah surga dengan pintu tersembunyi yang indah." - Mehmet Murat ildan

7. "Agar hidupmu tak gagal jika dekat alam, maka makan dan tidurlah pada pelukannya."

8. "Alam merupakan guru terbaik, karena setiap adegan petualangan pasti akan mengajarkan ilmu yang sangat berharga untuk kita."

9. "Alam merupakan ibu bagai setiap orang, karena ia mampu menjadi sekolah yang mengajarkan anak-anaknya tentang berbagai kehidupan untuk memberikan semangat baru."

10. "Alam ada, lebih dari sekadar membuat manusia hidup. Alam juga tanda-tanda jalan pulang menuju kedamaian." - Gede Prama

11. "Alam tak hanya sekadar obat yang mampu menghilangkan setiap kesedihan atas luka hati, namun ia juga mampu memberikan kesejukan sepanjang masa."

12. 

13. "Alam melukis untuk kita, hari demi hari, memberikan keindahan yang tak terbatas." - John Ruskin

14. "Tanam benih kebahagiaan, harapan, kesuksesan, dan cinta; semuanya akan kembali padamu dengan berlimpah. Ini adalah hukum alam." - Steve Maraboli.

15. "Alam merupakan guru terbaik, karena setiap adegan petualangan pasti akan mengajarkan ilmu yang sangat berharga untuk kita."

16. "Gunung merupakan sekolah yang nyata bagi para pendaki untuk mengenyam pendidikan tentang hakikat alam".

17. "Pohon di tengah hutan bagaikan lilin dalam kegelapan. Sebab ia mampu memberikan cahaya dan ketenangan nyata bagi penghuni sekitarnya."

 

2. Kata Bijak Alam dan Manusia Inspiratif

Dari alam manusia juga sering mendapatkan inspirasi. Sudah tak terhitung berapa banyak karya yang lahir setelah terinspirasi dari keindahan dan kekayaan alam. Berikut beberapa kata bijak alam dan manusia yang bisa jadi sumber inspirasi.

18. "Belajarlah dari alam karena alam bisa memberikan pembelajaran dan keindahan yang tak ternilaikan."

19. "Keindahan alam mampu menghantarkan daya imajinasi kita ke tahap yang tak mungkin menurut akal."

20. "Menyatulah dengan alam, coba selami cara alam bergerak dan bereaksi, sayangi ia. Setelah itu baru namakan dirimu manusia." - Jerinx

21. "Pelajari alam, cintai alam, tinggal dekat dengan alam. Itu tidak akan pernah mengecewakanmu."

22. "Petiklah miliaran hikmah yang terdapat dalam alam, niscaya alam tak letih memberikan anda pelajaran tentang kehidupan."

23. "Semua hal yang ada di alam semesta adalah buah dari kesempatan dan kebutuhan." - Democritus

24. "Jangan cuma menikmati alam ini, tapi menjaganya juga perlu."

25. "Jangan hanya menikmati keindahan alam, kita harus menjaga dan merawatnya."

26. "Jika kamu belum pernah terdampar pada sebuah lembah rimbun, itu tandanya kamu belum pernah melihat bagaimana megahnya bumi yang kau injak."

27. "Jika alam hendak kau musnahkan, lalu dari mana kamu akan mendapatkan makanan dan tempat tinggal?"

28. "Jika alam cukup ganas untuk kau taklukkan, cobalah lawan dengan kerendahan hati, bukan dengan kekerasan."

29. "Apabila kamu sedang mencari ide kreatif, keluarlah dari rumah dengan berjalan kaki, malaikat akan berbisik kepadamu ketika kamu sedang berjalan di luar rumah." - Raymond Inmon.

30. "Mendaki gunung mengajarkan banyak hal tentang sikap, ego, kebersamaan, kelemahan kita, semangat, keyakinan dan banyak hal lainnya."

 

3. Kata Bijak Alam dan Manusia Islami

Menjaga kelestarian alam sudah menjadi tanggung jawab setiap umat manusia. Tidak saja secara hukum, setiap agama juga menganjurkan penganutnya untuk menjaga alam. Begitu pula dalam agama Islam. Di agama Islam, manusia dilarang bersikap semena-mena terhadap alam. Berikut beberapa kata bijak alam dan manusia yang bernuansakan islami.

31. "Bukankah alam juga ciptaan Tuhan? Lalu apakah kamu mau mendapatkan dua dosa jika merusak alam? Pertama dosa atas merusaknya, kedua dosa atas tak mensyukuri ciptaan Tuhan."

32. "Bumi akan selalu mencukupi kebutuhan semua manusia, namun tidak untuk memenuhi keserakahan satu manusia."

33. "Keindahan alam, yang diberikan Tuhan yang wajib kita syukuri, dengan menjaganya."

34. "Setiap kali aku merenungi keajaiban alam di Bumi Pertiwi, aku selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Tuhan berikan bagi bangsa ini."

35. "Saat anda bersedih, luangkanlah beberapa detik untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui indahnya alam semesta ini."

36. "Tuhan telah menciptakan bagian-bagian bumi dengan sangat indahnya. Jangan ragu! Jelajahlah setiap bagiannya, maka niscaya kamu akan memperoleh ketenangan hati darinya."

37. "Manusia diturunkan di dunia oleh Tuhan sebagai utusan untuk menjaga alam, bukan merusaknya."

38. "Tuhan, tenagailah kesungguhan para aktivis pelestarian keindahan alam, menangkanlah mereka di atas para perusak."

39. "Hanya kepada orang yang halus perasaannya, keindahan dan rahasia alam ini dibukakan Tuhan untuknya." - Socrates

40. "Layaknya seorang anak, alam adalah hal yang perlu selalu kita jaga keindahannya, agar anak dan cucu kita kelak tetap dapat menikmati, keindahan yang telah dikreasi oleh Tuhan Sang Pencipta Semesta Alam."

41. "Banyaknya langkah dalam perjalananmu, akan menentukan seberapa kenikmatan yang akan kau dapatkan. Sebab, kenikmatan akan ditentukan oleh siapa yang menjadi tujuannya, dan tujuan yang hakiki adalah Sang Pencipta."

42. "Manusia diturunkan di dunia oleh Tuhan sebagai utusan untuk menjaga alam, bukan merusaknya."

 

4. Kata Bijak Alam dan Manusia Menyentuh

Antara alam dan manusia memang mempunyai hubungan yang begitu dalam. Tak sembarang orang bisa merasakan hubungan tersebut. Hanya orang dengan hati yang tulus dan pikiran terbuka, yang bisa mengerti bahwa manusia dan alam sejatinya saling membutuhkan. Berikut kata bijak alam dan manusia yang mampu menyentuh hati.

43. "Keindahan alam adalah sebuah karunia yang memupuk penghargaan dan rasa bersyukur." - Louie Schwartzberg

44. "Tak ada tempat yang lebih indah untuk berlari, selain alam."

45. "Tidakkah takut dirimu jika alam menjadi murka? Masih berani saja dirimu mengotori dan merusaknya."

46. "Untuk merasakan apa tak pernah kau rasakan, dan mengetahui apa yang tak pernah kau ketahui, maka kamu perlu mendaki gunung. Sebab akan ada hal baru yang diajarkan gunung untuk setiap pendaki."

47. "Berikan yang terbaik pada alam dan alam akan berbaik memberikan terbaik kepadamu."

48. "Bahkan ketika kamu berlaku tak adil atau sadis pada alam, dia tetap selalu menyediakan apa yang kamu butuhkan dalam kehidupan."

49. "Sukacita dalam melihat dan memahami adalah anugerah yang paling indah dari alam." - Albert Einstein

50. "Sekecil apa pun langkah yang kau lakukan dengan alam, setiap langkah itu juga alam akan memberikanmu penghargaan indah yang tak mampu diberikan seseorang."

51. "Tujuan hidup adalah untuk membuat detak jantung Anda sesuai dengan detak alam semesta, untuk mencocokkan sifat Anda dengan alam." - Joseph Campbell

52. "Biarkan saja orang lain sibuk mengurusi kita, namun anak cucu kita kelak akan tertawa bangga dengan masa muda kita yang merindu pada keheningan alam."

53. "Hanya dikelilingi oleh alam yang berlimpah, mereka meremajakan dan menginspirasi kita." - EO Wilson

Itulah di antaranya 53 kata bijak alam dan manusia yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI