7 Rekomendasi Buku Menambah Wawasan Tentang Dunia - Cara Hidup

Senin, 24 Oktober 2022 16:33 Penulis: Dhia Amira
7 Rekomendasi Buku Menambah Wawasan Tentang Dunia - Cara Hidup
Rekomendasi Buku Menambah Wawasan (credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian yang sangat suka dengan buku yang memiliki banyak sekali wawasan, maka beberapa rekomendasi buku menambah wawasan ini bisa kalian lihat dan kalian pilih sebagai bacaan kalian. Ya, beberapa rekomendasi buku menambah wawasan ini ada tentang wawasan dunia hingga cara hidup.

Sehingga, bukan hanya mendapatkan ilmu baru, namun juga bisa menjadi sebuah motivasi hingga self healing bagi KLovers yang merasa berat dalam menjalani hidup. Bahkan, ilmu baru dari buku-buku ini bisa menambah pandangan lebih luas untuk kalian dalam melihat dunia.

Apa saja ya rekomendasi buku menambah wawasan tersebut? Berikut ini daftar rekomendasi buku menambah wawasan tentang dunia hingga cara hidup. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. The 7 Habits of Highly Effective People

Rekomendasi buku menambah wawasan yang pertama yaitu ada buku berjudul The 7 Habits of Highly Effective People. Ya, buku karya Steven Covey ini ditulis pada tahun 1989. Menurut Steven covey, terdapat 7 kebiasaan efektif yang bisa mengubah hidup seseorang.

Dan 7 kebiasaan itu adalah dengan berkembang, berorientasi pada masa depan, bersikap proaktif, berpikir menang, bekerja sama atau bersinergi, mengerti baru dimengerti, dan bisa menentukan prioritas. Dan masuk dalam rekomendasi buku menambah wawasan.

Dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People, Steven Covey ingin menyampaikan mengenai cara-cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan membantu para pembaca untuk membangun kebiasaan baik.

 

2. 1984

Rekomendasi buku menambah wawasan yang kedua ada buku berjudul 1884 karya George Orwell. Buku 1984 merupakan sebuah novel yang bisa memberikan kalian sebuah wawasan tentang dunia loh KLovers. Yup! Buku 1984 ini merupakan suatu satiran terhadap ideologi komunisme yang menguasai hampir seluruh negara pada masa itu.

George Orwell menceritakan apa efek yang terjadi pada sebuah negara yang menerapkan ideologi komunisme. Selama membaca buku ini kalian akan tahu bagaimana suatu kebebasan menjadi punah dan segala tatanan sosial telah diatur oleh orang partai yang selalu memantau masyarakatnya dalam ideologi komunisme.

 

3. The Tipping Point

Buku The Tipping Point juga menjadi sebuah rekomendasi buku menambah wawasan yang lainnya, buku The Tipping Point merupakan buku karya Gladwell. Dimana sang penulis mencoba untuk menceritakan masa penting terhadap wabah sosial yang ada di berbagai macam aspek kehidupan.

Termasuk bagi perubahan sosial sekarang ini. Buku ini sangat disarankan untuk dibaca karena di dalam buku ini menyinggung bagaimana orang-orang bertukar ide serta informasi tanpa batas waktu. Dan menjadi sebuah buku yang dapat memberikan kalian sebuah wawasan.

 

4. The Life Changing Magic of Tidying Up

Judul buku The Life Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo ini juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi buku menambah wawasan selanjutnya. Buku yang ditulis oleh penulis Jepang ini juga begitu populer dan masuk ke dalam daftar best seller dunia.

Dalam buku The Life Changing Magic of Tidying Up ini Marie Kondo mempunyai metode pengorganisasian barang yang dinamakan Metode Konmari. Ya, metode ini mempunyai prinsip dasar menyingkirkan barang-barang yang tidak berguna dan hanya menyisakan benda yang membawa kebahagiaan saja.

Konsep ini dikenal luas di dunia serta memunculkan juga gaya hidup minimalis. Dan menjadikan kita hidup lebih hemat, tidak tertuntun oleh gaya, dan hidup lebih bahagia. Hingga buku The Life Changing Magic of Tidying Up ini masuk ke dalam rekomendasi buku menambah wawasan berikutnya.

 

5. The Subtle Art of Not Giving A F*ck

Buku The Subtle Art of Not Giving A F*ck atau memiliki judul bahasa Indonesia, Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi buku menambah wawasan yang sayang untuk kalian lewatkan.

Dalam bukunya ini, Mark Manson berpikir bahwa bahwa setiap manusia tidak semuanya terlahir sempurna dan tidak semua mempunyai nasib mujur, sebagian besar dari mereka bahkan mengalami kemalangan yang tidak habis-habis dan mungkin merasa tidak beruntung.

Melalui buku The Subtle Art of Not Giving A F*ck ini, para pembaca diberi sebuah nasihat dan pandangan bahwa, dengan memahami keterbatasan diri sendiri seseorang bisa lebih menerima hidup yang apa adanya. Dan lebih mencintai diri mereka apa adanya.

 

6. Wild

Buku karya Cheryl Strayed dengan judul Wild ini berisi tentang kehilangan, kekecewaan, hingga pada akhirnya kemampuan memaafkan dan menyembuhkan diri sendiri. Buku Wild memberikan sebuah wawasan tentang self-discovery ketika ia hiking seorang diri sejauh 1.100 mil di Pacific Crest Trail.

Buku ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan alone time untuk memulihkan diri dari masalah atau mencoba mencari tahu versi diri mana yang paling hidup mereka sangat nyaman. Melakukan perjalanan sendirian memang membantu, dan Wild bisa memberi kalian semangat dan menjadi sebuah motivasi tambahan.

 

7. Guns, Germs and Steel

Dan rekomendasi buku menambah wawasan yang terakhir ada buku berjudul Guns, Germs and Steel dengan sub judul The Fates of Human Societies, Diamond. Buku ini mendiskusikan perbedaan masyarakat di seluruh dunia dan bagaimana ketidaksejajaran bertahan.

Sang penulis, Jared Diamon dengan keras berdebat bahwa apapun keuntungan yang dimiliki orang-orang Eropa dalam menguasai dunia, lebih kesisi geografis dibandingkan dengan sisi genetik. Selain itu, Jared juga menjelaskan tentang tiga alat dalam penjajahan arsenal yaitu senjata, bakteri dan besi.

Buku ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1997, dan masih menjadi salah satu bacaan yang masih populer sampai saat ini. Buku Guns, Germs and Steel memberikan latar belakang tentang politik secara global, kemudian ada pula info sejarah, ekonomi dan sosiologi.

Itulah beberapa rekomendasi buku menambah wawasan tentang dunia, hingga cara hidup yang bisa KLovers baca. Bukan hanya memberikan sebuah informasi saja, namun juga sebuah motivasi baik.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI