6 Makanan Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes, Baik Dikonsumsi

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

6 Makanan Buka Puasa Bagi Penderita Diabetes, Baik Dikonsumsi
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Sehari-hari penderita diabetes akan membatasi makan mereka agar gula darah dalam tubuh tidak melonjak naik. Tentu saja saat bulan puasa pun penderita diabetes harus memperhatikan asupan makanan yang diberikan pada tubuh.

Terkadang saat berpuasa, kita memiliki nafsu makan yang tinggi pada siang hari, dan ingin mengonsumsi semua yang kita lihat untuk berbuka. tetapi hal tersebut tidak baik ya KLovers, kalian harus tetap memilih makanan berbuka puasa bagi penderita diabetes yang khusus.

Diabetes merupakan penyakit yang dialami oleh penderita berupa gangguan produksi dan kerja hormon insulin, sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Oleh karena itu, saat berbuka puasa kita harus mencari makanan yang dapat memberikan rasa kenyang yang cepat tetapi tidak menaikkan kadar gula dalam darah secara tiba-tiba. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 makanan buka puasa bagi penderita diabetes yang baik di konsumsi saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 

1. Konsumsi Buah

Makanan buka puasa bagi penderita diabetes yang pertama yaitu mengonsumsi buah. Bagi kalian penderita diabetes dapat mengonsumsi buah yang memiliki kandungan glikemik yang rendah, seperti jeruk, apel, pir, dan pisang. Glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah yang tersedia pada suatu makanan. Kalian bisa menjadikan buah sebagai cemilan sehat yang dapat membantu mengurangi kadar gula yang tinggi di dalam tubuh.

Pada buah pisang hanya terdapat kandungan 14 gram kadar gula, hal ini sangat cocok untuk penderita diabetes, lalu buah pir yang juga memiliki kandungan glikemik yang redah serta kandungan flavonoid yang dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes. Ada juga apel yang hanya memiliki kandungan 38 glikemik, dan jeruk yang hanya memiliki jumlah sebesar 44 glikemik. Tak hanya itu saja jeruk juga tinggi akan serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Makanan buka puasa bagi penderita diabetes yang kedua yaitu dapat menghindari mengonsumsi garam secara berlebihan. Garam memang tidak berpengaruh langsung terhadap gula darah, tetapi bagi penderita diabetes akan sangat mudah mengalami sakit komplikasi. Dan salah satunya yaitu darah tinggi yang disebabkan oleh mengonsumsi garam secara berlebih. Darah tinggi dapat menjadi parah bila kalian memiliki diabetes, karena akan menjadi masalah lain seperti penyakit jantung, ginjal, dan juga stroke.

Kalian bisa kok membeli garam yang beryodium sangat rendah, atau garam kesehatan yang dijual di apotek. Hal ini untuk mengurangi kadar garam, tetapi walaupun begitu tidak dipakai secara berlebihan ya, hanya secukupnya saja.

3. Pilihlah Karbohidrat Kompleks

Dalam menjalankan ibadah puasa bagi penderita diabetes memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah salah satu yang dapat dijadikan makanan saat berbuka puasa. Karbohidrat kompleks tentu akan memberikan rasa kenyang lebih cepat, dan hal tersebut dapat membuat kita mengurangi makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

Karbohidrat kompleks dibagi menjadi 2 jenis yaitu, serat dan juga pati, untuk penderita diabetes, karbohidrat yang mengandung serta tinggi lah yang sangat penting. Karena serat berfungsi memperlancar sistem pencernaan dan mengontrol kadar kolesterol. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat antara lain biji-bijian, kacang, gandum, sayur, serta buah.

4. Konsumsi Sayuran Hijau

Selain mengonsumsi karbohidrat kompleks, makanan buka puasa bagi penderita diabetes yang lainnya yaitu mengonsumsi sayuran hijau. Kalian dapat mengombinasikan karbohidrat kompleks dengan sayuran hijau. Manfaat sayuran hijau yaitu, dapat membantu penderita diabetes karena kandungan antioksidan yang tinggi serta enzim yang berguna untuk mencerna pati. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang sangat berfungsi bagi kesehatan di dalam tubuh.

Lalu sayuran hijau juga memiliki serat yang tinggi, tentu akan memberikan kita rasa kenyang yang lebih cepat dan lebih lama. Hal ini akan memberikan kalian para penderita diabetes energi yang lebih untuk menjalankan ibadah puasa serta aktivitas sehari-hari. Sayuran hijau yang dapat kalian konsumsi antara lain, bayam, sawi, kol, pakcoy, dan brokoli.

5. Konsumsi Ikan

Makanan buka puasa bagi penderita diabetes selanjutnya yaitu, olahan ikan yang mengandung omega 3. American Diabetes Association mengatakan bahwa mengonsumsi ikan-ikan yang mengandung omega 3 dapat meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi juga dapat menjaga fungsi tubuh serta meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi antara lain adalah, salmon, tuna, sarden, dan juga makarel. Dan bila kalian ingin menyajikan ikan tersebut ada baiknya untuk di bakar atau dipanggang saja. Hal itu untuk mengurangi kadar lemak jenuh dan juga lemak trans di dalam tubuh. Ikan ini juga dapat dikombinasikan dengan sayuran hijau dan juga karbohidrat kompleks sebagai menu berbuka puasa serta sahur di bulan Ramadhan.

6. Air Kelapa Muda

Dan makanan buka puasa bagi penderita diabetes yang terakhir yaitu, air kelapa muda. Mengapa air kelapa muda? karena di dalam air kelapa muda terdapat serat yang tinggi. Untuk 100 gram air kelapa memiliki 1,1 gram serat yang dapat membuat kita merasakan kenyang, dan tentu dapat memberikan energi yang lebih. Lalu dalam air kelapa juga terdapat dua kandungan garam penting, yaitu kalium dan natrium yang sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga tekanan darah tetap terkendali serta mengontrol diabetes.

Itulah mengapa, kalian dapat mengonsumsi air kelapa untuk mengontrol diabetes saat menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya memberikan energi yang lebih tetapi juga aman di konsumsi bagi para penderita diabetes.

Itulah 6 makanan buka puasa bagi penderita diabetes yang baik di konsumsi. Perlu diingat bahwa, tidak untuk mengonsumsi makanan secara berlebih, hindari juga gula dan gorengan agar tubuh tetap sehat serta fit dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending