8 Cara Mengobati Ambeyen dengan Mudah dan Alami, Kenali Gejalanya - Hindari Kebiasaan Ini

Kamis, 21 Mei 2020 08:22 Penulis: Puput Saputro
8 Cara Mengobati Ambeyen dengan Mudah dan Alami, Kenali Gejalanya - Hindari Kebiasaan Ini
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ambeyen atau wasir kerap diderita oleh banyak orang, tanpa mengenal golongan usia tertentu. Secara umum, ambeyen disebabkan karena adanya pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak. Dampaknya, orang yang menderita ambeyen akan mengalami rasa sakit dan tidak nyaman saat duduk. Salah satu cara mengobati ambeyen adalah dengan melakukan operasi.

Namun tenang, jangan buru-buru melakukan operasi ambeyen. Sebab, ada beberapa cara mengobati ambeyen dengan mudah, tanpa operasi. Bahkan, cara mudah obati ambeyen tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan sederhana yang mungkin tersedia di rumah kalian.

Berikut beberapa cara mengobati ambeyen dengan mudah secara alami, di rangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Kenali Gejala Ambeyen

Sebelum mengetahui cara mengatasi ambeyien, sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu gejala-gejala dari penyakit yang bisa mengganggu kenyamanan ini. Secara fisik, ambeyen ditandai dengan munculnya benjolan di sekitar anus. Pada tahap yang lebih parah, benjolan tersebut bisa mengakibatkan berbagai hal seperti terjadinya pendarahan saat BAB, rasa panas atau perih sekitar anus, kesulitan saat BAB, hingga rasa tidak nyaman saat duduk.

Oleh karena itu, sebaiknya tindakan pengobatan ambeyen dilakukan sedini mungkin. Lakukan pengobatan ketika mengalami gejala-gejala di atas, agar tidak semakin parah dan sebelum mengganggu aktivitas

2. Hindari Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Ambeyen

Ambeyen bisa timbul karena kebiasaan hidup yang tidak sehat. Tanpa kita sadari, terkadang kita bisa melakukan suatu kebiasaan yang tidak sehat dan bisa menyebabkan ambeyen. Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan ambeyen adalah duduk dalam posisi yang sama di waktu yang sama, mengejan terlalu keras saat BAB, mengangkat beban terlalu berat, terlalu banyak makan makanan pedas, dan sebagainya.

Dengan begitu, salah satu cara mencegah agar tidak mengalami ambeyen atau wasir adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas. Tapi, jika sudah telanjur, ambeyen bisa diobati dengan cara-cara berikut ini.

3. Daun Sirsak

Daun sirsak dikenal sebagai daun tanaman buah yang kaya manfaat. Daun ini mengandung senyawa antibakteri. Senyawa inilah yang kemudian membuat daun sirsak diyakini obati ambeyen.

Cara mengobati ambeyen dengan mudah memakai daun sirsak adalah dengan membuatnya menjadi ramuan. Caranya, rebus 5 lembar daun sirsak dalam 2 gelas air. Rebus hingga air menyusut kira-kira jadi tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan setiap pagi dan malam.

4. Urang-Aring

Selama ini urang-aring banyak dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Ternyata jenis tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi wasir atau ambeyen. Hal ini dikarenakan urang-aring mempunyai berbagai kandungan seperti ecliptine, alfa terthienylmethanol, dan wedelolactone yang berguna atasi ambeyen.

Ada dua cara mengobati ambeyen dengan memakai urang-aring. Pertama, dengan dibuatnya menjadi ramuan. Caranya sama seperti saat membuat ramuan daun sirsak. Cara kedua, dengan menumbuk halus urang-aring lalu mengoleskan tumbukan urang-aring ke sekitar benjolan di anus.

5. Lidah Buaya

Tanaman sejuta manfaat, lidah buaya ternyata juga bisa jadi satu solusi sembuhkan ambeyen. Dalam lidah buaya terdapat zat bisa berfungsi sebagai anti-oksidan dan detoksifikasi tubuh. Zat inilah yang kemudian bisa berperan sembuhkan ambeyen. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya sebagai obat ambeyen, bisa dengan membuatnya menjadi jus lalu diminum secara rutin.

6. Bawang Putih

Cara mengobati ambeyen dengan bahan alami berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Sudah bukan rahasia lagi, kalau bumbu dapur ini punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan senyawa dalam bawang putih yang dipercaya bisa obati ambeyen, yaitu sulfida alili. Senyawa ini bisa berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan yang menyembuhkan ambeyen.

Mengobati ambeyen dengan bawang putih bisa dilakukan dengan mengoleskan bawang putih yang sudah ditumbuk ke benjolan di sekitar anus. Cara ini bisa dilakukan secara rutin sampai benjolan kempis dengan sendirinya.

7. Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Ternyata, salah satu khasiat kulit manggis yang belum banyak orang tahu adalah bisa obati ambeyen. Cara mengobati ambeyen dengan kulit manggis bisa dilakukan dengan terlebih dahulu merebus kulit manggis yang sudah kering. Lalu, minum ramuan kulit manggis tersebut secara rutin.

8. Akar Kangkung

Sayur kangkung yang sudah menjadi makanan sehari-hari kita ternyata juga bisa mengatasi ambeyen. Kangkung mengandung berbagai kandungan vitamin A, B1, dan C, serta protein, kalsium, fosfor, zat besi.

Hanya saja, bagian sayuran ini yang bisa dimanfaatkan menjadi obat ambeyen bukanlah bagian yang biasa kita konsumsi. Untuk mengobati ambeyen, kita hanya perlu menggunakan bagian akar saja. Cara mengobati ambeyen dengan akar kangkung, yaitu rebus akar kangkung hingga airnya menyusut. Lalu, minum rebusan tersebut secara rutin setiap hari.

Nah, itulah di antaranya beberapa cara mengobati ambeyen dengan mudah secara alami. Cara mudah di atas bisa kalian coba di rumah. Namun tetap disarankan, apabila sakit ambeyen berlanjut sebaiknya segera melakukan pengobatan medis ke dokter.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI