12 Manfaat Buah Kurma, dari Kesehatan Hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Minggu, 19 April 2020 08:22 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Buah Kurma, dari Kesehatan Hingga Bantu Turunkan Berat Badan
Ilsutrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Siapa yang tidak tahu buah kurma, buah berwarna coklat dan bertekstur lembut ini ternyata memiliki banyak manfaat loh. Manfaat buah kurma sudah banyak dibuktikan, dari segi kesehatan, kecantikan dan juga untuk menurunkan berat badan.

Buah yang banyak tumbuh di wilayah timur tengah ini juga banyak dikonsumsi saat berbuka puasa. Penasaran apa saja manfaat buah kurma? Dilansir dari berbagai sumber, inilah manfaat buah kurma yang wajib kamu ketahui.

 

1. Mengandung Antioksida

Antioksida merupakan kandungan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, dan buah kurma memiliki banyak kandungan antioksida di dalamnya. Bila radikal bebas di hadang masuk oleh antioksida, maka kemungkinan terjadi kerusakan organ atau terjadi mutasi pada sel bisa dihindari.

Ada tiga jenis antioksidan utama yang terdapat pada kurma, yaitu flavonoid, carotenoid, dan asam fenolat. Ketiganya dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, degenerasi makula, hingga kanker dan penyakit jantung.

2. Membantu Mengontrol Gula Darah

Sudah banyak yang mengetahui bahwa buah kurma dapat mengontrol gula darah dengan baik, karena di dalam kurma terdapat kandungan indeks glikemik yang rendah. Angka indeks glikemik menjadi sebuah indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, dan kurma memiliki angka yang sangat rendah.

Maka dari itu kurma dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Serta kandungan serat yang ada di buah kurma dan antioksidannya juga dapat membantu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat buah kurma selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Karena di dalam kurma terdapat banyak sekali mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua mineral tersebut dapat membantu melindungi tulang dari kondisi kelainan seperti osteoporosis. Dan sebuah studi mengatakan bahwa kurma mengandung boron yang bisa menjaga kesehatan tulang.

4. Menguatkan Fungsi Otak

Ketika kalian mengonsumsi buah kurma secara rutin maka kalian bisa mengurangi aktivitas protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di otak. Plak merupakan suatu lapisan lunak yang terdiri atas kumpulan mikroorganisme, dan dapat berkembang biak di suatu permukaan. Bila plak menumpuk di otak, maka mereka dapat mengganggu komunikasi sel-sel otak yang bisa menyebabkan kematian sel. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Kecantikan Kulit

Selain untuk kesehatan, ternyata kurma juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit loh KLovers. Di dalam kurma terkandung kadar vitamin C yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, memberikan produksi kolagen dan mengurangi risiko kanker kulit.

Kurma juga dapat melembabkan kulit di wajah, karena kandungan vitamin A,C dan E membuat kurma dapat meregenerasi kulit yang membuat kulit terlihat tetap lembab. Kalian bisa mengonsumsi langsung buah kurma dalam bentuk buah atau dapat juga di jus. Kalian juga bisa menggunakan kurma sebagai bahan untuk masker di wajah.

6. Kecantikan Rambut

Bukan hanya untuk kulit, ternyata manfaat buah kurma juga dapat digunakan ke rambut loh KLovers. Dalam buah kurma terdapat vitamin B yang merupakan biotin dan niacin yang dapat menguatkan serta menjaga kondisi rambut agar tetap mengkilat dan hitam.

Kalian bisa membuat masker rambut sendiri di rumah menggunakan kurma dan minyak zaitun. Bila aktivitas ini dilakukan secara rutin maka kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengenyangkan

Karena memiliki serat yang tinggi, kurma menjadikan makanan untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet. Karena serat dalam buah kurma yang membuat seseorang merasa kenyang hanya dengan memakannya.

Manfaat kurma yang mengenyangkan tersebut terdapat dari kandungan proteinnya, karena protein pada kurma sulit dicerna sehingga waktu melakukan transisi di usus besar menjadi lebih lama. Itulah mengapa kurma dapat membuat seseorang merasa kenyang.

Kurma juga dapat mencegah lonjakan glukosa darah secara tiba-tiba dan mencegah penyerapan lemak. Kurma juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, hal itu karena serat pada kurma yang tidak tercerna oleh usus terfermentasi oleh bakteri baik di usus besar dan akan menjadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek inilah yang akan dimakan oleh bakteri sebagai peningkatan metabolisme dalam tubuh.

8. Menurunkan Berat Badan

Tak hanya mengenyangkan, ternyata manfaat buah kurma yang lain adalah dapat menurunkan berat badan. Kok bisa? Karena pada kurma terdapat Asam lemak tak jenuh yang dapat membantu mengurangi peradangan. Dan peradangan ini terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat serta menimbulkan penyakit resistensi insulin, diabetes, penyakit hati serta obesitas.

Dalam hal ini kurma dapat membantu penyakit obesitas akibat peradangan yang terjadi di dalam tubuh karena pola makan dan hidup yang tidak sehat. Untuk memulainya kalian dapat mengonsumsi buah kurma secara rutin agar memberikan efek yang baik dalam tubuh.

9. Melancarkan Pencernaan

Untuk membantu penurunan berat badan, kurma juga dapat melancarkan pencernaan loh KLovers. kandungan antosianin, fenolik, dan karoten yang terdapat dalam kurma dapat membuang racun dan meningkatkan metabolisme dan pencernaan dalam tubuh. Dan dapat menyebabkan penurunan berat badan.

10. Membantu Proses Persalinan

Selain berguna untuk kesehatan dan juga kecantikan, ternyata manfaat buah kurma juga dapat membantu persalinan untuk ibu hamil loh KLovers. Dalam Pubmeb Journal di Amerika Serikat menjelaskan, rutin mengonsumsi kurma pada trimester ketiga kehamilan bisa mencegah risiko berbagai komplikasi pada ibu dan bayi saat proses persalinan.

Diketahui pula bahwa, vitamin K yang terdapat dalam kurma dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak saat menyusui dari ibu yang rajin mengonsumsi buah kurma. Lalu buah kurma juga mengandung asam folat yang bermanfaat mencegah bayi yang cacat saat lahir akibat penyerangan otak dan tulang belakang.

11. Mempercepat Kontraksi

Manfaat buah kurma selanjutnya dalam persalinan yaitu mempercepat kontraksi. karena buah kurma dapat merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh, yang memudahkan proses persalinan.

Lalu kadar serotonin, kalsium dan tanin membantu kontraksi pada otot-otot rahim sehingga kontraksi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu, kandungan asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh dalam kurma juga menghasilkan prostaglandin yang dibutuhkan untuk persalinan.

12. Pemulihan Usai Persalinan

Dan manfaat buah kurma yang terakhir yaitu dapat membantu pemulihan usai persalinan. Karena buah kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berguna dalam menghentikan darah dan mengembalikan fungsi uterus. Itulah mengapa buah kurma baik untuk di konsumsi saat sebelum melakukan persalinan hingga setelah melakukan persalinan.

Itulah 12 manfaat buah kurma yang wajib kamu ketahui, bukan hanya untuk membantu pemulihan kesehatan, kecantikan dan penurunan berat badan saja, nyatanya kurma juga dapat membantu proses persalinan dan dapat membantu menjaga tubuh kita menjadi lebih sehat.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI