6 Olahraga Anak yang Cocok Dilakukan Selama Pandemi Virus Corona Covid-19

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

6 Olahraga Anak yang Cocok Dilakukan Selama Pandemi Virus Corona Covid-19
Ilutsrasi (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Rutin berolahraga menjadi satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, tentunya akan jadi PR buat orangtua mencarikan olahraga yang cocok untuk anak selama masa pandemi. Sebab, berolahraga di tanah lapang umum tentu akan sangat berisiko. Jadi, kira-kira adakah jenis olahraga anak yang cocok dilakukan selama karantina mandiri?

Olahraga untuk anak memang sangat penting, selain untuk menjaga daya tahan tubuh, juga penting untuk pertumbuhannya. Namun, olahraga untuk anak juga tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Sebab, secara kekuatan fisik bisa jadi anak belum terlalu kuat untuk melakukan olahraga orang dewasa.

Jika kalian adalah orang tua yang sedang kebingungan mencari olahraga anak yang cocok dilakukan selama pandemi corona covid-19 kalian bisa mengajak anak melakukan salah satu dari olahraga di bawah ini.

 

 

 

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Yoga yang selama ini sering dilakukan oleh orang dewasa, ternyata olahraga yang berasal dari India ini juga bisa dilakukan oleh anak-anak. Untuk melakukan olahraga satu ini, tentunya orangtua harus mencari gerakan yang sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing anak.

Bahkan, olahraga yoga memberi banyak manfaat untuk anak. Dikutip dari hellosehat.com, olahraga yoga akan memberi berbagai manfaat, di antaranya baik untuk kesehatan fisik dan mental, serta melatih konsentrasi dan fokus anak.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Lompat Tali

Lompat tali menjadi olahraga anak yang cocok dilakukan selama karantina mandiri berikutnya. Lompat tali sebenarnya bukan hal baru untuk anak. Sebab, selain sebagai olahraga, lompat tali selama ini juga dikenal sebagai salah satu permainan yang akrab dengan anak-anak. Oleh karena itu, rasanya akan sangat cocok dan mudah untuk mengajak anak melakukan olahraga satu ini.

Olahraga lompat tali, juga akan semakin seru jika dilakukan bersama-sama dengan orangtua dan saudara. Jadi, selain mendapatkan tubuh yang lebih sehat, dengan melakukan olahraga ini bersama-sama keluarga juga akan mendapatkan kesenangan dan kebersamaan selama menjalani karantina mandiri.

Selain itu, olahraga ini juga relatif mudah dilakukan karena tidak membutuhkan peralatan khusus. Lompat tali juga bisa dilakukan di dalam ruangan, meski tentunya kalian harus memperhatikan keadaan ruangan. Jangan, memaksakan melakukan olahraga ini di ruangan sempit atau ruangan yang penuh perabotan. Sebaiknya, olahraga ini dilakukan di halaman rumah di pagi atau sore hari.

3. Catur

Catur memang bukan jenis olahraga yang melatih fisik. Namun, olahraga ini sangat cocok untuk diajarkan pada anak saat karantina mandiri saat ini. Sama seperti yoga, olahraga ini akan memberi banyak manfaat untuk anak, khususnya dalam hal daya pikir, daya ingat, dan melatih fokus.

Di samping itu, sama seperti lompat tali juga, olahraga ini juga bisa dikemas sebagai permainan yang menyenangkan. Sehingga tidak hanya akan menyehatkan tapi, juga menghibur agar anak tidak merasa bosan.

4. Jalan Santai

Olahraga ringan yang cocok untuk anak berikutnya adalah jalan santai. Olahraga ini memang sebaiknya dilakukan di luar rumah, dengan jalur yang agak panjang. Namun, meski begitu kalian tidak perlu khawatir selama dilakukan dengan hati-hati olahraga ini akan tetap aman dan menyehatkan.

Ada beberapa tips untuk menjalani olahraga jalan santai di masa pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini. Misalnya, tetap gunakan masker, jaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain, membawa bekal air putih dari rumah, menghindari jalanan yang ramai, dan sebagainya.

5. Jogging

Olahraga anak yang cocok dilakukan selama karantina mandiri berikutnya adalah jogging. Olahraga jogging dilakukan dengan lari-larian kecil atau pelan-pelan. Meski hanya lari-larian begitu, tapi sampai saat ini jogging masih menjadi salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang karena terbukti menyehatkan.

Sama halnya dengan jalan santai, olahraga ini memang harus dilakukan di luar ruangan dengan menerapkan berbagai tips agar tetap aman. Tips-tips untuk melakukan jogging dengan aman di masa pandemi tidak berbeda dengan tips melakukan jalan santai di atas.

6. Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga yang sedang naik daun belakangan ini, bahkan sejak sebelum adanya wabah virus corona covid-19. Meski sedang ada pandemi virus corona, olahraga bersepeda tetap bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan olahraga untuk anak. Tentunya dengan menerapkan tips-tips tertentu agar olahraga bersepeda tetap aman dan menyehatkan.

Salah satu tipsnya yaitu dengan memilih jalur bersepeda yang jauh dari keramaian. Selain itu, sebaiknya juga tidak memilih jalur yang terlalu jauh. Jadi, bersepedalah di sekitar rumah saja, karena akan relatif lebih aman jika bersepeda di kawasan yang orang-orangnya juga menerapkan karantina mandiri.

Olahraga bersepeda juga relatif aman karena, masing-masing orang hanya akan menggunakan sepedanya sendiri. Di samping itu, mengendarai sepeda juga akan meminimalisir aktivitas anak dalam menyentuh benda-benda tertentu yang berpotensi sudah terpapar virus corona covid-19.

Itulah 6 olahraga anak yang cocok dilakukan selama karantina mandiri. Kalian para orangtua bisa mengajak anak melakukan salah satu olahraga diantaranya untuk tetap menjaga kesehatan dan menjadi sarana refreshing bagi anak. Yang tidak kalah penting, tetap dampingi dan perhatikan aktivitas anak saat melakukan olahraga di saat karantina mandiri.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending