7 Dampak Makan Tengah Malam Bagi Tubuh, Naikkan Berat Badan - Ganggu Kualitas Tidur

Jum'at, 28 Agustus 2020 08:55 Penulis: Nurul Wahida
7 Dampak Makan Tengah Malam Bagi Tubuh, Naikkan Berat Badan - Ganggu Kualitas Tidur
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Tak banyak yang tahu rupanya ada sejumlah dampak makan tengah malam bagi tubuh yang bisa menjadi penyebab masalah kesehatan. Namun efek tersebut biasanya akan dirasakan dalam jangka panjang ketika kerap konsumsi makan tengah malam. Untuk itulah mencoba membiasakan diri menghindari makan tengah malam sebaiknya diketahui agar mengenali efek samping kebiasaan tersebut.

Makan dan minum memang menjadi kebutuhan pokok setiap orang tanpa terkecuali. Dimana umumnya manusia ideal mengonsumsi makan sebanyak tiga kali sehari yakni pagi yang dikenal sebagai sarapan, siang, serta makan malam. Tak hanya makanan pokok, konsumsi sejumlah camilan mulai dari buah dan sayur juga diperlukan agar dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Meski sebagai kebutuhan, rupanya ada beberapa dampak makan yang bisa timbul apabila dilakukan secara berlebihan serta tidak tepat pada waktunya. Salah satunya makan tengah malam yang diklaim dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh.

Berkaitan dengan makan tengah malam yang paling populer banyak disebut dari dampak makan tengah malam terkait dengan kenaikan berat badan. Namun sejumlah penelitian juga menyebut jika kenaikan berat badan juga dapat dipengaruhi oleh konsumsi makanan berkalori. Terlepas dari hal tersebut, tentunya mengetahui dampak makan tengah malam penting dilakukan.

Lalu apa saja dampak makan tengah malam bagi tubuh?

Adapun dampak makan tengah malam bagi tubuh terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Berikut 7 dampak makan tengah malam bagi tubuh dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ganggu Kualitas Tidur

Dampak makan tengah malam bagi tubuh salah satunya dapat mengganggu kualitas tidur. Dimana tidur juga termasuk kebutuhan pokok yang perlu dilakukan setiap orang agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dalam hal ini tidur yang berkualitas bisa ditandai dengan beberapa faktor seperti tidur dalam waktu 7 – 8 jam per hari serta tidak mengalami insomnia.

Berkaitan dengan pengaruh makan tengah malam dengan kualitas tidur ini karena saat makan malam waktu tidur akan terganggu karena bangun saat tengah malam. Sehingga jam tidur malam akan berkurang hingga menjadi salah satu faktor gangguan kesehatan tubuh.

Sedangkan mengutip dari food.ndtv.com, bersumber dari penelitian menghasilkan data mahasiswa yang konsumsi makan (camilan) saat larut malam akan rentan terhadap gangguan tidur. Penelitian tersebut menyebut alasan terkait dampak ini dimungkinkan karena lambung yang memproses makanan saat beristirahat hingga sebabkan ketidaknyamanan.

2. Menaikkan Berat Badan

Dampak makan tengah malam bagi tubuh yang lainnya juga berhubungan dengan kenaikan berat badan. Sebagian orang mungkin akan sedikit sulit menghindari rasa lapar saat tengah malam. Namun ternyata kondisi ini dapat memberikan efek bagi tubuh termasuk terkait kenaikan berat badan.

Dimana saat makan tengah malam seseorang akan menyimpan lebih banya kalori hingga sebabkan berat badan naik. Mengutip dari dailyhealthybody.com bersumber dari penelitian menyebutkan bahwa uji coba yang dilakukan terhadap sejumlah partisipan yang konsumsi makan antara jam 11 malam hingga 5 pagi cenderung konsumsi sekitar 500 kalori lebih banyak per hari. Namun dampak tersebut juga berkaitan dengan jumlah kapasitas asupan makan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Ganggu Pencernaan

Dampak makan tengah malam bagi tubuh selanjutnya adalah dapat mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan sendiri sangat penting bagi tubuh sehingga penting dijaga kesehatannya. Dalam hal ini hubungan antara makan tengah malam dengan gangguan sistem pencernaan tersebut dikarenakan lambung akan memproses makanan saat tubuh beristirahat,

Dimana kondisi ini dikaitkan dengan masalah lambung seperti sebabkan asam lambung berlebih. Bukan hanya itu saja, rasa mulas juga bisa muncul saat makan larut malam yang menyebabkan gangguan pencernaan. Tidak heran apabila setiap orang disarankan untuk tidak langsung tidur setelah makan, terutama konsumsi makanan berat.

4. Pengaruhi Daya Ingat

Tak hanya mengganggu pencernaan, dampak makan tengah malam bagi tubuh juga memiliki efek samping untuk daya ingat. Sebab seperti mengutip dari dailyhealthybody.com yang bersumber dari penelitian di University of California Los Angeles mengungkapkan jika kemampuan kognitif pada hewan uji coba menyebutkan jika waktu makan memiliki efek signifikan pada memori dan perilaku. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait dampak ini untuk di uji coba pada manusia.

5. Pengaruhi Tekanan Darah Tinggi

Dampak makan tengah malam bagi tubuh juga bisa sebabkan tekanan darah naik. Mengutip dari liputan6.com, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan saat tengah malam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Dimana penelitian tersebut telah di uji coba pada 700 orang dengan tekanan darah tinggi yang menemukan memiliki risiko lebih besar terhadap tingkat tekanan darah tinggi. Masih berkaitan dengan kondisi tersebut para peneliti juga menyebutkan jika terlambat makan juga dapat menghasilkan hormon stres bernama adrenalin yang berhubungan terhadap tekanan darah tinggi.

6. Berhubungan dengan Terlambat Makan

Dampak makan tengah malam bagi tubuh berkaitan dengan kondisi gangguan makan, cenderung biasa dialami oleh mereka yang terlambat makan atau memiliki gangguan makan saat siang atau pagi hati. Dalam hal ini seseorang tidak mencukupi tubuh dengan makanan berenergi yang bisa berpotensi membuat mereka lapar saat tengah malam. Sebab dalam sebuah penelitian menyebut bahwa semakin tubuh merasa lelah akibat tidak ada asupan dalam tubuh, maka akan membuat mereka berpotensi mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

7. Berpengaruh Pada Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh juga dapat berpengaruh karena kebiasaan makan tengah malam. Sebab saat asupan makanan masuk ke dalam tubuh, menyebabkan tubuh terus bekerja memprosesnya. Selain itu mengutip dari dailyhealthybody.com mengungkap bahwa metabolisme tubuh lebih rendah saat malam hari karena tubuh tidak bergerak.

Kondisi ini dapat memengaruhi pada pencernaan yang tidak secara maksimal mencerna makanan tersebut ketika tubuh sedang beristirahat. Sehingga mengakibatkan tubuh mungkin lebih rentan terserang penyakit tertentu.

Nah itulah 7  dampak makan tengah malam bagi tubuh, naikkan berat badan dan ganggu kualitas tidur. Namun perlu diketahui juga bahwa dampak tersebut bukan hanya timbul akibat dari makan tengah malam, melainkan ada sejumlah faktor yang turut berperan memengaruhi kondisi di atas. Selain itu penting menjaga asupan makan secara seimbang serta menghindari terlambat makan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI