6 Manfaat Daun Klabet untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penuh Khasiat

Rabu, 20 Mei 2020 15:44 Penulis: Dhia Amira
6 Manfaat Daun Klabet untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penuh Khasiat
Daun Klabet (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Daun klabet atau Fenugreek adalah jenis tumbuhan yang daunnya dapat digunakan untuk obat herbal, sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai rempah. Tidak banyak yang mengetahui bahwa manfaat daun klabet sangatlah banyak, terutama untuk kesehatan maupun kecantikan. Daun yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu membuat kari ini termasuk dalam keluarga Fabaceae atau polong-polongan.

Tumbuhan yang paling banyak tumbuh di India ini memiliki banyak manfaat, baik itu daun maupun bijinya. Memiliki rasa mirip seperti jintan hitam, klabet juga bisa digunakan sebagai perasa sirup maple. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat daun klabet bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu kalian ketahui.

 

1. Mengobati Diabetes

Manfaat daun klabet untuk kesehatan yang pertama adalah mengobati diabetes. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dicampur dengan klabet mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung klabet dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes.

Klabet dapat membantu mencegah diabetes karena efeknya yang dapat mengontrol kadar gula darah. Belum diketahui pasti mengapa klabet dapat bekerja menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tetapi banyak yang menduga bahwa klabet mungkin mengandung senyawa yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula.

2. Mengatasi Radang dan Infeksi

Manfaat daun klabet untuk kesehatan yang kedua adalah mengatasi radang dan infeksi. Diketahui bahwa biji klabet memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri, yang bila kita mengonsumsi klabet mampu membuat tubuh melawan infeksi dan radang yang terjadi di dalam tubuh.

Peradangan yang terjadi seperti radang sendi dan nyeri saat datang bulan, yang dapat diredakan dengan klabet. Kalian bisa mengonsumsi klabet secara langsung atau mengoleskan klabet yang sudah dihaluskan tepat di area radang.

3. Mencegah Penyakit Otak

Berbagai penyakit otak seperti meningitis, Alzheimer dan penyakit otak lainnya dapat dicegah jika rutin mengonsumsi klabet. Kandungan di dalam klabet dapat mengurangi aktivitas dan produksi zat-zat yang mampu menghambat kerja saraf otak.

Saraf otak yang baik akan menyampaikan pesan ke tubuh dengan baik dan sebaliknya. Selain dapat mengurangi produksi zat-zat berbahaya yang dapat mengancam kerja sistem otak, manfaat daun klabet lainnya yaitu mampu menjaga memori otak. Hal inilah yang menjadikan klabet dapat mencegah Alzheimer bagi mereka yang rutin mengonsumsinya.

4. Menghilangkan Noda Hitam di Kulit

Selain dari sisi kesehatan, daun klabet juga bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat daun klabet untuk kecantikan yang pertama adalah menghilangkan noda hitam di kulit. Selain noda hitam, klabet juga mampu menyamarkan bekas luka. Ramuan klabet untuk menghilangkan noda hitam dan bekas luka ini terbilang cukup mudah.

Bahan yang kamu perlukan adalah bubuk klabet, kemudian ambil bubuk klabet secukupnya dan taruh di wadah. Lalu tambahkan beberapa tetes air, atau dapat juga diganti dengan perasan jeruk lemon. Aduk kedua bahan sampai merata, setelah itu oleskan pada wajah atau pada bagian bekas luka. Diamkan selama 10-15 menit lalu bersihkan dengan kapas yang telah dibasahi dengan air.

5. Merawat Rambut

Setiap orang pasti mengidamkan rambut yang berkilau dan kuat. Hal tersebut bisa kalian dapatkan dengan memanfaatkan daun klabet loh. Klabet dipercaya mampu menebalkan rambut dan memiliki khasiat untuk membersihkan kulit kepala.

Cara menggunakannya sangat mudah, yang kalian butuhkan adalah klabet yang telah dihaluskan. Selanjutnya beri campuran air, atau olive oil dan di aduk hingga rata. Aplikasikan ke seluruh rambut dengan memberikan pijatan lembut di kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas rambut hingga bersih. Gunakan secara teratur untuk hasil maksimal.

6. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Manfaat daun klabet untuk kecantikan yang terakhir adalah mengurangi kerutan dan garis halus. Memiliki wajah yang kencang dan halus adalah idaman semua orang. Namun terkadang kerutan dan garis halus merusak penampilan, dan hal ini diakibatkan oleh stress, faktor usia, atau pemakaian skincare yang tidak cocok. Dan pada akhirnya menyebabkan masalah wajah salah satunya adalah kerutan.

Tapi sekarang kalian tidak perlu khawatir, dengan memanfaatkan daun atau biji klabet, maka kerutan dan garis halus di wajah akan memudar. Klabet yang kaya akan kandungan B3 dan niasin dapat membantu memulihkan sel kulit yang rusak dan mempercepat regenerasi kulit baru. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi dan menggunakan klabet dapat memperlambat proses pembentukan garis halus dan kerutan.

Cara menggunakan daun klabet sangat mudah, kalian cukup menyiapkan bubuk klabet yang akan dicampur dengan air atau perasan lemon. Aduk kedua bahan hingga rata, lalu oleskan pada wajah. Kemudian diamkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air bersih, dan gunakan masker klabet ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Itulah 6 manfaat daun klebet yang dapat kalian gunakan untuk memberikan kesehatan serta kecantikan pada tubuh. Konsumsi lah daun klebet secara rutin dan sesuai dengan takaran agar mendapatkan hasil yang baik. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI