6 Cara Diet Mayo Beserta Contoh Menu Hariannya, Ampuh Turunkan Berat Badan

Senin, 08 Februari 2021 16:11 Penulis: Dita Tamara
6 Cara Diet Mayo Beserta Contoh Menu Hariannya, Ampuh Turunkan Berat Badan
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Diet mayo dilakukan dengan cara membatasi asupan mengonsumsi garam dan karbohidrat. Pada dasarnya diet mayo dilakukan dalam jangka pendek, hanya 12-14 hari saja. Meski demikian, hasilnya bisa maksimal, karena menu makannya yang diatur. Cara diet ini membuat pola hidup kalian menjadi sehat, berkualitas, dan dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan.

Cara diet mayo ini juga sangat bagus jika kalian lakukan karena tidak berfungsi untuk menurunkan berat badan saja, akan tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sebab, tak hanya makanan saja yang diatur, kalian juga tetap harus melakukan olahraga yang teratur. Nah, agar diet mayo ini menghasilkan dampak yang memuaskan, yuk langsung saja intip cara diet mayo yang perlu kalian terapkan.

 

1. Konsisten Puasa Garam

Cara diet mayo yang pertama yaitu kalian harus mempunyai niat untuk benar-benar puasa garam. Bagi kalian yang menyukai makanan asin, kalian juga harus mulai untuk berhenti meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Kalian bisa melakukan puasa garam ini selama 2 minggu. Sebab, hal ini merupakan syarat mutlak, maka kalian juga harus benar-benar melakukannya.

Ketika terjadi pelanggaran sedikit saja, maka kalian terpaksa harus mengulanginya dari awal lagi. Jadi pada awalnya, kalian harus sudah mempunyai niat yang kuat untuk tidak mengonsumsi garam maupun makanan asin lainnya.

 

2. Konsumsi Air Putih

Ada segudang manfaat yang kalian dapatkan dengan mengonsumsi air putih. Ya, saat kalian melakukan diet mayo, kalian juga tidak boleh malas untuk mengonsumsi air putih. Sebab, tidak adanya asupan garam berarti tidak ada lagi 'pengikat' air dalam tubuh. Oleh karenanya, perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat.

 

3. Komitmen

Periode 12-14 hari tampaknya terdengar cukup singkat ketika kalian belum melakoni dietnya. Namun, jika kalian termasuk seseorang yang hobi dengan makanan asin, maka akan terasa berat ketika menjalani diet mayo ini. Disinilah dibutuhkan komitmen yang tinggi supaya diet kalian tidak gagal di tengah jalan. Salah satu kunci keberhasilan diet mayo yang perlu diingat adalah fokus pada tujuan yang ingin dicapai, lebih dari rasa makanan yang tersaji di depan kalian.

Selain itu, ketika sedang diet seringkali kita tergiur dengan beragam jenis makanan di depan mata. Nah, sebagai solusinya, kalian juga perlu membatasi mata sehingga tidak sampai tergiur dengan beragam makanan yang sedang kalian lihat.

 

4. Tetap Olahraga

Pasti kalian sudah mengetahui jika diet bukanlah membatasi asupan makanan saja. Akan tetapi, diet juga harus diimbangi dengan olahraga. Cara diet mayo dengan olahraga ini perlu kalian terapkan supaya cepat mendapatkan berat badan yang sesuai dengan keinginan. Supaya hasilnya efektif, paling tidak kalian harus berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Bila kalian sudah melakukan diet mayo dan merasakan hasilnya, maka jangan segan untuk meneruskannya sebagai pola hidup yang baru. Kalian juga harus terus menerapkan gaya hidup sehat tersebut hingga menjadi kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan.

 

5. Jangan makan sambil nonton TV

Makan sambal menonton TV merupakan salah satu hal yang menyenangkan bukan? Akan tetapi, saat kalian melakukan diet mayo alangkah baiknya untuk meninggalkan kebiasaan makan sambil menonton TV. Hal ini lantaran makan sambil menonton TV dapat mengalihkan fokus dari seberapa banyak porsi makanan yang sudah kalian makan. Jadi agar porsi makan tetap terkontrol, matikan TV, dan konsentrasilah pada hidangan yang sedang kalian makan.

 

6. Makan di rumah

Terkadang, memasak menjadi salah satu hal yang malas dilakukan ketika seharian dihabiskan untuk melakukan beragam kegiatan. Akibatnya, kalian pun memilih untuk membeli makanan di luar supaya lebih praktis.

Padahal, makanan yang dijual di luar kebanyakan sudah dibumbui garam atau penyedap rasa. Nah, oleh sebabnya, saat kalian melakukan diet mayo, kalian juga harus memasak sendiri makanan di rumah yang tentu saja dijamin kehiginiesannya.

 

7. Contoh Menu Harian Diet Mayo

Setelah kalian mengetahui cara diet mayo, ada baiknya kalian juga mengetahui contoh menu harian diet mayo yang bias kalian gunakan untuk referensi.

-Menu sarapan pagi terdiri dari 1 buah pisang kecil, ¾ cangkir atau sekitar 95 gram sereal gandum, serta minuman bebas kalori.

-Menu makan siang terdiri dari 1 porsi salad, 1,5 sendok teh mentega, 75 gram buah nanas, 1 potong roti gandum utuh, dan minuman bebas kalori.

-Menu makan malam terdiri dari 3 ons kerang, 1 sendok teh minyak zaitun, kentang tumbuk dengan campuran kembang kol dan bawang putih, 1 cangkir buah bit atau sekitar 175 gram, serta minuman bebas kalori.

-Menu camilan terdiri dari 2 buah plum dan 8 keping biskuit yang terbuat dari gandum.

Itulah sederet cara diet mayo beserta contoh menu harian yang perlu kalian konsumsi. Selamat mencoba dan semua bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI