8 Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Cegah Jerawat - Kanker

Jum'at, 22 Mei 2020 09:22 Penulis: Puput Saputro
8 Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Cegah Jerawat - Kanker
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan buah nanas. Buah yang mempunyai rasa perpaduan manis dan asam ini kerap kita jumpai dalam olahan rujak. Rasa asam pada buah nanas terkadang juga dimanfaatkan untuk bahan pemberi rasa asam pada suatu masakan. Terlepas dari rasanya yang dominan asam, ada banyak manfaat nanas untuk kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Sama halnya jenis buah-buahan lainnya, nanas juga kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Kandungan nutrisi serta vitamin inilah membuat nanas bisa menyehatkan tubuh. Bahkan, tidak hanya untuk kesehatan, manfaat nanas juga bisa didapat untuk kecantikan.

Berikut beberapa manfaat nanas untuk kesehatan dan kecantikan.

 

 

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu kandungan vitamin yang banyak terdapat pada buah nanas adalah vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah nanas terbilang cukup tinggi, karena dalam nanas terdapat beta karoten yang dapat memproduksi vitamin A. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada nanas ini diyakini mampu mengurangi risiko kerusakan makula pada mata.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat nanas yang kedua adalah bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan buah nanas mempunyai kandungan vitamin C dan asam amino yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, asam amino dan vitamin C juga akan berguna untuk memperbaiki kerusakan sel tubuh. Sehingga, mengonsumsi buah nanas secara rutin secara tidak langsung akan membuat daya tahan tubuh menjadi stabil.

3. Menangkal Radikal Bebas

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C pada buah nanas juga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Seperti yang kita tahu, antioksidan merupakan senyawa dalam tubuh yang bertugas menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Untuk memaksimalkan manfaat nanas dalam menangkal radikal bebas, sebaiknya buah ini dikonsumsi secara langsung atau dengan cara dibuat menjadi jus. Dengan begitu kandungan vitamin C pada buah nanas akan terjaga kemurniannya. Sehingga, vitamin C pada nanas akan menjalankan fungsinya secara maksimal.

4. Redakan Nyeri Peradangan

Selain kandungan vitamin, dalam buah nanas juga terdapat enzim yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Enzim tersebut di antaranya enzim bromelin dan enzim proteolitik. Dalam tubuh manusia, enzim ini berfungsi untuk meredakan peradangan. Dengan begitu mengonsumsi buah nanas diyakini bisa meredakan berbagai nyeri akibat peradangan.

5. Cegah Kanker

Tidak hanya berfungsi meredakan nyeri akibat peradangan, keberadaan enzim bromelin dan enzim proteolitik, juga diyakini bisa mencegah kanker. Sebab secara tidak langsung, peradangan dalam tubuh yang diatasi dengan kedua enzim tersebut, bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya sel tumor dan kanker. Di samping itu adanya antioksidan dalam nanas juga diyakini akan semakin menjauhkan kita dari risiko kanker.

6. Baik untuk Tulang

Dalam buah nanas juga terkandung mineral mangan yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan mineral ini, menjaga kesehatan tulang dengan cara memperkuat jaringan ikattendon dan ligamen tulang. Bahkan, kandungan mineral dalam buah nanas juga diyakini bisa menjauhkan kita dari risiko osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaat nanas dalam memperkuat tulang, sebaiknya buah ini dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi jus. Tujuannya, agar bisa dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang lebih terukur.

7. Baik untuk Gusi dan Gigi

Tidak hanya menyehatkan tulang, kandungan mineral pada buah nanas juga berkhasiat untuk menguatkan gigi. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah nanas juga diyakini bisa menjaga kebersihan gusi serta gigi dari plak. Bahkan, tidak hanya itu, kandungan vitamin C ditambah enzim bromelain juga diyakini bisa membuat gigi jadi tampak lebih putih bersih.

8. Mencegah Jerawat

Siapa sangka buah nanas ternyata bisa mencegah timbulnya jerawat di wajah. Dikutip dari doktersehat.com, kandungan air pada nanas ternyata kaya akan berbagai vitaminB12 dan vitamin E. Ada pula mineral kalsium, kalium, biotin, asam, iodium, dan juga klor. Ditambah kandungan vitamin C dan enzim bromelain diyakini mampu mencegah timbulnya jerawat.

9. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Tidak hanya mencegah timbulnya jerawat, buah nanas juga diyakini mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan nanas mempunyai kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang bisa memberikan efek cerah di wajah. Dengan begitu, noda hitam dan bekas jerawat akan tersamarkan secara alami.

Nah, itulah di antaranya 9 manfaat nanas untuk kesehatan dan kecantikan. Konsumsi buah-buahan termasuk apel memang penting untuk kesehatan. Meski begitu, sebaiknya tetap perhatikan jumlahnya. Sebab segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI