97 Kata Bijak Bersyukur Atas Nikmat Tuhan, Menenangkan Tenang dan Buat Hidup Bahagia

Diperbarui: Diterbitkan:

97 Kata Bijak Bersyukur Atas Nikmat Tuhan, Menenangkan Tenang dan Buat Hidup Bahagia
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Dalam menjalani kehidupan di dunia, setiap manusia mendapatkan rezeki dan nikmat dari Tuhan. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap orang selalu bersyukur. Pasalnya, dengan bersyukur, rezeki dan nikmat yang didapat akan terasa lebih berarti. Ada banyak cara untuk menunjukkan rasa syukur. Salah satunya, bisa dengan menuliskan kata bijak bersyukur.

Perasaan syukur bisa menjadi bentuk rasa terima kasih pada Tuhan, atas nikmat yang telah diberikan. Selain itu, bersyukur juga akan membuat kehidupan terasa lebih tentram dan damai. Sebab, bersyukur akan membuat kita merasa cukup. Dengan begitu, kita juga akan lebih terhindar dari perasaan iri dan dengki yang membuat kehidupan jadi tidak tenang.

Sesekali, tak ada salahnya menunjukkan rasa syukur dalam bentuk kata-kata bijak tentang bersyukur. Sebagaimana kata bijak pada umumnya, kata bijak tentang bersyukur juga menyimpan makna dan pelajaran hidup berharga.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa kata bijak bersyukur.

 

 

 

 

1. Kata Bijak Bersyukur Tenangkan Hati

Bersyukur bisa menjadi salah satu jalan untuk mencapai kebahagiaan. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, dengan bersyukur kita akan merasa cukup. Dengan begitu, bagaimanapun kondisi kita saat ini, kita akan tetap merasa bahagia. Hati juga terasa lebih tenang dan tentram karena tidak terlalu terpaku pada kebahagiaan-kebahagiaan semu. Seperti beberapa kata bijak bersyukur berikut yang bisa membuat hati tenang dan bahagia.

1. "Kamu tidak akan menemukan kebahagiaan jika terus menuntut kesempurnaan. Syukuri apa yang kamu miliki, maka di sana akan kau temukan kebahagiaan."

2. "Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, Bersyukur dan ikhlas."

3. "Bersyukurlah saat sukses maupun gagal. Sesungguhnya kekayaan dan kebahagiaan sejati ada dalam diri seseorang yang bersyukur."

4. "Harus selalu bersyukur dan tidak berkeluh kesah. Dengan demikian perjalanan hidup baru bisa lancar tanpa hambatan."

5. "Bahagialah secukupnya, Sedih seperlunya, mencintai sewajarnya, membenci sekadarnya, dan bersyukurlah sebanyak-banyaknya."

6. "Kamu tidak akan menemukan kebahagiaan jika terus menuntut kesempurnaan. Syukuri apa yang kamu miliki, maka di sana akan kau temukan kebahagiaan."

7. "Bersyukurlah bagaimanapun keadaanmu saat ini. Kebahagiaan dimulai dari rasa syukur yang selalu dipanjatkan."

8. "Kebahagiaan tidak akan pernah sampai kepada mereka yang gagal menghargai apa yang sudah mereka miliki."

9. "Bukan kebahagiaan yang menjadikan kita bersyukur, tapi bersyukurlah yang membuat kita bahagia."

10. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

11. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

12. "Ketahui apa makna sebuah kehidupan, karena dengan itu kamu bisa merasakan kebahagiaan sejati. Hidup adalah mengenai bagaimana caranya kita mensyukuri segalanya yang masih kita miliki."

13. "Orang yang paling bahagia adalah orang yang dapat selalu bersyukur, bahkan dalam kondisi terburuk."

14. "Tidak ada penderitaan yang abadi, tidak ada kebahagiaan yang abadi. Kecuali bagi yang pandai bersyukur, selamanya ia akan merasakan kebahagiaan."

15. "Bahagia tidak ditandai dengan apa yang terlihat di sosial media. Bahagia ada di dalam hatimu, tentang seberapa besar syukur yang hatimu rasakan."

 

 

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata Bijak Bersyukur atas Nikmat

Setiap detik, menit, dan selama waktu terus berjalan, kita terus mendapatkan nikmat dari Tuhan. Sepanjang hidup hingga ajal menjemput, tak akan terhitung jumlah nikmat yang telah Tuhan berikan. Itulah mengapa, rasa syukur sudah semestinya tertanam dalam hati dan terus dipanjatkan setiap hari. Berikut beberapa kata bijak bersyukur atas nikmat Tuhan.

1. "Selalu bersyukur untuk hari ini, esok hari, dan selanjutnya hingga ajal menjemput."

2. "Jangan sepelekan hal yang kecil, karena sesuatu yang besar itu berasal dari hal-hal yang kecil."

3. "Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu sesuatu. Karena itu memberimu kesempatan untuk belajar."

4. "Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan."

5. "Ketika kamu merasakan kesakitan, lupakan, namun ingatlah segala bentuk kebaikan yang sudah kamu dapatkan."

6. "Keadaan apapun yang sedang terjadi janganlah lupa ucap syukur, bahkan penderitaan sekalipun jangan sampai membuat kita lupa mengucapkan syukur."

7. "Selalu ada lebih banyak hal yang patut untuk disyukuri daripada mengeluh."

8. "Kita akan terus merasa kurang. Maka, jangan terus meminta penambahan nikmat, mintalah kelapangan hati agar merasa cukup dengan nikmat yang telah diberikan."

9. "Ketika memakan buah, ingat seseorang yang telah menanam pohonnya."

10. "Bersyukurlah untuk masa-masa sulit, karena di masa itulah kamu tumbuh."

11. "Bersyukur atas segala nikmat Tuhan. Nikmat yang tampak pun nikmat yang tidak tampak. Nikmat lahir pun nikmat batin."

12. "Orang yang bersyukur adalah orang yang tahu cara menikmati hidup."

13. "Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?"

14. "Ingatlah, di saat kita lelah dan mengeluh tentang pekerjaan. Pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat, yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti Anda."

15. "Hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang senantiasa bersyukur saat keadaan mereka terpuruk."

 

 

 

 

 

 

 

3. Kata Bijak Bersyukur Buat Hidup Bermakna

Bersyukur bukan sekadar mengucapkan rasa terima kasih pada Tuhan semata. Bersyukur adalah perkara hati yang ikhlas dan berbahagia atas segala yang diperoleh dalam hidup. Dengan bersyukur, hidup akan terasa lebih tenang, bahagia, dan bermakna. Berikut beberapa kata bijak bersyukur yang bisa buat hidup jadi lebih bermakna.

1. "Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

2. "Mimpi membuat hidup bergairah, bersyukur membuat hidup bahagia."

3. "Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur."

4. "Bagi orang yang bersukacita dengan semua yang dimilikinya saat ini dan tidak berduka atas segala hal yang belum dimiliki adalah orang bijak."

5. "Sebuah tindakan berupa kebaikan terkecil sangat bernilai, sekalipun dibandingkan dengan sebuah niat yang paling besar."

6. "Tuhan, terima kasih atas kesempatan yang telah engkau berikan untukku agar melihat indahnya dunia ini lebih lama."

7. "Rasa syukur adalah bunga paling indah yang muncul dari dalam jiwa."

8. "Seluruh alam semesta takkan mencukupi hasrat orang serakah. Namun, jika kamu bersyukur, kamu akan merasa sangat cukup dengan apa yang kamu miliki saat ini."

9. "Hidup akan terasa lebih indah jika kita mau bersyukur."

10. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

11. "Apapun yang terjadi tetaplah bersyukur, jangan sampai penderitaan membuatmu lupa bagaimana cara untuk bersyukur."

12. "Bersyukur membebaskan diri dari belenggu kecemasan atas kesalahan."

13. "Inti dari kehidupan yang indah ini adalah syukur."

 

 

 

 

 

 

 

4. Kata Bijak Bersyukur Penuh Inspirasi

Mengucap syukur memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita. Selain membuat hati tenang dan hidup jadi lebih bahagia, rasa syukur juga bisa membangkitkan inspirasi. Pasalnya, setelah bersyukur hati dan pikiran akan jadi lebih tenang. Dengan begitu, pikiran akan lebih terbuka sehingga hidup yang penuh rintangan terasa lebih ringan. Berikut beberapa kata bijak bersyukur yang penuh inspirasi.

1. "Orang yang ikhlas dan pandai bersyukur akan selalu mendapat jalan keluar dari setiap masalah."

2. "Kalau setiap harapan kita selalu berjalan sesuai rencana, kita tak akan pernah belajar bahwa kecewa itu menguatkan."

3. "Bagi siapapun yang tak pernah kehilangan semangat, kegagalan hanyalah sesuatu yang sementara."

4. "Jangan berhenti berupaya ketika menemui kegagalan. Bersyukurlah karena kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita arti kesungguhan."

5. "Jangan menunggu sukses dulu baru bersyukur, bersyukurlah maka sukses itu pasti akan datang."

6. "Fokuslah pada sesuatu yang positif dan selalu bersyukur."

7. "Ingin hidup tenang? latihlah hatimu bersabar dan bersyukur."

8. "Alangkah lebih baik jika kamu mensyukuri segala nikmat yang Tuhan beri, daripada terus menghitung kekuranganmu."

9. "Harus selalu bersyukur dan tidak berkeluh kesah. Dengan demikian perjalanan hidup baru bisa lancar tanpa hambatan."

10. "Jangan pernah kamu mengingat-ingat apa yang telah kamu berikan. Tapi, ingatlah apa yang sudah kamu terima".

11. "Jangan sesali apa yang ada padamu. Syukurilah maka kamu akan bahagia".

12. "Bersyukur jauh lebih baik daripada mengeluh."

 

 

 

5. Kata Bijak Bersyukur Islami

Dalam agama Islam, bersyukur menjadi satu keharusan. Pasalnya, dalam hidup manusia telah mendapatkan banyak nikmat dan berkah dari Allah SWT. Selain itu menurut keyakinan agama Islam, orang yang bersyukur akan mendapatkan nikmat berlipat. Berikut beberapa kata bijak bersyukur yang bernuansa islami.

1. "Alhamdullah, aku selalu mencoba untuk mensyukuri segala nikmat yang Engkau berikan kepadaku."

2. "Alhamdulillah karena selalu memberikan apa yang aku butuhkan, bukan yang aku inginkan."

3. "Bahagia itu sangat sederhana, kita hanya perlu mensyukuri dengan nikmat yang telah Allah berikan."

4. "Aku punya banyak hal untuk disyukuri. Aku sehat, bahagia, dan dicintai. Alhamdulillah."

5. "Kami dirahmati oleh Allah SWT dalam banyak hal. Ingatlah selalu itu dan bersyukurlah."

6. "Hidup di dunia ini tak selalu tentang kebahagian dan ucapkanlah selalu Alhamdullah karena Allah masih ada di sisimu."

7. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan dengan baik, bersyukurlah kepada-Nya bahkan ketika ada hal-hal yang menantang. Ucapkan Alhamdul

8. "Percayalah bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas hambanya."

9. "Kita harus memahami, melayani Allah kita sesuai keinginan-Nya, Dia pasti akan memberi kita pahala lebih dari apa yang kita inginkan. Dia adalah Yang Abadi, Yang Mahatinggi dan hanya Dia yang memiliki kekuatan untuk memberi kita apa yang kita inginkan."

10. "Bagaimana aku bisa merasa tidak berguna ketika Allah telah memberkati aku dengan Islam. Jika aku memiliki Islam, maka saya memiliki segalanya."

11. "Bersyukurlah atas semua yang diberikan Allah kepada kita karena semua orang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan merasa paling kurang segalanya karena mungkin di luar sana ada banyak orang yang lebih parah dari kita."

12. "Allah tidak menjanjikan langit itu selalu biru, bunga selalu mekar, dan mentari selalu bersinar. Tapi, ketahuilah Dia selalu memberi pelangi setelah badai, tawa di setiap air mata, berkah di setiap cobaan, dan jawaban dari setiap masalah."

13. "Mengucapkan Alhamdulillah dengan seribu rasa sakit di dada adalah contoh dari keyakinan kamu yang dalam kepada Allah."

14. "Ya Allah, hari ini aku bangun, hidup, dan sehat. Alhamdulillah."

15. "Ingatlah selalu dan jangan pernah lupa mengucapkan Alhamdulillah atas segala sesuatu yang telah diberkahi Allah kepada kita."

16. "Ucapkan Alhamdulillah sekarang dan selalu karena Allah telah memberi kita kesempatan untuk berterima kasih pada-Nya."

17. "Alhamdulillah untuk semua yang aku miliki, Alhamdulillah untuk semua yang aku miliki dan Alhamdulillah untuk semua yang akan aku miliki."

18. "Apa pun kesulitan yang kamu hadapi, jangan pernah lepas iman kepada Allah, ucapkan Alhamdulillah. Allah ada di sisi orang beriman."

19. "Makin aku melihat dunia, makin aku diam-diam berbisik, 'Alhamdulillah untuk semuanya'."

20. "Alhamdulillah. Semua terima kasih kepada Allah karena telah membawaku keluar dari bayangan kegelapan menuju bayangan terang."

 

 

6. Kata Bijak Bersyukur Bahasa Inggris

Tak hanya dalam bahasa Indonesia, kita juga bisa mengungkapkan rasa syukur lewat kata-kata bersyukur bahasa Inggris. Terlebih, kata-kata bersyukur bahasa Inggris juga punya makna yang tak kalah dalam. Berikut beberapa kata bijak bersyukur bahasa Inggris.

1. "Be grateful for what you already have and you will attract more good things."

(Bersyukurlah atas apa yang telah kamu miliki dan kamu akan menarik lebih banyak lagi hal-hal baik)

2. "Giving is an expression of gratitude for our blessings."

(Memberi adalah ungkapan rasa bersyukur atas berkah kita)

3. "Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough."

(Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki, kamu akan memiliki lebih banyak lagi. Jika kamu konsentrasi pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak akan pernah merasa cukup)

4. "Learn to be thankful for what you already have, while you pursue all that you want."

(Belajarlah untuk bersyukur atas apa yang kamu miliki, sementara kamu mengejar semua yang kamu inginkan)

5. "Every blessing ignored becomes a curse."

(Setiap berkah yang diabaikan menjadi kutukan)

6. "The more grateful i am, the more beauty i see."

(Makin aku bersyukur, makin banyak keindahan yang aku lihat)

7. "Through the eyes of gratitude, everything is a miracle."

(Melalui mata rasa syukur, semuanya adalah keajaiban)

8. "We often take for granted the very things that most deserve our gratitude."

(Kita sering meremehkan hal-hal yang patut kita syukuri)

9. "When you are grateful, fear disappears and abundance appears."

(Ketika kamu bersyukur, rasa takut hilang dan kelimpahan muncul)

10. "It's not happiness that brings us gratitude. It's gratitude that brings us happiness."

(Bukanlah kebahagiaan yang membuat kita bersyukur. Beryukurlah yang membuat kita bahagia)

11. "I was complaining that i had no shoes till i met a man who had no feet."

(Aku mengeluh bahwa saya tidak memiliki sepatu sampai aku bertemu dengan seorang pria yang tidak memiliki kaki)

12. "It is only with gratitude that life becomes rich."

(Hanya dengan rasa syukurlah hidup menjadi kaya)

13. "Gratitude, like faith, is a muscle. The more you use it, the stronger it grows."

(Syukur, seperti halnya iman, adalah otot. Semakin kamu menggunakannya, semakin kuat itu tumbuh)

14. "We can choose to be grateful no matter what."

(Kita dapat memilih untuk bersyukur apa pun yang terjadi)

15. "Enjoy the little things, for one day you may look back and realize they were the big things."

(Nikmatilah hal-hal kecil, karena suatu hari kamu mungkin melihat ke belakang dan menyadari bahwa itu merupakan hal yang besar)

16. "If you want to find happiness, find gratitude."

(Jika kamu ingin menemukan kebahagiaan, temukanlah rasa syukur)

17. "Gratitude is the healthiest of all human emotions. The more you express gratitude for what you have, the more likely you will have even more to express gratitude for."

(Syukur adalah yang paling sehat dari semua emosi manusia. Makin kamu bersyukur atas apa yang kamu miliki, makin besar kemungkinan kamu akan memiliki lebih banyak untuk disyukuri)

18. "There is so much to be grateful for, just open your eyes."

(Ada banyak untuk disyukuri, buka saja matamu)

19. "When gratitude becomes an essential foundation in our lives, miracles start to appear everywhere."

(Ketika rasa syukur menjadi fondasi penting dalam hidup kita, keajaiban mulai muncul di mana-mana)

20. "He is a wise man who does not grieve for the things which he has not, but rejoices for those which he has."

(Dia adalah orang bijak yang tidak berduka atas apa yang tidak ia miliki, tetapi bersukacita atas apa yang ia miliki)

21. "Nothing new can come into your life unless you are grateful for what you already have."

(Tidak ada hal yang baru yang dapat datang ke dalam hidupmu kecuali kamu bersyukur atas apa yang telah kamu miliki)

22. "Be grateful for what you have, and work hard for what you don't have."

(Bersyukurlah untuk apa yang kamu miliki, dan bekerja keraslah untuk apa yang tidak kamu miliki)

Itulah di antaranya 97 kata-kata bijak bersyukur yang bisa menenangkan hati. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending