8 Cara Mengatasi Sariawan di Bibir yang Tak Kunjung Sembuh Secara Alami

Minggu, 19 April 2020 10:22 Penulis: Dhia Amira
8 Cara Mengatasi Sariawan di Bibir yang Tak Kunjung Sembuh Secara Alami
credit: Pixabay


Kapanlagi Plus - Memiliki sariawan di bibir memang sangat mengganggu, bukan hanya dari segi penampilan saat berbicara tetapi juga kita akan sulit untuk makan atau minum sesuatu. Sebenarnya banyak cara mengatasi sariawan, ada yang secara alami ataupun instan.

Tetapi kita juga harus mengetahui penyebab sariawan yang sedang terjadi. Karena tak semua sariawan timbul karena panas dalam saja, tetapi ada unsur lain yang membuat pada akhirnya sariawan timbul di mulut kita. Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber inilah 8 cara mengatasi sariawan yang tak kunjung sembuh.

 

1. Ikan

Penyebab terjadinya sariwan salah satunya adalah kekurangan vitamin B12. Tak semua timbulnya sariawan karena kekurangan vitamin C ya KLovers, kalian mungkin saja kekurangan nutrisi dari vitamin B12. Menurut peneliti dari University of Connecticut yang menguji 100 orang yang pernah mengalami sariawan, ternyata asupan vitamin B12 dan folat pada orang-orang tersebut lebih rendah dibandingkan dengan kelompok orang yang mengikuti survey nasional dan tidak pernah mengalami sariawan.

Itulah mengapa tak semua sariawan terjadi karena vitamin C saja. Untuk menambah kadar vitamin B12 di dalam tubuh kita harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12, salah satunya adalah ikan. Dan Ikan yang digunakan di sini adalah ikan tuna, ikan salmon dan juga ikan sarden. Kalian bisa mengonsumsi ketiga ikan tersebut untuk menambah asupan vitamin B12 harian kalian.

2. Yoghurt

Makanan yang satu ini ternyata dapat menjadi cara mengatasi sariawan loh, karena yoghurt mengandung bakteri baik yang bisa membantu mempercepat pemulihan sariawan. Di samping itu, yoghurt juga bisa membantu untuk mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat di dalam mulut.

Kalian bisa memakan yoghurt tanpa rasa khawatir karena memiliki tekstur yang lembut. Sebaiknya untuk menyembuhkan sariawan kalian bisa menggunakan yoghurt yang tanpa rasa pemanis ya KLovers, karena jamur penyebab sariawan bisa tumbuh subur dengan gula.

3. Jambu Biji

Karena menjadi buah yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi, kalian bisa menjadikan jambu biji sebagai cara mengatasi sariawan di mulut. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat dan zat besi. Karena selain karena kekurangan vitamin B12 dan vitamin C, sariawan juga dapat terjadi karena kekurangan zat besi. Oleh karena itulah jambu biji dapat menjadi makanan baik yang di konsumsi saat mengalami sariawan.

Kalian bisa mengonsumsi jambu biji secara langsung atau dapat pula di jus. Ingat jangan mengenakan gula ya, karena gula dapat membuat jamur sariawan menjadi tumbuh dengan subur. Kalian bisa menggunakan madu sebagai alternatif jika ingin tetap memiliki rasa manis di jus tersebut.

4. Madu

Cara mengatasi sariawan selanjutnya yaitu dengan menggunakan madu, karena Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. Keduanya bisa mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat pemulihan sariawan.

Maka dari itu, madu menjadi salah satu obat sariawan yang alami dan cukup efektif. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian bisa mengoleskan madu tersebut di tempat yang mengalami sariawan secara rutin agar dapat sembuh dengan cepat.

5. Kacang Kedelai

Memiliki kandungan zat besi membuat kacang kedelai menjadi makanan yang dapat mengatasi sariawan di bibir yang tak kunjung sembuh. Di dalam kacang kedelai terdapat 2 mg zat besi yang terkandung di dalamnya. Kalian dapat mengonsumsi kacang kedelai dengan dimasukkan ke dalam sup sayur atau di buatkan minuman berupa susu kedelai untuk dapat dengan mudah mengonsumsinya.

6. Buah Naga

Sama seperti jambu biji, buah naga juga memiliki kadar vitamin C yang tinggi loh. Buah naga dapat menjadi makanan yang dapat dikonsumsi saat merasakan sakit sariawan di dalam mulut. Diketahui bahwa, buah ini memiliki kandungan vitamin C dengan kadar 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Satu buah jeruk dengan berat 100 gram memiliki 50 mg kandungan vitamin C, sedangkan setengah potong buah naga dengan berat 100 gram memiliki 180 mg vitamin C.

Itulah mengapa buah naga baik untuk di konsumsi saat mengalami sariawan di mulut. Memiliki tekstur yang lembut dan kandungan air yang banyak menjadikan buah naga mudah di konsumsi saat sedang terserang sariawan.

7. Pepaya

Pepaya ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk loh KLovers. Karena dalam satu potong pepaya terdapat kandungan 60 mg vitamin C di dalamnya. Memiliki tekstur yang lembut menjadikan pepaya juga sangat mudah untuk di konsumsi saat mengalami sariawan di dalam mulut.

8. Air Mineral

Cara mengatasi sariawan yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan air putih. Sariawan juga dapat terjadi karena panas dalam dalam dan kurangnya mengonsumsi air putih yang cukup pada tubuh. Bila kita kekurangan minum air putih maka akan membuat mulut menjadi kering, sehingga memudahkan terjadinya iritasi dan infeksi bakteri penyebab sariawan di dalam mulut.

Mulut kering juga menjadi salah satu alasan timbulnya bakteri semakin banyak di dalam mulut, dan juga menjadi alasan timbulnya sariawan serta peradangan. Untuk itu perbanyak lah meminum air putih ya KLovers, selain baik untuk mencegah sariawan, meminum air putih juga baik untuk kesehatan dalam tubuh.

Itulah 8 cara mengatasi sariawan yang tak kunjung sembuh di dalam mulut. Untuk menyembuhkan sariawan kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya sariawan, apakah karena panas dalam atau karena kekurangan vitamin dan zat besi. Semoga cara-cara di atas dapat menjadi solusi bagi para KLovers yang sedang mengalami masalah sariawan di dalam mulut.

(kpl/dhm/gen)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI