7 Ide Minuman Sehat yang Cocok Disajikan Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 06 Mei 2021 19:22 Penulis: Dhia Amira
7 Ide Minuman Sehat yang Cocok Disajikan Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Lebaran tinggal menghitung hari, sudah banyak persiapan yang pasti kalian lakukan, dari mempersiapkan pakaian terbaik hingga sajian makanan luar biasa. Selain mempersiapkan makanan, kalian juga bisa mempersiapkan minuman. Apalagi saat pandemi covid-19 seperti ini minuman sehat bisa kalian pilih sebagai menu lebaran. Ada banyak sekali ide minuman sehat yang cocok disajikan saat lebaran.

Kalian bisa menjadikan minuman sehat ini sebagai salah satu minuman unik pada menu lebaran kalian loh KLovers. Karena memperhatikan kesehatan saat pandemi dan mematuhi protokol kesehatan merupakan hal yang penting. Nah untuk para KLovers yang sedang mencari ide minum sehat, maka berikut telah dilansir dari berbagai sumber 7 ide minum sehat yang cocok disajikan saat lebaran. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Teh Hijau

Ide minuman sehat yang pertama yaitu ada teh hijau. Yup! Minuman sehat yang satu ini ternyata bisa loh menjadi salah satu sajian sehat saat lebaran. Kalian bisa menyajikannya dalam keadaan hangat ataupun dingin yang cocok di santap untuk makanan berat hingga kue kering lebaran.

Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol, jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stroke, penyakit jantung, hipertensi, hingga kanker. Jenis minuman ini juga rendah kalori sehingga tidak akan bikin perut buncit setelah lebaran.

 

2. Air Kelapa Muda

Kemudian ide minuman sehat yang cocok disajikan saat lebaran kala pandemi selanjutnya yaitu ada air kelapa muda. Air kelapa muda merupakan minuman sehat yang cocok diminum kapan saja, termasuk saat lebaran. Kelapa mengandung 95 persen air, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh dengan cepat.

Tak hanya itu saja, air kelapa juga memiliki kandungan berupa kalium, sodium, mineral, dan banyak sekali vitamin. Sehingga tidak heran bila air kelapa dapat meningkatkan stamina di dalam tubuh. Sehingga kalian bisa tetap bugar saat merayakan lebaran bersama dengan keluarga.

 

3. Infused Water

Siapa bilang infused water hanya jadi minuman untuk kalian yang sedang berolahraga saja. Nyatanya menyajikan minuman ini saat lebaran bisa menjadi salah satu sajian yang unik dan sehat loh KLovers. Minuman infused water yang sehat bisa menjadi salah satu minuman segar dan sehat yang cocok disajikan saat lebaran kala pandemi ini.

Tentu saja minuman ini sangat sederhana banget, cukup mencampurkan air, lemon, timun, dan daun mint. Tambahkan es batu biar lebih segar. Minuman ini layak masuk dalam starter kit dalam menu lebaran. Menurut jurnal yang diterbitkan American Heart Association, kandungan potasium pada mentimun dapat menurunkan kadar sodium penyebab meningkatnya tekanan darah.

Kandungan antioksidannya juga bisa menurunkan kadar kolesterol penyebab penyakit degeneratif. Sehingga minuman ini cocok untuk kalian setelah banyak mengonsumsi makanan berminyak. Selain itu, kalian bisa mengkreasikan minuman infused water dengan jenis buah lainnya yang sehat seperti kurma, apel, delima, dan masih banyak lagi.

 

4. Teh Serai

Teh memang biasanya menjadi salah satu minuman hangat yang disajikan saat lebaran. Namun kalian ini kalian bisa lebih berkreasi sedikit dengan jenisnya loh KLovers. Kalian bisa mengganti teh biasa dengan teh serai untuk sajian minuman hangat saat lebaran. Minuman satu ini juga sangat cocok dikonsumsi sebagai salah satu minuman sehat kala pandemi.

Dalam sebuah jurnal Food and Chemical Toxicology tahun 2011 menemukan bahwa, teh serai mengandung anti-hiperlipidemik dan anti-hiperkolesterolemia yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, minuman sehat ini juga dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga meminimalisir risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Tidak hanya memberikan daya tahan tubuh, tetapi teh serai ini juga bisa mengurangi kadar kolesterol setelah kalian mengonsumsi daging dan santan. Jadi jangan ragu lagi ya KLovers, kalian bisa memberikan mengganti teh biasa dengan teh serai yang enak dan sehat untuk tubuh.

 

5. Jus Apel

Ini buat kalian yang hobi makan makanan manis di hari raya Idul Fitri, maka jus apel jadi salah satu minuman yang banyak direkomendasikan. Bahkan minuman yang satu ini sangat baik bagi nutrisionis untuk para penderita diabetes. Hal ini karena serat larut dalam buah apel bisa membantu memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan tingkat kolesterol.

Selain dapat menurunkan risiko diabetes, sebuah studi yang dipublikasikan di Atherosclerosis menyebutkan bahwa apel juga berpeluang menurunkan risiko penyakit stroke. Bahkan apel menjadi salah satu buah yang dapat meningkatkan kekebalan di dalam tubuh secara baik. Hal ini cocok banget jadi ide minuman sehat kala pandemi covid-19.

 

6. Yogurt

Nyatanya mengonsumsi bahan yang mengandung probiotik saat lebaran sangat baik loh KLovers. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods tahun 2013 mengungkapkan, mengonsumsi yogurt yang mengandung Lactobacillus fermentum atau Lactobacillus amylovorus selama enam minggu, ampuh mengurangi jumlah lemak di tubuh sebesar tiga sampai empat persen.

Probiotik dalam yogurt juga sangat baik untuk pencernaan kita. Tidak heran bila makanan yang satu ini jadi teman baik para pelaku diet sehat. Rutinlah minum yogurt tanpa gula saat kalian sedang banyak makan makanan berlemak. Atau bisa dijadikan sebagai salah satu minuman segar yang disajikan saat lebaran.

 

7. Jus Tomat

Dan ide minuman sehat yang cocok disajikan saat lebaran yang terakhir yaitu ada jus tomat. Bagi kalian yang suka dengan makanan manis, maka kalian bisa menetralisir dengan jus tomat. Hal ini karena tomat terbukti mengurangi risiko penyakit diabetes, terutama yang rentan terhadap penggumpalan darah, yang bisa memicu masalah kardiovaskular.

Tidak hanya itu saja, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sudah kita ketahui bahwa, vitamin C yang tinggi ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh kalian. Sehingga minuman ini akan sangat cocok kalian konsumsi saat lebaran di masa pandemi covid-19 ini.

Itulah 7 ide minuman sehat yang cocok disajikan saat Lebaran pada masa pandemi covid-19 ini. Tidak hanya mematuhi protokol kesehatan saja, namun kalian juga bisa menyajikan makanan dan minuman sehat yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI