7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami, Anti Ribet

Rabu, 22 April 2020 15:44 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami, Anti Ribet
credit: Pixabay


Kapanlagi Plus - Memiliki bau badan sangatlah mengganggu, bukan hanya mengganggu diri sendiri tetapi juga orang-orang di sekeliling kita. Bau badan juga dapat membuat kepercayaan diri menurun dan membuat orang-orang sekeliling tentu saja menjauh. Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi bau badan secara alami bila kalian ingin melakukannya.

Bau badan sendiri terjadi akibat kelenjar keringat yang tersumbat karena pori-pori yang mengecil. Karena kelenjar dan pori-pori yang mengecil itu lah, udara yang harusnya dikeluarkan dari tubuh terjebak di dalam lapisan kulit. Hal itu membuatnya tubuh kita menjadi lembab dan menimbulkan aroma sengit.

Bau badan juga dapat terjadi akibat makanan yang kita konsumsi serta pola hidup yang tidak bersih. Maka dari itu, dilansir dari berbagai sumber inilah 7 cara mengatasi bau badan secara alami dan anti ribet.

 

 

1. Tomat

Cara mengatasi bau badan yang pertama yaitu dengan mengonsumsi buah tomat. Dalam buah tomat terdapat sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan. Diketahui bahwa antiseptik dapat menghilangkan bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan bau badan.

Tomat juga dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi keringat. Itulah mengapa tomat selalu menjadi bahan untuk perawat kecantikan di wajah agar dapat mengecilkan pori.

2. Daun Kemangi

Selain menjadi bahan penyedap makanan, daun kemangi juga dapat menjadi cara mengatasi bau badan loh KLovers. Karena di dalam daun kemangi terdapat kandungan senyawa anti bakteri dan antiseptik yang dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan secara alami.

Sama seperti tomat, anti septik juga digunakan untuk menghilangkan bakteri-bakteri penyebab bau badan. Bahkan, bila kalian meminum rebusan daun kemangi secara rutin 2 kali sehari diyakini dapat menghilangkan aroma tidak sedap pada badan.

3. Daun Sirih

Sudah banyak yang mengetahui bahwa daun sirih dapat mengatasi bau badan yang mengganggu. Karena di dalam daun sirih terdapat kandungan zat klavikula dan estradiol yang mampu mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Kita tahu bahwa penyebab bau badan juga karena kelenjar keringat yang berlebih.

Daun sirih juga memiliki antioksida serta antibakteri yang sama seperti daun kemangi. Untuk itu kalian dapat mengonsumsi rebusan daun sirih atau menjadikannya sebagai air mandi. Untuk dijadikan minuman, kalian dapat mengonsumsinya seminggu 3 kali dan bila untuk dijadikan air mandi dapat kalian gunakan setiap hari.

4. Jeruk Nipis

Cara mengatasi bau badan selanjutnya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Dalam jeruk nipis terdapat aroma yang segar dan kandungan asam serta antioksida yang tinggi juga dapat mengeluarkan racun sisa pembuangan di dalam tubuh. Itulah mengapa jeruk nipis dapat mengatasi bau yang tidak enak di dalam tubuh kita.

Caranya yaitu, kalian dapat membelah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu aplikasikan pada ketiak kalian seperti menggunakan deodoran. Cara ini dapat kalian lakukan setiap hari agar bau badan menghilang secara maksimal.

5. Temulawak

Selain menjadi rempah penyedap masakan dan juga bahan kosmetik, ternyata temulawak dapat dijadikan sebagai bahan penghilang bau badan loh KLovers. Karena pada temulawak terdapat kandungan Saponin, flavoinoida, dan minyak atsiri yang dapat menghilangkan bau badan.

Cara mengaplikasikannya, kalian dapat memotong temulawak kecil-kecil dan direbus menjadi minuman hangat, atau kalian dapat menjadikan parutan temulawak sebagai lulur yang dioleskan ke seluruh badan.

6. Cuka Apel

Ternyata cuka apel dapat menjadi bahan untuk penghilang bau badan secara alami loh. Walaupun memiliki bau yang tak sedap, nyatanya cuka apel dapat dengan ampuh mengatasi bau badan di tubuh kita. Karena di dalam cuka apel terdapat kandungan Asam tartar dan asam asetat, kedua zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang menjadi penyebab bau badan sama seperti daun sirih.

Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan cuka apel pada ketiak kalian dan diamkan hingga 15 menit. Bila sudah dapat kalian bilas menggunakan air bersih.

7. Mentimun

Dan cara mengatasi bau badan yang terakhir yaitu dengan menggunakan mentimun. Mentimun merupakan sayuran yang kaya akan air serta mengandung kalsium, zat besi, magnesium. Zat tersebut dapat mengecilkan pori serta mengurangi kelenjar keringat. Itulah mengapa mentimun sering digunakan sebagai bahan alami kecantikan kulit wajah.

Cara menggunakan mentimun cukup mudah, kalian bisa memotong buah mentimun dan mengoleskannya pada bagian badan yang mengeluarkan bau yang sangat menyengat, seperti ketiak. Atau kalian dapat memberikan parut mentimun pada bagian ketiak dengan cara di kompres. Setelah itu diamkan kurang lebih 10-15 menit, dan angkat. Lakukan hal ini secara rutin sehabis kalian mandi.

Itulah 7 cara mengatasi bau badan secara alami dan mudah untuk dilakukan. Perlu diingat bahwa, semua cara di atas merupakan cara yang alami. Maka dari itu kalian harus konsisten melakukannya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Serta rajin lah untuk mandi dan berganti pakaian supaya bau badan pada tubuh segera teratasi. Selamat mencoba.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI