6 Hal Positif yang Bisa Diambil saat Tidak Bisa Mudik

Sabtu, 08 Mei 2021 20:44 Penulis: Dhia Amira
6 Hal Positif yang Bisa Diambil saat Tidak Bisa Mudik
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Lebaran tinggal menghitung hari, namun masih banyak dari kalian yang akan merasa sedih karena tidak bisa mudik. Bukan hanya sedih, namun juga rasa kecewa. Diketahui bahwa larangan mudik terjadi karena adanya pandemi covid-19 yang belum usai. Untuk mengurangi kembali lonjakan terjadinya penyebaran, maka pemerintah memutuskan untuk memberlakukan larangan mudik.

Tentu saja hal ini mendapatkan tanggapan yang pro dan kontra dari seluruh masyarakat. Daripada sedih berkepanjangan karena tak bisa berkumpul bersama keluarga, kalian pun bisa mengalihkannya dengan kegiatan positif.

Walaupun dengan kejadian ini tak semuanya buruk, masih ada hal positif yang bisa diambil saat tidak bisa mudik lebaran. Kira-kira apa saja ya hal positif tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah hal positif yang bisa diambil saat tidak bisa mudik. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Memiliki Waktu Istirahat yang Lebih

Hal positif yang bisa diambil saat tidak bisa mudik yang pertama yaitu memiliki waktu istirahat yang lebih. Ya, sebelum libur lebaran kita hanya memiliki waktu luang istirahat sangat sedikit. Hal ini karena kita melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, melaksanakan sahur, dan ibadah sunnah lainnya seperti sholat malam serta itikaf di masjid.

Belum lagi kalau kita harus mempersiapkan segala sesuatu hal yang menyangkut tentang lebaran, seperti membeli baju, membuat kue, berangkat mudik dengan kendaraan umum atau pribadi. Semua hal tersebut tentu akan sangat melelahkan. Namun bila kalian memutuskan untuk tidak mudik, maka beberapa kegiatan lebaran bisa sedikit berkurang.

 

2. Tidak Perlu Memikirkan Persiapan Lebaran

Ya, seperti yang dibahas sebelumnya. Jika para KLovers seorang perantau yang bekerja dan jauh dari keluarga, mungkin akan merasa sedih bila tak bisa menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Namun ada sisi positifnya, salah satunya yakni tidak terlalu memikirkan tentang persiapan lebaran.

Kalian hanya perlu mempersiapkan baju baru saja misalnya. Kalian juga hanya perlu mempersiapkan makanan untuk seorang diri atau bersama dengan saudara dan teman yang sama-sama tidak bisa mudik. Walaupun memang sangat sedih, namun hal ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan dalam hidup kalian.

 

3. Lebih Hemat

Hal positif yang bisa diambil saat tidak bisa mudik lainnya yaitu kalian bisa lebih hemat. Yup! Kalian bisa mengetahui bahwa untuk mudik dan bertemu dengan keluarga akan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Bahkan bila yang sudah bekerja, uang gaji dan THR bisa habis dalam waktu singkat. Kalau saat ini kalian tidak bisa mudik, tentunya kalian bisa sedikit berhemat.

 

4. Bisa Terhindar dari Pertanyaan yang Monoton

Bagi kalian yang masih single, tentu pertemuan keluarga besar atau dengan tetangga sekitar rumah bisa menjadi sebuah hal yang horor. Bagaimana tidak, kalian akan merasa takut atau bahkan pusing dengan pertanyaan yang monoton setiap tahunnya. Seperti pertanyaan, "Kapan menikah?" "Kerja di mana sekarang?" "Gimana karirnya? Ada perkembangan nggak?" dan masih banyak lagi.

Tentu bila kita tidak mudik, maka ini akan menjadi hal positif yang bisa diambil saat tidak bisa mudik. Kalian akan merasa tenang dan tidak perlu berpikir keras mencari jawaban apa yang akan diberikan. Untuk tahun ini kalian bisa beristirahat dan menghindari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

 

5. Bisa Memutus Mata Rantai Covid-19

Pandemi covid-19 memang belum usai, karena itulah larangan mudik masih dilakukan untuk tahun ini. Untuk kalian yang memang memutuskan tidak mudik maka hal ini bisa menjadi sebuah hal positif. Karena kalian salah satu dari banyak orang yang tetap bertahan di rumah dan berusaha membantu dalam memutus mata rantai covid-19.

 

6. Akan Menjadi Sebuah Kisah Indah

Dan hal positif yang bisa diambil saat kita tidak bisa mudik lebaran yang terakhir yaitu dengan menjadikan kejadian ini sebagai kisah yang indah dan seru untuk diceritakan. Ya, sudah banyak sekali kejadian-kejadian yang sebenarnya menyedihkan atau bikin kesal, namun akan jadi momen yang seru bila diceritakan kembali suatu saat nanti.

Bila kalian tidak bisa mudik dan bertemu keluarga, mungkin akan menjadi momen yang sedih. Tapi hal ini tentu akan jadi sebuah cerita yang luar biasa. Dan bahkan bila kalian mengingat momen ini, kalian bisa tertawa karena berhasil melaluinya dengan luar biasa. Itulah mengapa, kejadian mudik ini bisa menjadi hal positif karena memberikan kisah yang berbeda bagi kehidupan kalian.

Itulah 6 hal positif yang bisa diambil saat kita tidak bisa mudik dan bertemu dengan keluarga tercinta. Semoga dengan adanya larangan ini, kita semua bisa mematuhi.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI