7 Cara Diet Tanpa Makan Sayur, Tetap Perhatikan Asupan Nutrisi

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

7 Cara Diet Tanpa Makan Sayur, Tetap Perhatikan Asupan Nutrisi
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Kebanyakan orang mendambakan punya tubuh sehat dengan postur yang ideal. Untuk itu, mereka melakukan berbagai cara termasuk dengan program diet. Umumnya, diet dilakukan dengan menjaga pola makan. Berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Tapi, bagaimana jika tidak suka sayur? Padahal sayur merupakan salah satu jenis makanan bergizi. Tak perlu khawatir, sebab ternyata ada cara diet tanpa makan sayur.

Sayur memang jadi salah satu makanan bergizi yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Kandungan nutrisi dalam sayur juga diketahui baik untuk kesehatan. Faktanya memang ada beberapa orang yang tidak menyukai sayur-mayur. Namun dengan beberapa cara diet tanpa makan sayur ini, mempunyai postur tubuh ideal bukanlah hal yang mustahil.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara diet tanpa makan sayur yang bisa kalian coba.

 

1. Konsumsi Buah-Buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga jadi makanan yang menyimpan banyak vitamin dan nutrisi lain. Sama seperti sayur, kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah secara rutin. Jadi, jika kalian tidak menyukai atau tidak bisa mengonsumsi sayur, coba beralih untuk memperbanyak konsumsi buah.

Pasalnya, di samping bernutrisi buah diyakini bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, rata-rata buah mempunyai kandungan lemak yang rendah. Beberapa jenis buah juga mempunyai kandungan kalium yang bermanfaat untuk jaga tekanan darah. Kandungan serat dalam buah juga akan sangat membantu pencernaan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Konsumsi Kacang-Kacangan

Sama halnya buah-buahan, kacang-kacangan juga mempunyai kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Bukan itu saja, dalam kacang-kacangan juga tersimpan banyak protein sehingga berguna untuk membentuk massa otot dan dan menjaga metabolisme tubuh. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kalian konsumsi saat diet. Salah satunya, kacang kedelai yang sudah diolah jadi tahu atau tempe. 

 

3. Sarapan Smoothies atau Jus

Jika kalian merasa bosan mengonsumsi buah dan kacang-kacangan saat menjalani diet tanpa makan sayur, kalian bisa membuat smoothies atau jus. Dengan mengolah buah atau kacang-kacangan jadi smoothies atau jus akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Smoothies atau jus yang dibuat dari campuran buah-buahan kaya akan nutrisi. Hal ini membuat menu sehat ini cocok disantap saat sarapan pagi. Nutrisi dalam smoothies bisa menjadi cadangan energi sampai siang hari. Namun perlu diketahui, saat membuat smoothies sebaiknya hindari penambahan gula yang berlebih.

 

4. Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Kita sangat dianjurkan mengonsumsi sayur karena kandungan vitamin dan nutrisinya yang dibutuhkan tubuh. Artinya, jika kalian tidak mengonsumsi sayur sebaiknya cari sumber vitamin dan nutrisi lainnya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi itu, kalian bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen.

Selain berguna memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi, konsumsi suplemen ini juga bisa menjadi sumber energi saat menjalani diet tanpa makan sayur. Namun, jangan asal memilih suplemen. Sebaiknya, konsultasikan diri dengan dokter, pastikan suplemen yang akan kalian konsumsi aman dan memang menyehatkan.

 

5. Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Saat melakukan diet tanpa makan sayur, dianjurkan untuk lebih memilih jenis makanan yang rendah lemak. Sebab, makanan-makanan rendah lemak seperti ubi, oatmeal dan ikan akan sangat baik untuk pencernaan. Hal ini akan cocok dengan kondisi tubuh yang kekurangan asupan serat karena tidak mengonsumsi sayur.

Di samping itu, makanan rendah lemak juga diyakini menyehatkan. Jenis makanan ini dipercaya bisa menjauhkan kita dari berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi dan diabetes.

 

6. Olahraga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain lewat makanan, berat badan ideal juga bisa didapat dengan melakukan olahraga. Olahraga selama ini terbukti bisa membakar kalori dalam tubuh. Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga juga dipercaya bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Namun, saat sedang diet sebaiknya tidak terlalu memforsir tubuh melakukan olahraga. Cukup lakukan olahraga ringan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

 

7. Perhatikan Menu Makanan

Bagi kalian yang tidak suka makan sayur, memperhatikan menu makanan selama diet sudah jadi keharusan. Kalian harus tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi. Pastikan asupan nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari sayuran, bisa didapat dari sumber lain seperti buah, kacang-kacangan, atau daging.

Bahkan, jika dirasa perlu kalian bisa mulai membuat jurnal makanan yang akan di konsumsi selama beberapa hari ke depan. Selain kombinasi bahan makanan, perhatikan jumlah kalori pada setiap menu makanan. Dengan begitu, berat badan akan lebih bisa terpantau.

Itulah di antaranya beberapa cara atau tips jalani diet tanpa makan sayur. Semoga bermanfaat dan bisa bantu kalian dapatkan berat badan ideal.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending