7 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami, Konsumsi Sayuran Basil Hingga Bawang Putih

Jum'at, 10 April 2020 14:22 Penulis: Dita Tamara
7 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami, Konsumsi Sayuran Basil Hingga Bawang Putih
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara turunkan darah tinggi secara alami memang menjadi solusi daripada harus mengonsumsi obat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi sendiri merupakan kondisi yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Risiko yang parah apabila seseorang mengidap hipertensi, dapat menyerang organ tubuh jantung, stroke, hingga berujung kematian.

Seseorang untuk mengetahui terkena hipertensi, tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg. Kondisi ini dapat berbahaya karena jantung dipaksa memompa lebih keras ke seluruh tubuh.

Kalian dapat mencoba beberapa cara ampuh turunkan darah tinggi secara alami yang dapat mengembalikan atau menurunkan tekanan darah menjadi normal. Berikut cara menurunkan darah tinggi secara alami:

 

1. Minum air putih

Cara menurunkan hipertensi secara alami dengan minum air putih yang cukup. Salah satu penyebab hipertensi yaitu dehidrasi kronis, di mana tubuh seseorang kekurangan cairan sehingga pembuluh darah mengkerut. Minum air putih menjadi solusi yang sehat sekaligus murah.

Jadi, jika kalian mulai merasakan gejala hipertensi, minumlah air putih dan tunggu beberapa menit hingga tubuh menjadi normal. Dengan begitu, minum air putih akan membantu kalian memulihkan volume darah yang cukup untuk tubuh.

2. Merendam Kaki Menggunakan Air Panas

Metode merendam kaki menggunakan air panas dapat kalian coba jika gejala hipertensi sudah mulai dirasakan. Rendam kaki dan tangan di baskom berisi air panas/hangat selama 10-15 menit. Hal ini dapat membantu menarik darah untuk turun ke kaki dan menjauh dari kepala.

Lakukan dengan rileks dan tunggu hingga kalian merasa kembali normal. Selain itu, kalian juga dapat mengkompres bagian belakang leher.

3. Melatih Pernapasan di Lubang Hidung Kiri

Melatih pernapasan di lubang hidung kiri dapat dilakukan dengan cara duduk di lantai atau kursi dalam posisi yang rileks dengan punggung lurus. Letakkan tangan kiri di perut. Selanjutnya, tutup lubang hidung kanan kalian menggunakan jari. Lalu, ambil nafas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri, tahan beberapa detik lalu bernafas.

Bernapas menggunakan lubang hidung kiri akan membantu mengontrol tingkat tekanan darah. Selain itu, mengurangi tingkat stress dalam diri kalian. Lakukan hal ini selama 3-5 menit.

4. Memijat Leher dan Telinga

Cara menurunkan darah tinggi secara alami yakni dengan memijat leher dan telinga kalian secara perlahan. Ada 3 titik di kepala dan leher yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Temukan dulu titik pertama yang terdapat di belakang telinga dan raba ke arah bawah ke tulang selangka.

Selanjutnya di titik kedua, gunakan jari-jari kalian untuk memijat leher dengan lembut. Pijat leher dilakukan dari atas ke arah bawah garis leher. Lakukan dan ulangi 10 kali di kedua sisi leher.

Titik ketiga terletak sekitar 1/2 cm dari telinga. Pijat di kedua sisi dengan ujung jari anda selama satu menit dalam gerakan yang berlawanan arah jam. Memijat di 3 area tersebut dapat meredakan ketegangan pada otot leher dan dapat mengembalikan aliran darah ke otak.

5. Konsumsi Rempah-Rempah

Cara menurunkan darah tinggi bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya yang perlu kalian coba yakni konsumsi bahan-bahan tradisional seperti kunyit, jahe, maupun kayu manis yang dipercaya dapat mengontrol tekanan darah kalian.

Kunyit dipercaya dapat menurunkan hipertensi. Rempah ini dapat menurunkan tekanan darah karena memiliki kekuatan menangkal radikal bebas dengan senyawa anti inflamasi yang disebut kukurmin.

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe mampu membantu mengatasi hipertensi, karena dapat mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat menurun.

Kayu manis menjadi alternatif menurunkan hipertensi. Caranya cukup mudah, anda bisa mencampur sedikit kayu manis pada rebusan air teh. Aroma manisnya dapat menyamar sebagai gula di otak. Kayu manis juga menjadi salah satu tanaman yang mengandung antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan.

6. Konsumsi Sayuran Basil

Basil merupakan tanaman jenis daun atau herbal yang biasanya dijadikan rempah bumbu pada masakan. Di samping cita rasa basil, manfaat lain dari basil yakni dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Basil memiliki kandungan eugenol yang dapat melawan zat-zat yang berpotensi mengencangkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat tetap stabil.

7. Konsumsi Bawang Putih

Salah satu khasiat bawang putih yang jarang orang ketahui yakni dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih dapat melebarkan, melancarkan, dan membuat rileks pembuluh darah.

Agar manfaatnya terasa, kalian dapat memakan bawang putih segar atau dibakar sebentar. Cara lainnya dengan memasukkan 4-7 siung bawang putih dalam tumisan masakan.

Selain cara menurunkan darah tinggi secara alami, yang perlu diperhatikan yaitu tetap jaga kesehatan dengan cara berolahraga, pilih makanan yang tepat, hindari makanan asin, berlemak tinggi, makanan kemasan, mengurangi kafein, menghindari stres, serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

 

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI