12 Makanan Sahur yang Mudah Dibuat dan Praktis, Puasa Lebih Nikmat

Jum'at, 08 Mei 2020 18:55 Penulis: Dhia Amira
12 Makanan Sahur yang Mudah Dibuat dan Praktis, Puasa Lebih Nikmat
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Sahur merupakan suatu kegiatan dalam puasa rutin yang kita lakukan sebelum melaksanakan ibadah puasa. Tapi terkadang banyak sekali orang yang malas untuk bangun sahur karena alasan tidak nafsu makan dan malas untuk tak selera memasak di dapur. Hal ini pun membuat banyak orang memutuskan tidak melakukan sahur atau makanan sahur seadanya saja.

Tetapi hal seperti itu tidak baik loh KLovers, sahur dilakukan untuk memberikan kalian asupan makanan hingga sore hari. Bila kalian tak melakukan itu, akan berbahaya untuk lambung dan yang pasti akan merasakan lemas luar biasa. Sebenarnya banyak sekali masakan sahur yang dapat kita masak secara praktis dan juga mudah, penasaran apa saja? Yuk langsung aja dilihat makanan sahur yang mudah dibuat dan praktis.

-----------------------
Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Daftar sekarang ya. Kalau bukan sekarang, kapanlagi?
-----------------------

 

 

 

1. Tumisan Sayur

Tumisan sayur merupakan makanan sahur pertama yang mudah di buat, tak hanya mudah tetapi juga sehat. Kalian bisa membuat tumisan sayur bayam, sayur kangkung atau tumisan sawi putih.

Cara menumisnya pun cukup mudah, hanya menggunakan bawang putih, gula, garam dan penyedap rasa. Bila kalian ingin yang sedikit berkuah, kalian bisa membuat tumisan capcay menggunakan sayur sop. Pembuatannya hanya ditumis menggunakan bawang putih, berikan air secukupnya dan berikan urak-arik telur. Selesai, capcay tumis siap di hidangkan.

Kalian masih bisa berkreasi dengan menggunakan banyak sayuran, karena masih banyak sekali sayur tumis yang dapat kalian buat untuk menjadi makanan sahur bersama keluarga.

2. Sarden

Masakan selanjutnya yang dapat kalian buat yaitu sarden. Makanan kaleng ini sangat mudah di buat untuk kamu yang ingin praktis. Sarden tak butuh waktu lama membuatnya, hanya perlu memberikan tambahan bawang putih yang sudah ditumis. Selanjutnya, kalian bisa memasukkan sarden dan masak hingga kuah dari sarden tersebut mendidih. Mungkin hanya perlu memakan waktu 10 hingga 15 menit saja, cukup mudah kan?

3. Orek Tempe

Makanan sahur selanjutnya yaitu memasak orek tempe. Kalian bisa menggunakan bumbu saus tiram untuk membuat orek tempe yang mudah dan praktis. Tak perlu waktu lama untuk memasaknya, kalian hanya perlu memotong tempe seperti dadu, tumis dengan menggunakan bawang bombay dan saus tiram. Kalian bisa memberi gula dan garam seusai selera.

Selesai, orek tempe siap di hidangkan. Dan kalian dapat membuat orek tempe menjadi makanan yang mudah untuk di masak saat sahur.

4. Bakwan Jagung

Selanjutnya yaitu bakwan jagung. Walaupun bukan sebagai makanan utama, tetapi bakwan jagung bisa menjadi makanan sahur pendamping yang dapat kalian buat dengan praktis. Kalian hanya perlu menyerut biji jagung dan berikan terigu dan air. Aduk hingga jagung dan terigu tercampur berbentuk adonan yang cair, bila sudah dapat kalian goreng. Setelah matang bisa langsung disajikan secara hangat-hangat untuk menambah nafsu makan di saat sahur.

5. Goreng Tepung

Makanan sahur selanjutnya yaitu dengan masakan yang dapat di goreng menggunakan tepung. Masakan tersebut seperti udang, cumi, tempe, tahu, terong ungu dan masih banyak lagi. Kalian bisa membuat masakan tersebut dengan mudah dan dapat disajikan secara hangat. Bila anak kalian sulit untuk makan, kalian bisa menggoreng udang atau cumi menggunakan tepung. Berikan juga saus sambal ya untuk menambah kenikmatan.

6. Nasi Goreng

Makanan sahur selanjutnya yaitu nasi goreng. Tak perlu di tanya lagi bahwa nasi goreng telah menjadi makanan favorit untuk sahur. Cara pembuatannya yang mudah dan tak perlu waktu yang lama membuat nasi goreng menjadi pilihan untuk makanan sahur. Kalian bisa memasak nasi goreng dengan bumbu serba guna atau memasak nasi goreng putih yang tidak sulit dan juga mudah.

7. Sup Makaroni Sosis

Bila kalian ingin makanan yang hangat, maka kalian bisa memasak sup makaroni sosis yang mudah dan praktis. Hanya mempersiapkan bumbu utama, lalu masukkan makaroni dan juga sosis. Ini cukup mudah dan sangat cocok di masak di saat sahur.

8. Oat Meal

Makanan sahur selanjutnya yang mudah untuk dibuat yaitu oat meal. Bukan hanya menyehatkan, makanan ini juga sangat mudah untuk di sajikan. Kalian hanya perlu menyeduh oat meal menggunakan susu, beri sedikit buah bila ingin dan oat meal siap santap.

9. Sup Tahu

Selain sup makaroni sosis, kalian juga bisa membuat sup tahu bila ingin makan makanan yang hangat. Membuat sup tahu pun cukup mudah, kalian hanya memberikan bumbu utama seperti bawang putih, garam dan penyedap rasa. Kalian juga bisa memasukkan sayuran atau jamur ke dalam sup tersebut. Bukan hanya mudah di buat, tetapi juga menyehatkan.

10. Tumis jamur

Makanan sahur selanjutnya yaitu dengan memasak tumisan jamur. Kalian bisa menumis jamur tiram, jamur enoki atau jamur kancing. Selain mudah untuk di masak, jamur juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menambah stamina.

11. Ayam dan Ikan Goreng

Makanan sahur selanjutnya yaitu, kalian bisa memasak ayam dan ikan goreng. Kalian bisa memberikan bumbu pada ayam atau ikan tersebut pada malam hari sebelum kalian pergi tidur. Masukkan ayam atau ikan tersebut ke pendingin, lalu saat sahur tiba, kalian dapat langsung menggorengnya tanpa perlu waktu dan persiapan yang lama.

12. Nugget

Makanan yang terakhir yaitu nugget. Bila semua cara di atas masih sulit untuk kalian, maka cara terakhir adalah menggoreng nugget. Tak butuh waktu 10 menit untuk kalian menggoreng nugget. Kalian hanya perlu menggorengnya saat sahur.

Itulah 12 Makanan sahur yang mudah untuk dibuat dan juga praktis, serta kalian tak perlu memakan waktu banyak untuk mempersiapkannya. Semoga makanan di atas dapat menjadi ide masakan buat para KLovers di rumah. Selamat mencoba.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI