6 Cara Mengatasi Sesak Napas Mendadak, Tanpa Obat - Mudah Dipraktikkan

Rabu, 21 Juli 2021 18:11 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Mengatasi Sesak Napas Mendadak, Tanpa Obat - Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sistem pernapasan jadi hal aspek yang penting dalam kehidupan seseorang. Saat sistem pernapasan terganggu, aktivitas seseorang bisa terhambat. Bahkan lebih dari itu, permasalahan sistem pernapasan serius juga bisa mengakibatkan kematian. Oleh sebab itu, sudah semestinya setiap orang tahu dan paham cara mengatasi sesak napas mendadak.

Gangguan pernapasan atau sesak napas memang bisa datang sewaktu-waktu. Kondisi ini bisa menyebabkan pasokan oksigen ke paru-paru jadi berkurang. Akibatnya, tubuh bisa mengalami berbagai gejala mulai dari pusing, lemas, bahkan hilang kesadaran. Secara umum, sesak napas memang bisa disebabkan beberapa penyakit mulai dari asma, anemia, hingga gangguan di paru-paru.

Namun apapun penyebabnya, sesak napas sebaiknya sesegera mungkin diatasi sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi sesak napas mendadak.

 

1. Mengatur Napas dengan Pursed-lip Breathing

Pursed-lip Breathing mungkin masih jadi istilah yang asing bagi sebagian besar orang. Padahal, teknik satu ini penting diketahui karena bisa jadi salah satu cara mengatasi sesak napas mendadak. Teknik pursed-lip breathing dilakukan dengan mengatur pernapasan lewat mulut dan hidung.

Caranya, tutup mulut saat menghirup udara dalam dua hitungan lewat hidung. Kemudian, buang napas perlahan melalui celah bibir atau mulut dalam empat hitungan. Cara ini akan membantu memperlambat laju pernapasan. Sehingga, lambat laun pernapasan akan lancar dan kembali normal.

 

2. Duduk dengan Posisi Badan Condong ke Depan

Jika mengalami sesak napas mendadak saat dalam posisi duduk di kursi, kalian bisa mencoba cara yang kedua ini. Pertama-tama buat tubuh serileks mungkin. Pastikan posisi kaki dapat menyentuh lantai, lalu condongkan tubuh agak ke depan. Gunakan siku sebagai tumpuan. Caranya dengan meletakkan siku di atas lutut kemudian telapak tangan memegang dagu. Jika sudah, kalian bisa mulai coba atur napas secara perlahan.

 

3. Duduk dengan Menundukkan Kepala di Meja

Apabila di depan kursi tempat kalian duduk terdapat meja, kalian bisa menundukkan kepala di atasnya. Sebelumnya, kalian bisa melipat kedua tangan di atas meja, untuk kemudian digunakan sebagai alas atau bantalan dahi. Secara perlahan, mulai coba atur napas lewat mulut dan hidung. Terus coba atur napas hingga, pernapasan terasa lebih lega dan lancar.

 

4. Posisi Berbaring

Serangan sesak napas bisa membuat seseorang merasa lemas. Oleh sebab itu, jika tak sanggup untuk duduk apalagi berdiri, kalian bisa coba cara mengatasi sesak napas mendadak dengan posisi berbaring. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyediakan beberapa bantal atau guling.

Ambil posisi telentang kemudian letakkan bantal atau guling tersebut di beberapa tempat, seperti di bawah kepala sehingga posisi kepala lebih tinggi dari jantung. Selain itu, bantal juga perlu diletakkan di bawah lutut. Sementara itu, posisi punggung dan kedua tangan tetap dibiarkan lurus dan sejajar dengan tubuh. Posisi berbaring seperti ini dipercaya bisa membantu mengatasi saluran udara yang terhambat.

 

5. Berdiri dengan Bersandar di Dinding

Cara mengatasi sesak napas mendadak berikutnya yaitu bisa dengan berdiri bersandar pada dinding. Posisi berdiri dengan bersandar pada dinding diyakini akan membuat tubuh terutama bagian otot leher dan bahu menjadi lebih rileks.

Untuk melakukannya, pastikan kalian mengambil posisi kaki selebar bahu. Kemudian, posisikan tangan di samping paha. Setelah merasa rileks, kalian bisa sedikit mencondongkan tubuh ke depan. Tak hanya membuat rileks, posisi tubuh ini kemudian juga dipercaya akan berdampak pada sistem pernapasan yang jadi lebih lancar.

 

6. Mengatur Pernapasan Diafragma

Saat mengalami serangan sesak napas tiba-tiba, sangat dianjurkan untuk mengatur pernapasan lewat diafragma. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pernapasan di saat sesak napas.

Kalian bisa memposisikan diri duduk di kursi dengan posisi lutut ditekuk. Kemudian, pastikan bahu, kepala, dan leher dalam keadaan rileks. Selanjutnya, letakkan satu tangan di depan perut, dan satu lagi di depan dada. Atur napas secara perlahan lewat hidung, hingga tangan dapat merasakan perut yang bergerak naik turun. Buang napas lewat mulut secara perlahan. Kalian bisa melakukannya secara berulang setidaknya selama lima menit.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi sesak napas mendadak yang mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan berguna di saat tiba-tiba napas terasa sesak. Selamat mencoba!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI