7 Kegiatan Lebaran yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja

Kamis, 06 Mei 2021 20:11 Penulis: Dhia Amira
7 Kegiatan Lebaran yang Bisa Dilakukan di Rumah Saja
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus covid-19 masih belum berakhir, sehingga pemerintah memberikan peraturan bagi masyarakat agar tidak berkumpul dalam kerumunan. Bila sudah seperti ini maka akan sulit melakukan kegiatan silaturahmi ke rumah tetangga-tetangga atau kerabat dan sahabat saat lebaran. Namun jangan sedih KLovers, kalian masih bisa kok merasakan lebaran dengan penuh suka cita. Salah satunya dengan melakukan beberapa kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah.

Tentu saja beberapa kegiatan ini akan sangat seru dilakukan loh. Kalian bisa melakukan kegiatan seperti game, bercerita, nonton film, hingga karaoke. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah saja. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Memasak Bersama

Kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah yang pertama yaitu ada memasak bersama. Tidak ada salahnya merayakan hari kemenangan dengan memasak. Baik itu menu khas lebaran seperti ketupat hingga makanan favorit salah satu anggota keluarga. Aktivitas lebaran ini bisa dilakukan bersama sambil mengobrol dan lebih mengenal satu sama lain.

Selain hidangan Idul Fitri, kalian juga bisa membuat kue bersama. Kegiatan ini mungkin lebih aman dan cocok jika kalian ingin menyertakan si kecil. Dekorasi kue juga bisa dijadikan sarana untuk menyalurkan kreativitas. Pastinya, setelah baking jangan lupa menikmati kue bersama. Rasa manis kue bisa meningkatkan mood kita dan membuat semua orang senang, terutama anak-anak.

 

2. Menonton Film

Kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah yang selanjutnya yaitu ada menonton film. Streaming film terbaru, khususnya yang bertema religi merupakan salah satu ide klasik untuk menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga. Tidak perlu jauh-jauh ke mall, kalian bisa membuat ruangan seakan-akan berada di bioskop.

Matikan seluruh lampu, tutup tirai jendela, dan siapkan camilan favorit untuk dinikmati bersama film. Enaknya nonton di rumah kalian bisa marathon film atau drama favorit sambil ngobrol bersama di ruang keluarga tanpa perlu mengganggu orang lain.

 

3. Board Game

Ingin menghabiskan waktu bersama tanpa menggunakan gadget? Kalian bisa memilih bermain dengan menggunakan board game loh. Beberapa board game populer antara lain twister, jenga, dan monopoli. Kalian dan keluarga juga bisa menyiapkan permainan tradisional atau kartu di rumah sewaktu-waktu bosan memainkan game yang sama.

Board game ini juga cocok dimainkan oleh semua usia sehingga seluruh anggota bisa diajak main. Tidak perlu ada yang merasa ditinggalkan dengan aktivitas ini. Tak hanya itu saja, dengan bermain game maka kalian merasa semakin dekat di hari raya.

 

4. Piknik di Halaman Rumah

Bagi kalian yang memiliki halaman rumah luas, tak ada salahnya memanfaatkan halaman tersebut untuk berkumpul bersama. Sekali-kali merubah suasana dan pemandangan untuk menghindari lebaran yang jemu. Kalian bisa menggelar tikar dan menyajikan makanan ringan untuk berbincang, atau juga bisa melakukan kegiatan barbeque untuk menjalin kedekatan yang lebih seru.

 

5. Karaoke

Kemudian kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah yang lainnya yaitu ada karaoke. Karaoke merupakan salah satu aktivitas lebaran yang bisa di rasakan bersama-sama oleh keluarga. Kalian hanya perlu menyiapkan mic karaoke portable dan setelan lagu karaoke tanpa lirik. Banyak pilihan lagu yang bisa kalian cari di YouTube dengan gratis. Sekalian juga cari tahu siapa diantara kalian yang berbakat menyanyi nih.

 

6. Berbagi THR

Selain karaoke ada pula berbagai THR yang menjadi sebuah kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah. Yup! Berbagai THR memang menjadi sebuah tradisi saat hari raya Idul Fitri, sehingga hal ini tak akan bisa ditinggalkan walaupun saat pandemi. Kalian masih bisa kok melakukan kegiatan ini bersama dengan keluarga tercinta.

Kalian dapat membagikan THR kepada keponakan, keluarga, dan kerabat melalui online. Manfaatkan transfer bank dan e-wallet untuk mengirimkan THR. Berbagi THR merupakan bentuk syukur dan juga ungkapan sayang. Buat catatan orang-orang yang bakal diberikan THR agar memudahkan kalian.

 

7. Berbincang Bersama

Dan kegiatan lebaran yang terakhir yaitu dengan menghabiskan waktu berbincang bersama dengan keluarga. Lakukan beberapa aktivitas yang jarang dilakukan bersama sehari-hari, misalkan bercerita tentang hal lucu atau mengingat momen bahagia beberapa tahun lalu. Hal ini bukan hanya menjadi sebuah hiburan saja, namun juga dapat menjadi sebuah kegiatan indah yang dapat kalian lakukan bersama dengan keluarga di rumah.

Itulah 7 kegiatan lebaran yang bisa dilakukan di rumah saja. Tak hanya mematuhi protokol kesehatan, namun kalian juga masih dapat berkumpul bersama dengan keluarga tercinta.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI